Apa Itu Paid Promote? Ini 4 Manfaatnya Untuk Bisnis Beserta Tips Menggunakannya!

apa itu paid promote

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk melalui sosial media. Mulai dari memasang iklan, diskon, giveaway, endorsement, hingga paid promote. Tapi Sobat MEA sudah tau belum apa itu paid promote dan perbedaannya dengan endorsement?

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu paid promote dan bedanya dengan endorsement serta manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan jika menggunakan jasa paid promote. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa Itu Paid Promote?

Mau jago jualan di sosial media?
Yuk gabung di Komunitas Seller Sosial Media MEA dan diskusi bersama!

Sebelumnya, kami pernah membahas mengenai apa itu endorse berserta tips memilih influencer endorse yang tepat. Pasti Sobat MEA sudah tidak asing bukan dengan istilah paid promote? Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu paid promote beserta manfaatnya untuk bisnis.

Paid promote adalah promosi berbayar yang melibatkan orang dengan pengikut besar seperti influencer, YouTuber, blogger, selebgram, dan tokoh besar lainnya. Promosi berbayar ini bertujuan untuk untuk mempromosikan produk atau layanan dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Lalu, apa bedanya paid promote dengan endorse? Sebenarnya, endorsement juga memiliki pengertian yang hampir sama dengan apa itu paid promote, yaitu untuk melakukan promosi produk dan mempersuasi audiens untuk membeli produk yang ditawarkan. Perbedaannya terletak pada proses promosinya. 

Untuk endorsement, Sobat MEA cukup memberikan produk dan penjelasan mengenai product knowledge. Sedangkan untuk paid promote, Sobat MEA harus menyediakan konten berupa foto atau video sehingga orang tersebut bisa langsung mengunggah kontennya dan mengikuti arahan atau brief yang Sobat MEA berikan.

apa itu paid promote

Lebih jelasnya lagi, perbedaan paid promote dan endorse terletak pada cara promosinya. Konten kreator cukup mengunggah foto produk dan caption yang sudah disediakan oleh penjual. Sedangkan dalam endorse, pihak penjual harus mengirimkan produk kemudian konten kreator tersebut perlu membuat konten dari produk berdasarkan ketentuan yang sudah ada. Jadi endorse sendiri membuat konten kreator lebih terlibat dalam proses pembuatan promosi produk.

Pada intinya, perbedaan paid promote dan endorse adalah dari ketersediaan kontennya. Untuk endorsement, Sobat MEA menyerahkan konten sepenuhnya pada public figure. Sedangkan untuk paid promote, Sobat MEA harus menyediakan konten atau brief konten untuk diunggah oleh influencer yang dipilih.

Perbedaan paid promote dan endorse berikutnya bisa dilihat dari harganya. Untuk paid promote, Sobat MEA harus membayarkan sesuai dengan harga jasa yang telah ditentukan oleh konten kreator. Sedangkan cara bayar endorse bisa lebih fleksibel. Sobat MEA bisa membayarkan jasa mereka dengan produk. Namun pastikan harga produknya sesuai dengan jasa mereka. Misalnya saja harga endorse mereka adalah 10 juta rupiah. Maka Sobat MEA bisa memberikan produk dengan harga yang setara sebagai metode pembayarannya.

4 Manfaat Paid Promote Untuk Bisnis

Mau punya tim yang mengelola akun Instagram kamu?
Serahkan saja ke tim profesional lewat jasa kelola Instagram MEA

Setelah mengetahui apa itu paid promote, Sobat MEA juga harus mengetahui apa sih keuntungan serta manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan dengan promosi melalui paid promote, yang diantaranya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Produk Sobat MEA akan lebih mudah dikenal oleh konsumen jika dipromosikan oleh tokoh terkenal. Dengan menggunakan jasa paid promote, produk juga akan meraih audiens yang lebih luas dan beragam, mengikuti jumlah pengikut tokoh atau public figure tersebut.

Agar produk Sobat MEA semakin mudah dikenali, Sobat MEA harus membuat konten yang informatif dan menarik. Berikan kesan mendalam dari konten tersebut agar mudah diingat oleh audiens baru.

2. Mendapatkan Audiens yang Tepat

Saat menjual produk, tentunya Sobat MEA sudah mengklasifikasikan audiens seperti apa yang sesuai dengan produk dan menyusun konten yang tepat untuk menarik mereka, bukan? Dalam hal ini, paid promoter atau influencer bisa membantu Sobat MEA menjangkau audiens baru dengan menggunakan konten yang sama.

Untuk itu, penting mengetahui jenis audiens dari influencer sebelum memutuskan untuk bekerja sama dan menerapkan apa itu paid promote. Jika karakter audiens public figure tersebut sudah sesuai, maka akan banyak audiens baru yang bisa Sobat MEA dapatkan. Hal ini memang lumrah dan sudah banyak pebisnis online yang m sukses menggunakan strategi ini.

3. Meningkatkan Engagement

Engagement adalah hal yang sangat penting di dunia sosial media maupun dunia digital marketing secara keseluruhan. Nah, memahami apa itu paid promote dan menggunakan jasanya bisa meningkatkan engagement akun dan postingan Sobat MEA.

Hal ini karena produk Sobat MEA semakin dikenal dan semakin banyak calon konsumen baru yang penasaran dengan produk Sobat MEA. Sehingga mereka juga akan berinteraksi di akun Sobat MEA seperti follow, like, komen, share, dan aktivitas lainnya. Hal ini akan meningkatkan suasana positif pada interaksi media sosial dan membuat produk Sobat MEA menjadi lebih dikenal dengan baik.

Selain mendapatkan audiens baru, Sobat MEA juga berpotensi mendapatkan followers baru. Jumlah followers yang bertambah juga akan meningkatkan kredibilitas akun dan kepercayaan audiens terhadap toko maupun produk Sobat MEA.

4. Menghemat Biaya Iklan

Penggunaan jasa paid promote juga bisa memangkas biaya untuk iklan karena paid promote adalah salah satu media iklan yang efektif. Jika iklan biasanya menargetkan promosi ke target audiens saja, maka apa itu paid promote bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Beragam jenis audiens yang merupakan pengikut public figure juga bisa menjadi audiens baru, sehingga Sobat MEA nggak perlu lagi mencari target audiens atau leads baru. Dengan begitu, Sobat MEA bisa fokus untuk mengelola akun media sosial bisnis dengan baik.

4 Tips Menggunakan Paid Promote

apa itu paid promote

Setelah mengetahui apa itu paid promote beserta manfaatnya, baiknya Sobat MEA juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan jasa paid promote. Nggak perlu khawatir, berikut ini adalah 4 tips menggunakan strategi paid promote agar berhasil dan bisa meningkatkan penjualan toko. Yuk simak!

1. Kelola Akun Bisnis Dengan Baik

Jika Sobat MEA ingin menggunakan jasa paid promote, pastikan sebelumnya Sobat MEA sudah mengelola akun bisnisnya dengan baik. Misalnya, jika Sobat MEA  punya akun Instagram, maka buat tampilan atau feed halaman akun yang rapi dan menarik. Sobat MEA juga bisa cantumkan informasi di bio Instagram jualan dengan jelas.

Dengan pengelolaan akun yang baik, ketika ada audiens baru yang datang mengunjungi akun Sobat MEA, mereka akan merasa percaya dan tertarik untuk mengikuti akun Sobat MEA. Jangan sampai tampilan akun berantakan dan minim informasi, ya.

2. Tentukan Target Audiens

Kalau ingin sukses jualan online, Sobat MEA juga harus bisa menentukan target audiens dari produk yang dijual. Misal Sobat MEA menjual kotak bekal makanan, target audiensnya bisa ibu-ibu muda, karyawan kantoran, atau lainnya.

Jika target audiens sudah ditentukan, Sobat MEA bisa membuat konten apa itu paid promote yang sesuai. Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam memilih influencer untuk diajak bekerja sama sebagai paid promoter.

3. Buat Konten yang Menarik

apa itu paid promote

Sobat MEA bisa membuat konten yang menarik dengan metode soft selling, yaitu jenis konten yang nggak hanya fokus pada produk saja, tetapi juga bisa memberikan cerita yang relatable dengan keadaan audiens. Alhasil Sobat MEA bisa tetap bisa mempengaruhi audiens untuk melihat, mempertimbangkan, membandingkan atau lebih bagus membeli produk Sobat MEA.

4. Memilih Influencer yang Tepat

Selanjutnya, sebelum melakukan paid promote, Sobat MEA juga harus selektif dalam memilih influencer yang ingin diajak kerja sama. Pastikan konten-konten sang influencer memang memiliki korelasi dan relevansi dengan produk yang Sobat MEA jual. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA mendapatkan audiens yang tepat.

Misalnya saja Sobat MEA menjual produk peralatan memasak, tetapi Sobat MEA mengajak influencer yang suka memberikan review skincare. Tentunya audiens nggak nyambung, dong? Hal ini malah merugikan Sobat MEA karena nggak mendapatkan audiens yang ditargetkan dan membuang uang karena memilih influencer yang salah.

Contoh Paid Promote

apa itu paid promote

Paid promote adalah salah satu metode pemasaran yang memiliki banyak bentuk untuk menarik perhatian audiens dan bisa Sobat MEA pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh paid promote Instagram yang banyak digunakan. Namun sebelum itu, kami akan memberikan sedikit penggambaran agar Sobat MEA lebih terbayang mengenai contoh paid promote.

Misalnya saja Sobat MEA memiliki bisnis skincare yang fokus pada serum wajah. Produk ini ditujukan untuk wanita pekerja berusia 25-35 tahun yang memiliki masalah kulit kusam. Maka Sobat MEA bisa membuat berbagai konten paid promote sebagai berikut:

  • Sponsored Post, adalah contoh paid promote dalam bentuk satu kampanye atau pemasaran produk yang menunjukkan kelebihan produk. Seperti misalnya saja Sobat MEA bisa menunjukkan gambar before-after dari pemakaian serum tersebut. Jangan lupa untuk membuat caption yang menjelaskan mengenai kandungan dan manfaat dari produk tadi.
  • Instagram Story, Sobat MEA juga bisa membuat pemasaran produk dalam bentuk story yang menampilkan manfaat produk secara singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk mencantumkan link yang bisa membawa audiens untuk mengunjungi website produk secara langsung dengan sekali klik.
  • Carousel, contoh paid promote ini bisa Sobat MEA manfaatkan dengan menjunjukkan berbagai varian serum serta penjelasan ringkasnya. Sehingga Sobat MEA bisa mempromosikan banyak produk sekaligus dalam satu unggahan.
  • Video, menjadi salah satu contoh paid promote yang menarik karena Sobat MEA bisa memasarkan produk dengan video singkat.

Itu dia beberapa penjelasan mulai dari apa itu paid promote, manfaat, tips untuk menggunakan jasa paid promote, hingga contoh paid promote yang bisa digunakan. Kepoin juga artikel seputar tips berjualan di sosial media lain untuk kamu yang ingin belajar menjadi pebisnis online. Semangat!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.