TikTok Ads Vs TikTok Organic: Mana yang Lebih Efektif Untuk Bisnis di TikTok?

cara mengelola media sosial

Dalam dunia bisnis, banyak orang yang terus berlomba-lomba dalam pemasarannya. Begitupun di TikTok Shop. Maka Sobat MEA pun perlu memahami seputar TikTok Ads Vs TikTok Organic mulai dari pengertian sampai kelebihannya untuk keuntungan bisnismu. 

Yap, meski awalnya hanya dikenal sebagai platform hiburan, faktanya persaingan bisnis di TikTok cukup ketat. Banyak usaha kecil yang mengelola promosi baik secara organik maupun berbayar. Hal ini tidak lain karena TikTok masih potensial untuk jangkauan yang lebih luas. 

Lalu apa bedanya organik dan berbayar? Singkatnya, organik adalah strategi promosi yang lebih sederhana dan cenderung minim biaya bahkan gratis. Sedangkan berbayar (TikTok Ads) adalah strategi promosi yang lebih kompleks, lengkap, tapi bisa tertarget secara spesifik karena tujuannya bisa kita setting sendiri dengan nominal tertentu. Biasanya untuk memasang TikTok Ads berkisar mulai dari Rp. 50,000,-/hari. 

Ini Dia Resep Jualan di TikTok Shop Jadi Top!

Masih gak tau cara jualan di TikTok? Yuk pelajari ilmu suksesnya bersama mentor expert MEA di kelas ini. Gabung sekarang!

Sebenarnya, baik TikTok Organic atau TikTok Shop bisa Sobat MEA lakukan di akun TikTok Shop bisnismu. Tapi mengenai TikTok Ads dikenal lebih efektif dan spesifik, maka tidak ada salahnya juga untuk mencoba beriklan di TikTok. 

Tapi jika Sobat MEA masih ragu-ragu, takut buntung ketika ingin untung, maka Sobat MEA perlu simak penjelasan lengkap di artikel ini seputar TikTok Ads Vs TikTok Organic, agar bisa mempertimbangkan dengan lebih baik lagi. 

Perbedaan TikTok Ads Vs TikTok Organic

Berbicara soal bisnis di TikTok, sebenarnya TikTok pun memiliki fitur TikTok for Business yang mencakup segala kebutuhan untuk pengguna yang ingin berbisnis, salah satunya adalah TikTok Shop  sebagai etalase produk yang dijual. 

Sobat MEA pun bisa mengaktifkan TikTok Shop. Dan untuk menunjukkan produk tersebut, Sobat MEA bisa menyematkannya dalam postingan konten (TikTok Organic). Lalu viewers bisa bertransaksi melalui produk yang tersemat dalam konten tersebut. Tapi jika ingin menjangkau viewers dan pembeli lebih banyak lagi, maka bisa gunakan TikTok Ads dengan nominal tertentu. 

Selain TikTok Organic lebih sederhana dan TikTok Ads lebih menguntungkan, keduanya juga memiliki perbedaan lainnya dan memiliki keunggulan masing-masing.

Adapun perbedaanya, TikTok Organic akan mengarah ke orang-orang yang memasukkan jenis konten dalam preferensi mereka, Sedangkan TikTok Ads akan mengarah ke orang-orang yang lebih luas lagi.  

Tapi baik TikTok Organic maupun TikTok Ads tidak mempermasalahkan followers. Algoritma TikTok pun membiarkan audiens yang bukan followers dapat melihat konten. Hal ini lebih ke preferensi mereka dan niche yang Sobat MEA tentukan.

Mau Jago Promosi Sampai Profit Melejit?

Yuk kupas tuntas resep jitu bikin profit melejit dengan promosi bersama mentor expert MEA di kelas ini!

Selain itu, TikTok Organik biasanya memiliki tujuan mempromosikan produk, membagikan konten informatif dan edukatif, serta mengajak audience untuk mengunjungi website suatu brand sedangkan TikTok Ads biasanya untuk tujuan meningkatkan sales penjualan. Maka kontennya pun bisa berupa hard selling meski sebagian menggunakan soft selling.

Dan masih banyak lagi perbedaan lainnya termasuk kelebihan-kelebihan dari TikTok Ads maupun TikTok Organic yang bisa menjadi pertimbangan. Dan selanjutnya, MiMe akan uraikan apa saja kelebihan-kelebihan tersebut.

Kelebihan TikTok Organic Untuk Promosi

  1. Murah bahkan gratis karena tidak ada biaya dalam melakukan promosi
  2. Traffic lebih permanen karena promosi dilakukan secara alami sehingga pengunjung yang datang memang orang yang tertarik dengan produk atau konten. 
  3. Mendapatkan koneksi yang kuat dengan pelanggan karena biasanya konten yang lebih interaktif dan informatif.

Kelebihan TikTok Ads Untuk Promosi

  1. Menjangkau audiens dengan lebih luas, spesifik, reseptif, dan responsif
  2. Promosi lebih efisien karena bisa menggunakan kembali materi iklan yang sudah ada
  3.  Memiliki konsep promosi  yang lebih bervariasi

Jasa Iklan Profesional Untuk Hasil Maksimal

Ngga mau ribet ngurus strategi iklan yang efektif? Serahkan saja pada tim profesional MEA. Biar kami yang mengatur kesuksesan promosimu di TikTok!

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan dari TikTok Ads Vs TikTok Organic beserta kelebihan-kelebihannya. Tapi sebelum memutuskan salah satunya untuk promosi, ada baiknya pikiran baik-baik terlebih dahulu. 

TikTok Ads Vs TikTok Organic: Mana yang Lebih Efektif Untuk Promosi di TikTok?

Sebelum adanya TikTok Ads, Berbisnis di TikTok pada dasarnya gratis. Sobat MEA hanya perlu mengelola konten yang mampu menarik audiens. Kemudian seiring perkembangannya, TikTok  Kemudian, meningkatkan fitur agar semakin mudah bagi mereka mencapai tujuan melalui iklan berbayar (TikTok Ads).

Tapi berbicara mana yang lebih tepat untuk promosi bisnis, Hal ini kembali lagi pada kebutuhan dan kemampuanmu dalam melakukan promosi. Sobat MEA perlu melihat kembali pada tujuan, budget, strategi, bahkan persaingan. Karena keduanya tentu terdapat persaingan yang berpengaruh.

Mengenai tujuan, Jika Sobat MEA ingin membuat komunitas, meningkatkan awareness, dan membangun koneksi, TikTok Organic akan menjadi strategi terbaik. Tapi jika ingin langsung mengarah pada sales penjualan yang cepat naik, maka sebaiknya pilih TikTok Ads dan siapkan budget yang dibutuhkan.

Tapi akan lebih baik lagi, Sobat MEA gunakan keduanya secara bersamaan. Sebagaimana kunci sukses berbisnis di TikTok itu ada pada konsistensi. Dengan begitu, Sobat MEA lebih mudah menarik pelanggan baru sekaligus menjaga pelanggan lama. 

Bagaimana? Sudah tahu mau pakai yang mana antara TikTok Ads Vs TikTok Organic? Tapi sebelumnya, pastikan sudah dipikirkan baik-baik ya, Sobat MEA. Salam Sukses!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.