Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing Untuk Pemula Agar Cepat Cuan. Simak!

by Viki
belajar digital marketing

Sobat MEA tentu menyadari bahwa kini kita telah berada di era digital di mana bisnis pun mulai beralih secara online. Baik bisnis kecil hingga besar berlomba-lomba memanfaatkan sarana digital untuk memasarkan produk serta mengurangi promosi secara konvensional. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik belajar digital marketing yang cocok untuk karir maupun bisnis.

Table of Contents

Apa Itu Digital Marketing?

Gabung Komunitas Digital Marketing MEA!
Yuk, belajar digital marketing bersama mentor expert berpengalaman serta berbagai insight dan ide untuk bisnis makin cuan. GRATIS!!!

Hingga saat ini, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang digital marketing dan cara memulainya. Padahal ada banyak platform online yang dapat membantumu untuk membangun bisnis melalui digital marketing. Tapi perlu diingat bahwa pendekatan untuk setiap platfom memiliki strategi yang berbeda. Inilah mengapa penting kita perlu mulai belajar digital marketing. 

Melansir laman Binus University, Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau produk menggunakan media digital. Hal ini bertujuan untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya secara efektif, relevan, dan efisien.

Jika dahulu kita terbiasa mempromosikan produk melalui media offline seperti flyer atau baliho, kini kita dapat memanfaatkan gadget dan media online yang ada untuk mengenalkan brand atau produk kepada khalayak dengan lebih cepat. 

Tapi sayangnya, masih banyak pebisnis yang gagal dalam melakukan promosi melalui digital marketing hingga mengalami kerugian karena menggunakan pendekatan yang salah. Nah, agar strategi pemasaran tidak boncos, alangkah baiknya Sobat MEA tahu cara belajar digital marketing yang tepat sasaran.

10 Langkah Untuk Belajar Digital Marketing

Setidaknya ada 10 langkah yang harus Sobat MEA lakukan untuk mempelajari digital marketing untuk pemula yang efektif serta mampu meningkatkan penjualan secara drastis. Berikut langkah-langkah yang Sobat MEA perlukan:

1. Tentukan Buyer Persona

Langkah pertama yang harus Sobat MEA lakukan saat mempelajari digital marketing adalah menentukan buyer persona. Buyer persona sendiri merupakan profil yang mewakili target pasar produk yang ditawarkan. Hal inilah yang bisa menentukan keberhasilan Sobat MEA sebagai pebisnis online. 

Dengan buyer persona yang tepat, Sobat MEA juga bisa lebih mudah menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran. Sobat MEA harus membuat buyer persona khusus untuk bisnis. Mulai dari riset hingga menciptakan profil buyer persona yang lengkap.

2. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar

belajar digital marketing

Jika sudah memiliki buyer persona pada bisnis, maka langkah untuk memahami digital marketing otodidak selanjutnya adalah Sobat MEA harus mengidentifikasi kebutuhan target pasar.

Hal ini penting dilakukan untuk membuat penawaran produk dan penerapan strategi marketing terhadap target pasar agar bisa bekerja lebih efektif. Produk yang Sobat MEA tawarkan harus mampu menjawab poin atau masalah yang sedang dihadapi oleh target pasar.

Untuk mengetahuinya, Sobat MEA bisa langsung terjun ke lapangan dengan riset pasar, membuat Focus Group Discussion (FGD), bergabung dengan Twitter Spaces, dan sebagainya.

3. Mengenal Marketing Funnel

Langkah selanjutnya pada proses memahami digital marketing untuk pemula ini perlu Sobat MEA lakukan karena akan memperlihatkan perjalanan prospek menjadi pelanggan. Marketing Funnel menggambarkan tahapan yang calon pelanggan lalui sebelum menjadi pelanggan Sobat MEA. 

Kira-kira ada 5 tahapan marketing funnel yang perlu Sobat MEA ketahui, di antaranya:

  1. Awareness (kesadaran): tahap di mana audiens menyadari masalah tertentu dan ingin menyelesaikannya;
  2. Consideration (consideration): audiens mencari tahu tentang produk yang mereka butuhkan;
  3. Purchase (keputusan pembelian): audiens memutuskan membeli produk;
  4. Retention (pembelian kembali): konsumen puas dan membeli produk untuk kedua kali dan seterusnya;
  5. Advocacy (testimoni): konsumen merekomendasikan produk Sobat MEA ke orang lain.
Artikel Terkait  Cara Bikin Grup di Shopee Pakai Fitur Grup Chat Broadcast. Gini Tutorialnya!

Sobat MEA bisa melanjutkan tahapan ini dengan mengelompokkan target pasar sesuai marketing funnel. Dengan begitu, Sobat MEA bisa membuat pesan promosi sesuai kebutuhan audiens pada saat dan orang yang tepat.  

Jadi, Sobat MEA tidak perlu menjual produk ke orang baru atau orang yang belum mengenal manfaat dari produk. Adapun untuk mengetahui kebutuhan konsumen, bisa dengan membuat marketing plan yang akan dibahas lebih rinci di bawah ini.

4. Susun Marketing Plan

belajar digital marketing

Setelah mengetahui marketing funnel, Sobat MEA jadi memahami bahwa promosi tidak bisa dilakukan ke sembarang orang. Mau sebagus apapun produknya, Tapi jika promosinya tidak tepat, maka akan ada resiko kegagalan.

Itulah mengapa Sobat MEA perlu menyusun marketing plan atau rencana pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis pada periode tertentu. Dengan marketing plan, seluruh strategi promosi akan lebih terarah dan efisien krena Sobat MEA tahu apa yang perlu dan tidak perlu dikerjakan beserta cara untuk mencapainya.

5. Mengenal Marketing Campaign

Materi digital marketing juga membuat Sobat MEA perlu memahami apa itu marketing campaign. Hal ini berfungsi sebagai upaya untuk meraih tujuan rencana pemasaran yang sudah disusun. Fokus marketing campaign sendiri lebih sempit dan spesifik untuk memudahkan Sobat MEA membuat strategi pemasaran. Misalnya saja Sobat MEA ingin membuat konten dengan tujuan brand awareness. Maka Sobat MEA bisa menyusun rencana pemasaran agar produk jadi lebih dikenal oleh audiens lama maupun baru.

Kira-kira ada 4 tahapan yang harus Sobat MEA lakukan dalam membuat marketing campaign, yaitu:

  • Menentukan tujuan campaign. Misalnya, mempromosikan produk/jasa baru.
  • Menentukan cara mengukur hasil marketing campaign. Jika tujuannya promo produk/jasa baru, maka cara mengukurnya bisa dilakukan dengan melihat jumlah pre-order, transaksi, dll.
  • Memilih target audiens spesifik. Lakukan riset mendalam untuk mengetahui karakteristik target audiens Sobat MEA.
  • Menyusun konsep marketing campaign. Bekerjasama lah dengan tim lain, seperti meminta tim branding untuk membuat banner dan membagikan informasi promo ke sosial media.

Nah, jika marketing campaign sudah disusun, maka saatnya Sobat MEA manfaatkan berbagai sosial media untuk mengeksekusi campaign promosi yang dibuat. 

6. Manfaatkan Berbagai Media Digital Marketing

belajar digital marketing

Dalam digital marketing, Sobat MEA juga harus menggunakan media pemasarannya. Berikut media pemasaran digital yang wajib diketahui dan bisa dimanfaatkan, diantaranya:

  • Google Bisnisku.
  • WhatsApp Bisnis.
  • Website.
  • Landing page.
  • SEO (Search Engine Optimization).
  • SEM (Search Engine Marketing).
  • Content Marketing.
  • Blog.
  • Email Marketing.
  • Video Marketing.
  • Social Media Marketing.
  • PPC.
  • Native Advertising.
  • Affiliate Marketing.
  • Chat Marketing.

7. Terapkan Strategi Copywriting

Penggunaan media pemasaran juga tidak lengkap jika tidak menggunakan kata-kata promosi yang menarik. Itulah mengapa Sobat MEA perlu menerapkan strategi copywriting dan kata kunci yang tepat untuk menarik audiens. Kalimat promosi ini bisa Sobat MEA sematkan pada CTA, artikel blog, caption Instagram, hingga konten berupa dialog seperti video marketing.

Bukan sekedar kata-kata, copywriting yang baik justru merupakan teknik membujuk audiens untuk mengikuti permintaan Sobat MEA. Hal ini bisa berupa ajakan untuk bertransaksi, mendaftarkan diri ke layanan, mengunduh aplikasi atau fitur terbaru, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, copywriting menjadi teknik khusus yang wajib Sobat MEA ketahui saat mempelajari digital marketing.

Pastikan juga copywriting yang Sobat MEA buat mampu menyampaikan pesan bisnis dengan baik. Hal ini bertujuan agar target pasar dapat menangkap pesan dari produk dan membuatnya memiliki alasan mengapa audiens harus membelinya. 

Artikel Terkait  Kreatifitaskan Produk Kalian Agar Meningkatkan Penjualan

8. Gunakan Tools Digital Marketing

belajar digital marketing

Ada banyak media digital marketing yang dapat Sobat MEA manfaatkan untuk membantu promosi produk. Mungkin Sobat MEA akan kebingungan bagaimana untuk menjalankannya satu persatu. 

Tapi tenang, saat ini sudah banyak juga tools digital marketing yang bisa membantu Sobat MEA mengoptimalkan penggunaan media digital marketing. Contohnya seperti to do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi email marketing otomatis, aplikasi untuk menganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). 

Dengan memanfaatkan tools ini, manajemen bisnis bisa menjadi lebih mudah dan praktis. Seperti contohnya saja SEO yang dapat membuat produk atau bisnis Sobat MEA berada di peringkat pertama pada mesin pencari Google. Dengan begitu, produk atau brand Sobat MEA akan lebih mudah untuk ditemukan oleh audiens.

9. Ukur Perfoma dan Lakukan Evaluasi

Sobat MEA juga perlu mengukur performa konten pemasaran untuk memantau sejauh mana keberhasilan digital marketing telah bekerja. Setelah itu, lakukan juga evaluasi untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan telah membantu bisnis. 

Melalui evaluasi, Sobat MEA juga dapat mengetahui kualitas dari strategi marketing itu sendiri serta merasakan manfaatnya. Selain itu, evaluasi ini membantu Sobat MEA mengetahui apakah cara marketing atau produk masih sesuai dengan kebutuhan pasar.

Adapun salah satu alat analisis yang bisa digunakan adalah Google Analytics. Tools ini mampu mengukur kinerja dari channel marketing yang digunakan. Hal ini juga akan membantu Sobat MEA mengenali hal yang perlu ditingkatkan dan perubahan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis.

10. Pahami Metrik Performa Marketing

belajar digital marketing

Tahapan dalam pelatihan digital marketing otodidak selanjutnya adalah Sobat MEA harus memilih metrik yang tepat dan sesuai dengan tujuan strategi yang Sobat MEa lakukan. 

Misalnya saja Sobat MEA ingin meningkatkan penjualan produk (Conversion Metric), maka metrik yang bisa digunakan adalah conversion rate atau persentase kunjungan yang berakhir pada transaksi di toko Sobat MEA. Jika sudah, Sobat MEA akan mendapatkan hasil yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk belajar digital marketing selanjutnya agar Sobat MEA dapat meningkatkan performa dan mencapai tujuan. 

5 Tips Belajar Digital Marketing

Pada dasarnya, untuk terjun di bidang digital marketing, Sobat MEA perlu memahami konsep dasar dari digital marketing itu sendiri seperti SEO, media sosial, email marketing, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu mengikuti pelatihan atau kursus online, bergabung dengan komunitas digital marketing, hingga praktek langsung pada sebuah project.

Tapi Sobat MEA juga harus selalu update seputar informasi dan tren terbaru mengenai digital marketing. Hal ini memang terasa menantang, maka perlu konsistensi, gigih, dan kemauan untuk terus belajar agar bisa menjadi digital marketer yang sukses. 

Tenang, MiMe akan bagikan beberapa tips yang bisa Sobat MEA ikuti dengan mudah yang dapat mempercepat proses pembelajaran. Untuk itu, berikut 5 tips belajar digital marketing yang penting untuk Sobat MEA ikuti:

1. Fokus Pada Pemahaman Dasar

Pastikan Sobat MEA mulai memahami dasar-dasar digital marketing. Ini merupakan kunci utama karena inilah ilmu utama yang patut dikuasai seperti seperti SEO, media sosial, email marketing, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, hal ini memerlukan waktu dan usaha. Seiring perkembangannya, Sobat MEA akan mendapatkan pemahaman yang kuat dan komprehensif tentang digital marketing. Sehingga Sobat MEA dapat menghadapi masalah dengan percaya diri. 

2. Ikuti Pelatihan atau Bootcamp

Untuk memperdalam ilmu digital marketing, Sobat MEA dapat mengikuti pelatihan atau bootcamp. Hal ini merupakan cara yang efektif karena menawarkan berbagai materi pelajaran yang terstruktur dan berfokus pada topik-topik penting dalam digital marketing.

Ada banyak lembaga, perusahaan, hingga praktisi yang mengadakan kursus atau bootcamp digital marketing. Di sana, Sobat MEA dapat belajar digital marketing secara langsung dari orang yang berpengalaman dan kompeten dalam industri ini.

Hanya saja, Sobat MEA perlu menyiapkan biaya untuk mengikuti pelatihan atau kursus ini. Tapi Sobat ME akan mendapatkan bimbingan dan dukungan yang lebih masif dan lebih mudah dalam memahami digital marketing secara mendalam.

3. Bergabung dengan Komunitas Digital Marketing

Salah satu kunci sukses menjadi digital marketer adalah bergabung dengan komunitas digital marketing expert. Komunitas semacam ini dapat memberikanmu akses ke jaringan orang-orang yang memiliki minat yang sama sekaligus meningkatkan pengetahuan melalui pertukaran informasi dan pengalaman.

Di sana, Sobat MEA bisa bertemu dengan para profesional dan praktisi digital marketing serta mengikuti diskusi, acara, dan pelatihan yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut. Sehingga Sobat MEA juga dapat meningkatkan pengetahuanmu tentang tren dan strategi terbaru seputar digital marketing.

‍Bahkan bergabung komunitas digital marketing dapat memperoleh rekomendasi untuk pekerjaan atau proyek digital marketing. Ini tentunya memperbesar peluang kesuksesan.

4. Praktek Proyek Nyata Secara Langsung

Ilmu saja tidak cukup, Sobat MEA juga perlu mempraktikkannya di dalam proyek secara langsung. Sobat MEA harus menerapkan pengetahuanmu dalam proyek nyata milik pribadi atau milik klien.

Dalam praktek ini, Sobat MEA tentu akan belajar banyak tentang penerapan digital marketing dalam situasi yang nyata. Sobat MEA akan memperoleh pengalaman dalam merancang kampanye digital marketing, mengembangkan konten, menargetkan audiens, dan mengukur hasil kampanye.

Bahkan Sobat MEA juga akan belajar tentang manajemen proyek, kerjasama dengan klien, mengatasi masalah yang mungkin terjadi, mengatur waktu dan sumber daya, hingga menyelesaikan tugas secara efektif. 

Selain itu, Sobat MEA juga akan menghadapi tantangan dan kesulitan yang membuatmu berpikir kreatif dan mencari solusi terbaik. Dengan begitu, ini dapat menambah nilai pada CV dan meningkatkan peluang untuk sukses menjadi digital marketer. 

5. Update dengan Perkembangan Tren

Ini yang tidak kalah penting yaitu update terhadap tren terbaru. Pastikan Sobat MEA selalu peka terhadap fenomena yang sedang terjadi. Apalagi tren digital bergerak begitu cepat. 

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat membaca buku, artikel, blog, dan newsletter yang berkaitan dengan digital marketing. Jika perlu, ikuti berita terbaru dan ikuti akun para ahli di media sosial. Ini berguna untuk mendapatkan informasi dan wawasan terbaru.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan hal-hal baru. Misalnya dengan berbagai jenis konten yang unik untuk melihat keberhasilannya. Dengan hal ini, Sobat MEA dapat menjadi lebih terampil dalam digital marketing dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis ataupun tujuan lainnya. 

Nah, begitulah kira-kira 10 langkah memahami digital marketing serta tips pentingnya untuk pemula dengan tujuan melejitkan omzet penjualan secara signifikan. Jangan lupa untuk menerapkan startegi pada digital marketing ini agar produk Sobat MEA dapat bersaing dengan kompetitor, ya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Sobat MEA dan semangat berbisnis! 

You may also like

Leave a Comment