Apa itu Collection Ads TikTok? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

by Fanny
cara membuat profil toko di tiktok shop

Ada banyak jenis iklan di TikTok, salah satunya adalah Collection Ads yang sudah banyak digunakan oleh para pebisnis online. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui apa itu Collection Ads TikTok dan bagaimana cara kerjanya. Padahal, Collection Ads pada TikTok memiliki banyak manfaat untuk bisnis, loh.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Collection Ads TikTok, cara kerja, serta manfaatnya untuk akun bisnis Sobat MEA. Daripada berbasa-basi lagi, yuk simak ulasan selengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Apa itu Collection Ads TikTok?

Ngiklan anti Boncos dengan belajar langsung dari ahlinya
Yuk gabung ke komunitasnya sekarang dan tingkatkan penjualan di TikTok dengan mudah. Gratis!

Agar Sobat MEA bisa memahami apa itu Collection Ads dengan lebih mudah, kami akan memberikan sedikit contoh. Biasanya, ketika kita membuat iklan produk, maka Sobat MEA akan memilih salah satu produk dengan penjualan tertinggi saja bukan? Hal ini karena fokus pada satu produk akan meningkatkan minat audiens untuk mencari tahu lebih banyak daripada jika Sobat MEA mengiklankan banyak produk sekaligus.

Iklan jenis itu menguntungkan karena impresi audiens pada satu produk akan meningkat. Kelemahannya adalah produk Sobat MEA yang lain menjadi kurang dikenali. Tapi tenang aja. Sobat MEA bisa memperlihatkan katalog seluruh produk dengan menggunakan satu iklan produk saja. Nah iklan ini disebut dengan Collection Ads.

Apa itu Collection Ads perlu diketahui agar Sobat MEA bisa menerapkan iklan ini dengan baik. Jadi, Collection Ads atau Koleksi Iklan adalah jenis iklan yang membuat pengguna untuk mencari, menemukan, dan melihat produk dengan lebih mudah melalui ponsel dalam mode full screen. Hal ini bisa dilakukan karena ketika Sobat MEA membuat Collection Ads, maka iklan ini akan mengarahkan audiens ke Halaman Galeri Instan yang memuat katalog produk Sobat MEA.

Artikel Terkait  Ini Format Ukuran Video TikTok Paling Ideal. TikTokers Wajib Tahu!

Dengan begitu, pengguna yang melihat iklan Sobat MEA juga bisa melihat produk lainnya yang dijual. Pengguna juga bisa membeli produk lain ini melalui iklan yang sudah dibuka tadi. Sangat menguntungkan, bukan?

Cara Kerja Collection Ads

Kesulitan mengelola konten dan juga iklan TikTok?
Tenang aja, ada jasa kelola TikTok MEA dengan talent dan advertiser profesional. Klik di sini dan dapatkan jasanya sekarang!

Setelah mengetahui apa itu Collection Ads, sekarang kami akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimana cara kerjanya. Langkah-langkahnya sebenarnya serupa dengan jenis iklan lainnya. Yaitu pengguna akan mengklik iklan Sobat MEA kemudian mereka akan dibawa ke Halaman Galeri Instan.

Pada halaman ini, Sobat MEA juga bisa mengatur produk apa saja yang ingin ditampilkan. Sobat MEA juga bisa memanfaatkan fitur dari TikTok Ads Manager yang akan membantu memilihkan produk mana saja yang akan ditampilkan agar relevan dengan setiap audiens yang membuka iklan Sobat MEA. Kemudian audiens akan melihat berbagai tampilan produk yang dijual.

Selanjutnya, audiens yang berminat untuk melakukan pembelian bisa langsung mengklik produk yang mereka inginkan. Kemudian audiens akan dibawa ke website Sobat MEA untuk melakukan transaksi dan menyelesaikan pembelian. Cukup sederhana, bukan?

3 Manfaat Collection Ads TikTok untuk Bisnis

apa itu Collection Ads

Setelah memahami apa itu Collection Ads dan bagaimana cara kerjanya, mungkin Sobat MEA bertanya-tanya apa manfaat yang bisa didapatkan dari jenis iklan ini dibandingkan dengan jenis iklan lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa manfaat Koleksi Iklan yang akan didapatkan:

1. Memudahkan Penemuan Produk

2. Menyertakan Produk yang Relevan

Sebagai penjual, ada kalanya kita ingin memunculkan produk lainnya dalam Halaman Galeri Instan baik yang relevan maupun tidak relevan. Namun kami sarankan agar Sobat MEA memasukkan produk dalam kategori yang sama mengingat audiens membuka iklan karena tertarik dengan produk yang Sobat MEA tampilkan. Tentunya mereka ingin melihat produk lainnya yang serupa, dong?

Jika Sobat MEA kesulitan dan bingung untuk memilih produk mana yang ingin ditampilkan pada Halaman Galeri Instan, maka Sobat MEA bisa menggunakan fitur di TikTok Ads Manager untuk menyeleksi produk mana saja yang relevan dan sebaiknya ditampilkan pada setiap audiens yang berbeda. 

3. Proses Pembelian Lebih Cepat

Kelebihan lainnya dari Collection Ads adalah audiens jadi lebih mudah untuk melakukan pembelian. Hal ini karena mereka bisa melihat dan membeli produk lainnya sekaligus karena dengan sekali klik, mereka akan diarahkan ke Halaman Galeri Instan. Kemudian dari halaman ini, mereka akan dibawa ke halaman website agar bisa melakukan pembelian produk yang diinginkan.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu Collection Ads, cara kerja, serta 3 manfaat utamanya untuk bisnis. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment