Apa itu Paket Bundling? Ini Penjelasan dan Cara Memaksimalkannya!

apa itu paket bundling

Sobat MEA pernah nggak sih ketika ingin membeli suatu produk tapi juga ditawarkan produk lainnya dengan harga khusus? Nah, ini biasanya mereka menawarkan paket bundling. Tujuannya agar produk lain yang tersedia juga dapat terjual. Dengan bundling, Sobat MEA bisa mendapatkan dua produk atau lebih. Dalam hal ini, yuk kenali apa itu paket bundling dalam bisnis dan penerapannya. 

Table of Contents

Apa itu Paket Bundling?

Yuk Pelajari Penerapan Pemasaran Paket Bundling yang Sukses
Tentunya dengan bergabung dalam diskusi bareng seller berpengalaman di komunitas belajar jualan online MEA!

Bundling adalah suatu strategi pemasaran di mana seprang penjual menggabungkan dua atau lebih produk atau layanan yang berbeda dalam satu paket kepada konsumen dengan harga yang lebih murah. Ini biasanya mereka lakukan pada momen-momen tertentu dan tentu akan lebih murah ketimbang produk-produk tersebut dibeli secara terpisah. 

Dan strategi pemasaran ini memang biasa dilakukan untuk meningkatkan penjualan, mengurangi persaingan, atau mengundang pelanggan dengan produk atau layanan tambahan. Di sisi lain, strategi bundling ini tentu akan menguntungkan pelanggan karena mereka mendapatkan lebih banyak produk sehingga mereka pun akan lebih loyal terhadap bisnis yang Sobat MEA bangun.

Misalnya, paket bundling pada produk skincare yang berupa Moisturizer dan Sunscreen. Jika biasanya kedua produk ini dijual dengan total Rp. 150rb Sobat MEA dapat menerapkan harga kedua produk ini senilai Rp. 100rb dengan syarat membeli keduanya. 

Keuntungan Paket Bundling

Ingin Memaksimalkan Pemasaran Paket Bundling?
Manfaatkan kekuatan iklan digital bareng jasa digital ads MEA. Anti boncos!

Nah, setelah mengetahui apa itu paket bundling, tentunya Sobat MEA ingin mengetahui mengapa bundling sangat populer, bukan? Dalam hal ini, berikut keuntungan-keuntungan paket bundling:

  • Hemat Uang: Bagi pembeli, adanya paket bundling dapat membuat mereka akan lebih hemat uang karena mereka bisa mendapatkan beberapa produk favorit dengan harga terjangkau.
  • Kemudahan: Sobat MEA nggak akan kerepotan dengan beberapa tagihan atau kontrak, karena beberapa produk bisa  menjadi satu paket yang mudah diatur.
  • Meningkatkan Penjualan: Paket bundling dapat menjadi penawaran yang terbatas. Biasanya akan banyak pelanggan yang tertarik untuk bertransaksi. Dengan begitu hasil penjualan juga akan lebih besar daripada sebelumnya. 

Jenis-Jenis Paket Bundling

Sebenarnya bundling nggak hanya satu jenis. Sobat MEA bisa mencoba beberapa jenis bundling yang dapat menarik perhatian pelanggan. Berikut jenis-jenis paket bundling yang populer:

  • Bundling Produk: ini adalah paket yang paling umum. Seperti yang disebutkan di atas, Sobat MEA dapat menawarkan satu atau lebih produk yang Sobat MEA jual dengan harga murah.
  • Bundling Cross-Selling: Sedangkan jenis ini adalah penggabungan dua produk yang tidak saling berhubungan. Tujuannya, untuk melariskan salah satu produknya. Misalnya, beli tiket pesawat dan dapat voucher hotel dengan nilai tertentu. 
  • Bundling Upselling: Sedangkan jenis ini, biasanya menawarkan versi premium dari produk atau layanan yang pernah dibeli, seperti upgrade ke paket langganan yang lebih mahal.

Cara Memaksimalkan Bundling Pada Bisnis

Tertarik untuk menerapkan strategi bundling pada bisnismu? Pastikan Sobat MEA memahami bagaimana penerapan paket bundling pada bisnismu. Setidaknya ada 3 metode bundling dengan menyesuaikan perubahan harga. Berikut uraiannya:

  • Pilih Item Terbaik: Tentukan produk apa saja yang ingin dijual dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar. Sobat MEA bisa menganalisa produk mana yang paling laku dan kurang laku. 
  • Tentukan Jenis Bundling: Pada tahap ini, rencanakan strategi bundling yang akan ditawarkan. Apakah Sobat MEA ingin menjual bundling produk dengan harga eksklusif atau bundling upselling yang menawarkan produk yang lebih bagus. 
  • Hitung Budget yang Berlaku: Pastikan Sobat MEA juga sudah menghitung budget pengeluaran untuk menawarkan paket bundling ini. Tetapkan margin yang akan diterima dan dapatkan hasil akhir untuk harga bundling tersebut. 

Sekian informasi mengenai apa itu paket bundling. Strategi marketing berupa bundling ini bisa memberikan keuntungan jika Sobat MEA lakukan dengan bijak. 

Dengan bundling, Sobat MEA dapat menarik pelanggan lebih banyak karena ini dapat menjadi penawaran yang berkesan. Selamat mencoba dan salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.