Cara Mengaktikan Fitur COD di Shopee Untuk Memudahkan Transaksi. Seller Auto Cuan!

by Viki
cara aktifkan cod shopee

Cash on Delivery (COD) adalah salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan di marketplace, termasuk di Shopee. COD memungkinkan pembeli untuk membayar langsung kepada kurir ketika barang diterima, jadi pembeli tidak perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu di aplikasi Shopee. Tentunya metode pembayaran ini juga menguntungkan bagi penjual, sehingga penting untuk mengetahui cara aktifkan COD Shopee.

Selain itu, metode pembayaran ini memang tengah digemari oleh banyak pengguna Shopee. Pasalnya ketika uang mereka belum siap atau tidak bisa melakukan topup saldo ShopeePay, mereka bisa membayarkannya nanti ketika barang sudah sampai. Mengingat tidak semua orang memiliki M-banking atau rekening pribadi untuk melakukan transfer uang dengan cepat dan tidak semua orang memiliki ShopeePay, Sehingga COD Shopee sangat menguntungkan bagi mereka yang terkendala untuk melakukan pembayaran secara digital.

Table of Contents

Mau Tahu Strategi Lain yang Bikin Jualan Melesat?
Yuk, gabung komunitas Shopee MEA! Dapatkan berbagai informasi sekaligus strategi-strategi untuk bikin bisnis lebih cuan beserta bimbingan full dari mentor berpengalaman. GRATIS!!!

Itulah mengapa para penjual Shopee perlu mengatahui cara aktifkan COD Shopee. Selain karena pembeli merasa terbantu, secara tidak langsung COD juga mampu meningkatkan penjualan karena kemudahan pembayarannya.

Perlu diingat bahwa hanya beberapa jasa ekspedisi yang mendukung COD (Bayar di Tempat), diantaranya adalah tipe layanan pengiriman Reguler (Cashless) seperti J&T Express, Shopee Express Standard, dan ID Express, dan tipe layanan pengiriman Hemat seperti J&T Economy dan Shopee Express Hemat.  Nah, jika Sobat MEA memang belum mengaktifkannya, silakan simak cara aktifkan COD Shopee di bawah ini. 

Cara Aktifkan COD Shopee

1. Daftar dan Verifikasi Akun Penjual Shopee

Langkah pertama dalam cara mengaktifkan COD di Shopee untuk penjual adalah mendaftar dan verifikasi akun penjual Shopee. Sobat MEA dapat mengunduh aplikasi Shopee Seller atau mengaksesnya pada website Shopee Seller di https://seller.shopee.co.id/ untuk mendaftar sebagai penjual. Setelah itu, lengkapi profil penjual termasuk informasi akun bank untuk menerima pembayaran dari Shopee.

2. Persiapkan Produk untuk Dijual

Setelah akun penjual Sobat MEA aktif, langkah cara aktifkan COD Shopee berikutnya adalah Sobat MEA perlu mempersiapkan produk yang ingin dijual di Shopee. Pastikan produk yang Sobat MEA jual sudah siap dikirimkan kepada pembeli dan sesuai dengan kebijakan dan persyaratan Shopee. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi produk yang jelas, foto yang menarik, dan pasang harga yang kompetitif.

Auto Cuan dari Ribuan Orderan Jadi Lebih Mudah!
Dan tentunya jika kamu tahu rahasianya. Tidak semua orang tahu rahasia ini, dan tidak semua orang bisa dapat dengan mudah, tapi kamu berkesempatan bongkar rahasia sukses ala MEA di sini!

3. Atur Metode Pengiriman

Ketika mengatur produk yang akan dijual, Sobat MEA harus mengatur metode pengiriman yang akan digunakan. Pastikan Sobat MEA memilih jasa pengiriman yang memungkinkan untuk penggunaan COD, seperti pengiriman oleh Shopee Express atau J&T Express. Sobat MEA juga harus menentukan wilayah pengiriman yang Sobat MEA dukung untuk penggunaan COD.

4. Aktifkan COD di Pengaturan Penjualan

Setelah produk dan metode pengiriman sudah diatur, langkah selanjutnya adalah melakukan cara mengaktifkan fitur COD di Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan di pengaturan penjualan. Berikut langkah-langkah cara aktifkan COD Shopee:

  • Masuk ke akun penjual Shopee.
  • Pilih Pengaturan atau Settings, dan kemudian cari pilihan Cash on Delivery.
  • Aktifkan opsi ini dan atur persyaratan penggunaan COD sesuai dengan kebijakan Sobat MEA, seperti batasan nilai pembelian, wilayah pengiriman, dan biaya tambahan jika diperlukan.
Artikel Terkait  6 Syarat Menaikkan Komisi Shopee Affiliate. Penuhi Sekarang!
Jasa Iklan Shopee Profesional
Jangan lupa boost juga penjualan dengan strategi terbaik yaitu beriklan di Shopee. Serahkan pada kami untuk hasil terbaiknya. Anti buntung!

5. Kelola Pesanan COD dengan Baik

Setelah cara aktifkan COD di Shopee berhasil dilakukan, Sobat MEA akan menerima pesanan dari pembeli yang memilih metode pembayaran ini. Pastikan Sobat MEA mengelola pesanan COD dengan baik, termasuk mengkonfirmasi pesanan, memproses pengiriman tepat waktu, mengemas produk dengan aman, dan memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Jangan lupa untuk mengikuti sistem COD di Shopee dan kebijakan yang sudah ditetapkan, seperti memeriksa identitas pembeli dan memastikan pembayaran tunai diterima sebelum memberikan produk kepada kurir.

6. Tinjau dan Tingkatkan Kinerja Penjualan

Setelah mengetahui dan menerapkan cara aktifkan COD Shopee, Sobat MEA bisa meninjau dan meningkatkan kinerja penjualan secara berkala. Periksa laporan penjualan di akun penjual Shopee, analisis produk yang paling diminati, dan tinjau ulasan dari pembeli. Gunakan informasi ini untuk meningkatkan kualitas performa toko di Shopee.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara mengaktifkan COD di Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan sebagai penjual Shopee. Dengan begitu, Sobat MEA bisa meraup keuntungan dengan lebih banyak dari fitur COD ini serta bisa memudahkan konsumen untuk berbelanja di toko Sobat MEA. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment