Algoritma Shopee di Tahun 2022

Algoritma Shopee 2022

Algoritma Shopee 2022

Shopee Indonesia merupakan salah satu platform paling ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ini membuat Shopee menjadi platform favorit untuk digunakan untuk berjualan online. Namun agar toko kamu ramai, kamu harus mengerti cara jualan di Shopee. Salah satu cara yang paling ampuh adalah memahami algoritma Shopee.

Algoritma Shopee berhubungan langsung dengan pintu masuk toko. Ibaratnya seperti toko offline, semakin banyak pintu menuju toko semakin baik. Oleh karenanya banyak yang menginginkan posisi tokonya berada di hook karena mendapat akses dari berbagai pintu, toko online juga demikian. Lantas bagaimana caranya? Yuk simak gimana sih algoritma shopee 2022!

1. Mengoptimalkan Kotak Pencarian

Kotak pencarian adalah algoritma shopee yang paling penting. Customer yang sudah mengetahui ingin berbelanja apa, akan langsung mengklik kotak pencarian dan memasukan keyword. Produk kamu akan muncul apabila judul pada produk kamu dan keyword yang dimasukkan oleh customer memiliki kesamaan.

Namun tidak hanya itu, toko kamu harus bersaing dengan ratusan toko lain untuk berada di pencarian paling atas. Ada tiga aspek yang bisa kamu optimalkan agar toko kamu muncul di pencarian paling atas, yaitu:

  • Jumlah penjualan. Semakin laris suatu produk, maka produk kamu akan terus di-boost oleh shopee.
  • Keyword. Kamu harus menggunakan keyword yang ramai digunakan oleh costumer. Masukkan semua keyword tadi di judul dan deskripsi. Untuk memenangkan persaingan pada aspek ini, kamu bisa menggunakan Shopee Easy Tools agar kamu lebih mudah meriset keyword.
  • Iklan. Iklan sangat efektif untuk memunculkan produk kamu di pencarian paling atas, namun kamu harus mempertimbangkan secara cermat penggunaannya agar tidak menghamburkan uang.

2. Rutin Live Streaming

Salah satu klien MEA sudah membuktikan bahwa Live Streaming Shopee bisa ramai dan efektif meningkatkan penjualan. Namun banyak aspek yang harus kamu perhatikan agar live kamu bisa ramai.

  • Kamu harus konsisten melakukan live streaming. Lakukan live streaming pada hari dan jam yang sama, karena mayoritas penonton live streaming adalah orang yang sama.
  • Engagement-nya harus ramai. Kamu harus optimalkan fitur tap love, lelang, dan berbagai fitur lain. Apabila engagement live stream kamu ramai, shopee akan nge-boost toko kamu yang membuat penjualan kamu meningkat.
  • Bikin live stream yang menarik. Banyak cara live streaming yang sudah basi dan tidak lagi orang-orang sukai. Maka kamu harus meng-update cara live streaming kamu biar penonton nonton stay di live stream kamu.

3. Menggunakan Shopee Feed

Kalau kamu liat Shopee Feed, banyak konten-konten yang mendapat views dan like yang banyak. Kalau like dan views-nya banyak, maka penjualan juga akan meningkat. Untuk mendapatkannya, kamu harus membuat konten yang menarik, jangan hanya mem-post produk namun juga membuat konten yang mengundang engagement.

4. Mencoba Short Video

Ini adalah fitur terbaru yang akan mempengaruhi algoritma shopee. Sama seperti fitur sebelumnya, kamu harus membuat konten yang menarik agar mendapatkan hasil yang tinggi. Kamu juga harus membuat orang menonton sampai akhir supaya mendapatkan watch time yang tinggi.

Keempat cara ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil terbaik dari Algoritma Shopee 2022. Kami harap info ini dapat bermanfaat supaya kamu sukses jualan di shopee Indonesia.

You May Also Like

About the Author: fiqhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *