Apa itu Repeat Order? Ini Penjelasan dan 6 Strateginya!

by Viki
apa itu repeat order

Sobat MEA tentu menyadari bahwa ketika menjalani bisnis online maupun offline, Sobat MEA perlu mendapatkan pelanggan setia. Karena pelanggan setia inilah yang akan melakukan repeat order berulang kali, sehingga Sobat MEA tidak perlu memasarkan brand dari awal. Lantas apa itu Repeat Order?

Singkatnya, repeat order adalah pembelian berulang dari konsumen yang sama. Repeat order tidak hanya membuat pebisnis dapat menjual produk dengan mudah, tapi juga dapat menjadi bukti bahwa Penjual berhasil meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual merupakan produk terbaik.

Tentu saja ini penting untuk membangun reputasi bisnis. Karena repeat order membuktikan bahwa bisnismu dapat dipercaya. Lantas bagaimana cara mendapatkan repeat order ini? Yuk, simak penjelasan tentang apa itu repeat order terlebih dahulu!

Table of Contents

Apa itu Repeat Order?

Mau ciptakan Repeat Order yang tinggi dengan mudah di bisnis online?
Yuk gabung di komunitas bisnis MEA dan diskusi bareng seller dan mentor expert untuk bongkar strateginya!

Melansir laman Gramedia, repeat order adalah pembelian barang atau jasa yang kesekian kalinya dari pembeli yang sama dengan yang membelil barang sebelumnya. 

Biasanya repeat order terjadi karena mereka merasa puas dengan produk atau jasa yang sebelumnya dibeli. Bisa dibilang, Repeat order merupakan suatu tingkat kepuasan pelanggan yang membantu meningkatkan pendapatan perusahaan.

Dengan kata lain, repeat order merupakan kegiatan berbelanja kembali pada tempat atau toko yang sama secara berulang. Tidak heran jika Penjual lebih mudah tingkatkan omzet dari repeat order.

Mengapa Perlu Repeat Order dalam Bisnis?

Saatnya tingkatkan Repeat Order lewat broadcast WA SEBARI!
Yuk nikmati kecanggihan berbagai fitur yang memudahkanmu raup banyak konsumen loyal~

1. Hemat Biaya Promosi dan Operasional

Keuntungan utama dari repeat order yaitu biaya promosi yang menjadi lebih murah. Hal ini dikarenakan Sobat MEA tidak perlu lagi menarik pembeli baru untuk melariskan dagangan. Pelanggan setia akan datang sendiri untuk membeli produk secara berulang dan menghasilkan penjualan yang tinggi. 

Sebagaimana biaya pemasaran menjadi biaya yang paling tinggi dalam bisnis. Sehingga biaya yang dipangkas ini dapat dialihkan untuk keperluan bisnis yang lain. 

2. Mendapatkan Konsumen yang Loyal

Repeat order juga penting untuk menciptakan kelompok konsumen dengan tingkat loyalitas yang tinggi. Tapi tentunya ini harus diimbangi dengan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan.

Dengan hal ini, Sobat MEA dapat meminimalisir kemungkinan pelanggan untuk beralih ke produk kompetitor, dan bisnis berpeluang mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu membuat bisnis mencapai repeat order yang tinggi untuk meningkatkan daya saing yang besar kepada para kompetitor. 

3. Modal Lebih Cepat Berputar

Dengan adanya pelanggan yang melakukan pembelian berulang, secara tidak langsung membantu Penjual dalam mengalirkan modal lebih cepat dan memberikan keuntungan lebih besar. Sehingga modal tidak mengendap terlalu lama secara sia-sia. 

4. Meningkatkan Keuntungan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melalui pelanggan yang melakukan pembelian berulang, dapat memberikan keuntungan bagi Penjual. Keuntungan inilah yang dapat membuat bisnis bertahan lama, mengembalikan modal, hingga menutupi biaya operasional.

5. Membuat Bisnis Panjang Umur

ketika keuntungan meningkat, tentunya repeat order juga dapat memperpanjang usia bisnis. Hal ini dikarenakan pendapatan yang menjadi stabil. Bahkan Sobat MEA tidak perlu menarik pelanggan baru, berkat pelanggan loyal yang yang sudah ada. 

6. Menjadi Tolak Ukur Produk dan Layanan

Pelanggan yang loyal tentu memiliki alasan mengapa mereka melakukan pembelian berulang di suatu toko. Nah, alasan-alasan inilah yang dapat dijadikan tolak ukur untuk mengembangkan bisnis. Sobat MEA pun menjadi tahu produk apa yang disukai pelanggan dan apa yang harus diperbaiki dalam bisnis. 

6 Cara Mendapatkan Repeat Order dengan Mudah

Perlu diingat, repeat order ini didapatkan dari pelanggan setia yang telah percaya pada bisnismu. Maka tugasmu adalah bagaimana untuk mempertahankan pelanggan yang bertransaksi di tokomu. 

Tapi tenang saja, agar penjualan repeat order semakin meningkat, MiMe memiliki beberapa cara mendapatkan repeat order yang mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

1. Respon Pelanggan dengan Cepat

Setiap pelanggan pasti ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu menjalin komunikasi yang responsif terhadap pelanggan. 

Eits, tidak sedikit lho pelanggan yang membatalkan pesanan hanya karena pelayanan yang buruk. Maka jangan sampai Sobat MEA mendapatkan keluhan tentang pesan yang lama dibalas atau respon yang tidak menjawab . Jika perlu, Sobat MEA bisa berlatih agar bisa menjawab pertanyaan pelanggan yang cepat dan ramah.

2. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Perlu diingat, kualitas produk dan layanan seringkali menjadi pertimbangan pelanggan untuk kembali lagi membeli produkmu. Maka pertahankan dan tingkatkan kualitas serta layanan bisnismu. 

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa menggunakan standar operasional yang baku untuk produksi atau layanan. Sobat MEA juga perlu untuk terus melakukan pemantauan kualitas produk dan layanan dan mengevaluasi kinerja karyawan secara berkala.

3. Berikan Poin untuk Setiap Transaksi

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa memberikan poin untuk setiap pelanggan yang melakukan transaksi. Ini sudah biasa dilakukan oleh banyak bisnis F&B, lho. Terutama bagi seller yang mengelolanya secara digital melalui aplikasi masing-masing. 

4. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui email. Pesan promosi ini berupa seputar penawaran produk, promosi atau konten terbaru.

Email marketing bisa Sobat MEA lakukan secara otomatis menggunakan website atau aplikasi email marketing yang dikustomisasi dan dikirimkan ke seluruh database email pelanggan.

Tapi untuk mendapatkan banyak database pelanggan, Sobat MEA perlu menggunakan strategi promosi diskon atau potongan pembelian setelah menginput email untuk berlangganan. 

5. Berikan Penawaran Sesuai Minat Pelanggan

Ketika pelanggan melakukan repeat order, biasanya akan konsisten membeli produk dan layanan yang sama. Nah, Sobat MEA bisa manfaatkan hal ini untuk memberikan penawaran khusus sesuai dengan minat pelanggan.

Misalnya, pelanggan A sering membeli produk X secara berkala. Sobat MEA bisa menggunakan strategi cross selling produk X tersebut dengan paket bundling Y, dan lain sebagainya.

6. Buatlah Program Loyalitas Pelanggan

Mendapatkan pelanggan yang loyal dan setia tentu menjadi tujuan yang paling tinggi dalam bisnis. Karena tidak semua orang mudah menjadi loyal, Sobat MEA perlu membuat program loyalitas pelanggan. Ini penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. 

Program loyalitas sendiri merupakan usaha yang dilakukan untuk membuat pelanggan setia terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam pembuatan program ini seperti menerapkan sistem membership, referral, tukar poin, klaim e-voucher, send gift hingga komisi/insentif.

Demikian informasi tentang apa itu Repeat Order hingga cara mendapatkannya. Tapi ingat, hal ini tentu tidak lepas dari persaingan dengan kompetitor lainnya yang berlomba-lomba mendapatkan loyalitas pelanggan. Maka pastikan Sobat MEA menjadi unggul dan menangkan persaingan tersebut!

You may also like

Leave a Comment