8 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang Jarang Diketahui

by Fanny
perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite belum tentu diketahui oleh semua orang. Apalagi jika Sobat MEA hanya menggunakan salah satunya saja. Nah jika memang Sobat MEA berniat untuk beralih dari aplikasi Facebook biasa ke Facebook Lite, Sobat MEA pastinya wajib untuk mengetahui beberapa perbedaannya agar bisa beradaptasi dengan baik.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang dapat dirasakan secara signifikan. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

8 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Mau tau cara jitu jualan di Facebook?

Gabung ke komunitasnya dan ngobrol langsung dengan pebisnis online lainnya secara gratis di sini!

Sebuah hal yang wajar jika aplikasi meluncurkan versi lite-nya yang biasanya lebih sederhana secara tampilan dan lebih ringan. Tapi, perbedaan Facebook dan Facebook Lite tidak hanya itu saja, loh. Menurut halaman resmi Facebook, ada beberapa perbedaan Facebook biasa dan Facebook Lite. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Ukuran File

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang pertama adalah ukuran file dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi Facebook saat ini memiliki ukuran 64 MB. Sedangkan Facebook Lite sendiri hanya berukuran 2.1 MB. Perbedaan yang sangat signifikan bukan?

Facebook Lite ini banyak digunakan oleh pemilik perangkat dengan kapasitas memori yang kecil atau ponsel yang sudah mulai lemot jika digunakan untuk mengoperasikan berbagai macam aplikasi. Facebook Lite juga menjadi alternatif bagi Sobat MEA yang tidak terlalu aktif di Facebook namun sesekali masih membuka aplikasi ini.

2. Tampilan Aplikasi

Facebook dan Facebook lite memiliki perbedaan pada tampilannya. Facebook memiliki tampilan yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan dengan Facebook Lite yang tampilannya lebih sederhana. Tampilan yang sederhana pada Facebook Lite ini memang dibuat secara khusus agar dapat beroperasi di berbagai jenis perangkat. 

Namun karena mode yang minimalis ini, Sobat MEA tidak dapat menggunakan animasi atau efek sebanyak yang bisa digunakan di Facebook biasa.

3. Fitur

perbedaan facebook dan facebook lite

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang selanjutnya adalah dari segi fitur. Tentunya karena ukurannya yang lebih besar, aplikasi Facebook asli menyediakan berbagai macam fitur yang dapat Sobat MEA gunakan untuk memaksimalkan suatu unggahan atau pengalaman menggunakan aplikasi ini. 

Sebaliknya, aplikasi Facebook Lite yang sengaja dirancang menjadi lebih sederhana tidak memiliki fitur sebanyak aplikasi Facebook original. Jadi akan ada kemungkinan Sobat MEA tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti ketika menggunakan aplikasi Facebook reguler.

4. Tampilan Foto dan Video

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite selanjutnya terletak pada cara kedua aplikasi ini menampilkan foto dan video. Ketika Sobat MEA scrolling di Facebook dan menemukan posetingan berupa foto atau video, maka Facebook akan menampilkan media tersebut secara otomatis. 

Hal  ini berbeda dengan aplikasi Facebook Lite yang akan menyediakan pilihan untuk menampilkan video dengan kualitas lebih rendah. Tentunya video yang ditambilkan akan lebih buram daripada versi aslinya, namun cara ini bisa menghemat kuota Sobat MEA.

5. Pemakaian Kuota Internet

Aplikasi Facebook reguler sendiri membutuhkan koneksi dan kecepatan jaringan internet yang lancar agar dapat digunakan, sehingga pemakaian kuotanya lebih besar dibandingkan dengan Facebook Lite. Sedangkan untuk mengoperasikan aplikasi Facebook Lite, Sobat MEA tidak membutuhkan jaringan yang lancar atau cepat.

6. Konsumsi Baterai

perbedaan facebook dan facebook lite

Konsumsi baterai juga menjadi salah satu perbedaan Facebook dan Facebook Lite. Hal ini adalah salah satu imbas dari ukuran aplikasi. Semakin besar ukuran aplikasinya, maka semakin besar pula konsumsi baterainya.

Jadi pemakaian aplikasi Facebook biasa akan lebih boros baterai dibandingkan dengan penggunaan Facebook Lite. Jadi kalau ponsel Sobat MEA memorinya kecil dan ingin menghemat baterai sekaligus, kami sarankan agar Sobat MEA menggunakan aplikasi Facebook versi Lite saja.

7. Support Perangkat

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin berkembangnya waktu, maka versi ponsel juga akan meningkat setiap waktunya. Hal ini turut mempengaruhi pemakaian kedua aplikasi ini. Aplikasi Facebook hanya dapat digunakan pada ponsel dengan versi tertentu hingga terbaru saja. Hal ini membuat Sobat MEA tidak dapat menggunakan Facebook jika ponsel yang dimiliki adalah ponsel lama.

Tapi tenang, Sobat MEA tetap dapat beraktivitas di Facebook dengan menggunakan Facebook Lite yang dapat digunakan di berbagai macam perangkat.

8. Kecepatan Mengunggah Konten

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang terakhir adalah kecepatan dalam mengunggah konten seperti foto dan video. Aplikasi Facebook biasa akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mengunggah melalui aplikasi Facebook Lite mengingat kualitas unggahannya juga lebih baik dan jernih.

You may also like

Leave a Comment