Tips Mengenal Customer Behaviour

tips mengenal customer behaviour

Tips Sukses Dengan Mengenal Customer Behaviour

Mengenal Customer Behaviour

Tips mengenal customer behaviour – Dengan mengenal konsumen berperilaku ketika memutuskan untuk membeli, menggunakan dan menjual kebutuhan mereka. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk membantu marketer alasan dibalik pembelian produk adalah konsumen bagaimana hal itu memuaskan mereka.

Baca : Cara tingkatkan omset 10x lipat di Shopee

Cara Mengenal Customer Behaviour

1. Faktor Psikologi

Faktor yang berasal dari dalam diri konsumen untuk menentukan tindakan apa yang mereka lakukan, merupakan salah satu faktor yang sulit di measure. Karena kepribadian individu berbeda0-beda sehingga bisa saja ada satu hal yang cocok dikerjakan untuk orang A, tapi ketika dicoba untuk orang B tidak.

a. Motivasi

Hal yang pertama adalah mendorong keinginan untuk individu untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai sebuah tujuan.

b. Persepsi

Persepsi pelanggan merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi consumer behaviour. Pelanggan akan mengumpulkan informasi sebuah produk ketika menginterpretasikan sebagai sebuah gambaran sendiri dalam pikiran konsumen tentang produk tertentu.

Baca juga : Buat personal branding untuk produk kalian

c. Sikap dan keyakinan

Ketika konsumen memiliki sikap dan keyakinan tertentu akan mempengaruhi pembelian konsumen. Oleh karena itu, perusahaan akan berupaya untuk memahami konsumen saat merancang kampanye pemasaran yang sedang aktif..

Gunakan robot cerdas shopee sekarang!

Seharga Rp. 3.000 aja sehari!

2. Faktor Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial, orang yang berada di sekitar konsemen akan mempengaruhi consumer behaviour mereka.

a. Keluarga

Keluarga akan menjadi peran dan membentuk perilaku seseorang saat melakukan pembelian dengan mengembangkan preferensi dan terus membeli produk yang sama saat mereka tumbuh dewasa.

b. Grup

Selanjutnya ada grup yang bisa mempengaruhi pola pikir pembeli karena akan mempengaruhi keputusan pembeli satu sama lain karena mudahnya dengan lingkup yang kecil.

c. Peran dan status

Seseorang akan dipengaruhi oleh peran yang dipegangnya di masyarakat, jika seseorang memiliki status yang tinggi, maka akan membeli produk yang dipengaruhi status tingginya, sementara staf atau karyawan meskipun berada pada lingkungan yang sama akan memiliki pola pembelian yang berbeda.

Baca juga : Scale up bisnis kalian di Shopee

Kapan lagi bisa ikut kelas shopee gratis?

Yakin masih mau liat toko kamu ga berkembang?

Nah itu dia cara dan tips mengenal customer behaviour ala Komunitas MEA. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan lebih untuk Sobat MEA semua ya. Aminn~

You May Also Like

About the Author: fiqhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.