Tata Cara Jualan di Shopee, Dari Proses Awal Sampai Dapat Untung!

Tata cara jualan di Shopee

Mengetahui tata cara jualan di Shopee sangat penting untuk Sobat MEA yang baru ingin terjun ke bisnis e-commerce. Perlu Sobat MEA catat, dalam bisnis e-commerce, memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan adalah kunci membangun kepercayaan dan reputasi agar toko Sobat MEA dikenali di platform tersebut.

Hal-hal seperti memberikan pelayanan terbaik, merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat, sampai memberikan solusi jika terjadi masalah dengan pesanan adalah suatu hal yang wajib Sobat MEA lakukan karena hal itu menjadi bagian dari tata cara jualan di Shopee. Dengan mengikuti langkah yang tepat serta memberikan pelayanan yang baik, Sobat MEA yang merupakan seorang pemula juga bisa menjual produk serta meraih kesuksesan lewat platform Shopee.

Table of Contents

Tata Cara Jualan di Shopee dari Awal Sampai Akhir

Mau belajar jualan di Shopee dari seller berpengalaman?
Yuk langsung gabung aja Komunitas Seller Marketplace MEA GRATIS!

Perlu Sobat MEA ketahui bahwa berjualan di Shopee bukan hanya upload produk dan menunggu ada orang yang membelinya. Ada banyak proses tata cara jualan di Shopee dari awal sampai akhir yang perlu dilakukan. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang paling penting pada cara jualan di Shopee. Yuk langsung simak aja!

1. Daftarkan Diri Sebagai Penjual

Langkah pertama dalam tata cara jualan di Shopee adalah mendaftarkan diri sebagai penjual. Pendaftaran penjual ini mudah dan gratis. Sobat MEA bisa melakukan tata cara mendaftar di Shopee sebagai penjual lewat aplikasi atau website resmi Shopee. Saat pendaftaran, Sobat MEA harus mengisi informasi pribadi, verifikasi nomor telepon, dan mengunggah dokumen seperti KTP dan NPWP.

2. Buat Akun Shopee Official Store

Belajar jualan di Shopee langsung sama mentor officialnya
Yuk gabung di Kelas Shopee Premium Komunitas MEA

Setelah Sobat MEA selesai mendaftar sebagai penjual, lanjutkan tata cara jualan di Shopee dengan mulai buat akun Shopee Offical Store. Akun ini bisa memberikan kepercayaan pada pelanggan yang melihat toko Sobat MEA. Singkatnya, akun ini akan membuat toko Sobat MEA menjadi lebih profesional dan mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli. Saat membuat toko, Sobat MEA harus mengisi deskripsi toko, informasi kontak, logo toko, banner Shopee, deskripsi produk, dan lain sebagainya.

3. Upload Produk dan Kategori

Kalau Sobat MEA sudah punya toko sendiri, langkah selanjutnya adalah mengunggah produk serta memilih kategori. Shopee sendiri punya banyak kategori produk mulai dari fashion, elektronik, makanan, sampai kategori kecantikan. Pilih kategori yang sesuai dengan produk Sobat MEA. Jika sudah, jangan lupa untuk mengisi judul produk, deskripsi produk, dan informasi mengenai produk dengan detil dan sesuai agar pembeli mendapatkan informasi yang lengkap mengenai produk yang Sobat MEA jual.

4. Tentukan Harga Produk

Riset harga, iklan, produk dan kata kunci anti ribet
Saat pakai tools Shopeasytools MEA!

Sebagai seorang penjual, Sobat MEA pastinya harus menentukan harga yang wajar dan sesuai dengan produk dan kualitas produk yang Sobat MEA jual. Tata cara jualan di Shopee ini dapat Sobat MEA lakukan dengan membandingkan harga dari penjual lainnya di Shopee agar bisa bersaing. Agar jualan di Shopee makin laris, jangan lupa untuk memberikan diskon dan promo khusus untuk menarik perhatian pembeli.

5. Mengatur Pengiriman dan Melakukan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan jualan online di Shopee. Jadi, Sobat MEA harus memastikan untuk merespon pertanyaan pembeli dengan cepat dan memberi solusi jika terjadi masalah.

Selain itu, Sobat MEA juga harus memperhatikan tata cara berjualan di Shopee mengirim barang. Pastikan Sobat MEA bisa mengatur pengiriman produk dengan cepat dan efisien. Nggak perlu khawatir, Shoepe sudah dilengkapi dengan fitur pengiriman otomatis dengan jasa ekspedisi Shopee Express yang sudah terintegrasi. Namun, Sobat MEA juga bisa memilih jasa ekspedisi lain yang memang sesuai dengan kebutuhan Sobat MEA.

6. Melakukan Promosi Produk

tata cara jualan di Shopee

Langkah selanjutnya pada tata cara jual beli di Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan adalah melakukan promosi produk. Ada banyak cara jualan di Shopee yang bisa Sobat MEA gunakan untuk melakukan promosi. Baik itu promosi gratis maupun promosi berbayar. Misalnya, Sobat MEA bisa memberikan voucher belanja, menggunakan fitur seperti Shopee Video dan Shopee Live. Jika ingin hasil yang maksimal, Sobat MEA bisa mempromosikan produk dengan cara beriklan di Shopee.

7. Melakukan Analisa Penjualan

Tata cara jualan di Shopee terakhir yang bisa Sobat MEA lakukan untuk jualan di Shopee adalah melakukan analisa penjualan secara berkala. Menariknya, Shopee sendiri punya fitur laporan penjualan yang memudahkan Sobat MEA sebagai seller Shopee. Laporan ini termasuk laporan produk terlaris, transaksi terbanyak, dan masih banyak yang lainnya. Laporan ini bisa Sobat MEA gunakan untuk melakukan analisis dan evaluasi mengenai produk mana saja yang pemasarannya sudah bagus dan produk mana yang membutuhkan promosi lebih baik agar penjualannya bisa lebih tinggi.

Nah itu dia tata cara jualan di Shopee yang cocok untuk pemula. Gimana? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin memulai bisnis e-commerce khususnya di Shopee!

You May Also Like

About the Author: fiqhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.