Merchandising Adalah: Ini Fungsi dan 5 Manfaatnya Untuk Bisnis. Simak!

merchandising adalah

Dalam dunia bisnis atau lebih tepatnya dunia brand, Sobat MEA pasti sudah nggak asing dengan istilah merchandising. Yup, merchandising adalah salah satu tahapan yang harus Sobat MEA lewati saat membangun sebuah brand. Tapi pertanyaannya apa itu merchandising?

Bagi beberapa Sobat MEA yang mungkin belum berpengalaman dalam membangun brand pasti masih asing dengan istilah merchandising. Pada dasarnya, merchandising adalah kegiatan untuk membanun merchandise. Pertanyaannya, apa itu perchandise? Apa fungsi dan tugasnya dalam sebuah bisnis online maupun offline? Nah untuk penjelasan lebih lanjut, langsung simak aja di bawah ini. Check this out~

Apa itu Merchandising?

Mau tahu gimana cara bikin brand dikenal banyak orang?

Yuk gabung di Komunitas Bisnis Online MEA sekarang juga!

Merchandising adalah segala jenis produk yang memang dibuat oleh Sobat MEA untuk dijual. Umumnya, merchandising ini menghasilkan sebuah merchandise yang dijadikan sebagai bentuk promosi dari sebuah brand. Dalam dunia bisnis online, merchandise ini diharapkan dapat menunjukkan kelebihan dan keistimewaan produk yang dapat menarik perhatian audiens untuk mengenali brand perusahaan.

Jika disingkat, merchandising adalah aktivitas marketing yang dilakukan Sobat MEA untuk memenuhi kebutuhan produk yang tepat dalam jumlah yang tepat, di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat serta pada waktu yang tepat juga. Walhasil, merchandise ini akan bisa membantu meningkatkan penjualan produk sekaligus mengembangkan strategi marketing yang ada.

4 Fungsi Merchandising Dalam Bisnis Online

Setelah mengetahui artinya, dapat Sobat MEA pahami bahwa merchandising adalah hal yang penting dalam dunia bisnis online. Karena itu, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja sih sebenarnya fungsi dari merchandising dalam sebuah bisnis online. Nah berikut ini adalah 4 fungsi merchandising yang mesti Sobat MEA ketahui. Yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

1. Media Branding

Fungsi pertama tentu saja sebagai media branding. Maksudnya, sebuah merchandise bisa dipakai untuk melakukan branding dan menyebarkan brand awareness terhadap target. Misalnya, saat logo brand Sobat MEA dicantumkan pada sebuah produk merchandise, maka Sobat MEA secara nggak langsung memperkenalkan produk dengan jauh lebih mudah.

2. Medium atau Teknik Marketing

Karena merchandise dapat digunakan untuk media branding, maka dapat dikatakan juga merchandising ini juga merupakan salah satu medium atau salah satu teknik marketing yang bisa Sobat MEA terapkan. Menariknya lagi, merchandising adalah teknik marketing yang secara nggak langsung menyasar dari satu konsumen ke konsumen lainnya.

3. Menarik Perhatian Calon Pembeli

Saatnya Instagram kamu menghasilkan banyak penjualan

Yuk pakai aja jasa kelola Instagram dari MEA sekarang juga!

Fungsi ketiga dari merchandising adalah menarik perhatian calon pembeli. Yup, biasanya sebuah merchandise produk yang bagus dapat menarik perhatian dan rasa penasaran para calon konsumen. Alhasil, konsumen bisa mencari tahu lebih lanjut produk yang Sobat MEA jual.

4. Untuk Memberi dan Meningkatkan Loyalitas Pembeli

Berbeda dengan produk yang dijual, merchandise biasanya diberikan oleh seorang seller secara cuma-cuma. Jadi, merchandise ini berfgunsi sebaga bentuk ucapan terima kasih pada konsumen yang sudah membeli produk Sobat MEA. Dengan itu, Sobat MEA juga bisa membangun interaksi serta meningkatkan loyalitas pembeli terhadap produk atau brand Sobat MEA.

5 Manfaat Merchandising Untuk Bisnis Online

Saatnya sukses jualan di Tokopedia tanpa iklan!

Yuk belajar gimana rahasia jualan di Tokped lewat Kelas Tokopedia MEA

Seperti sudah kita bahas sebelumnya fungsi merchandising adalah mendekatkan brand Sobat MEA dengan pelanggan atau calon pelanggan Sobat MEA. Nah jika sudah mengetahui hal tersebut, Sobat MEA juga harus mengerti apa saja sih manfaat dari merchandising ini. Oke daripada berlama-lama lagi, langsung aja simak 5 manfaat merchandising untuk bisnis online Sobat MEA. Yuk simak!

1. Personal Touch

Manfaat pertama dari merchandising adalah personal touch. Maksudnya, sebuah merchandise yang diberikan secara khusus terhadap seseorang akan memberikan efek personal touch alias dapat menyentuh hati seseorang yang menerimanya. Nah personal touch ini sendiri bermanfaat untuk membangun keterikatan antara brand Sobat MEA dengan konsumen.

2. Cost-effectiveness

Daripada alat promosi dan marketing lain, merchandising adalah alat promosi yang paling terjangkau loh. Apalagi jika Sobat MEA sudah berpengalaman dan bisa menggunakannya dengan baik. Yup, banyak pebisnis online hari ini yang nggak tahu kalau teknik merchandising ini sangat bermanfaat apalagi untuk pebisnis yang punya dana promosi terbatas.

3. Unconsciousness Brand Development

merchandising adalah

Melakukan pemasaran produk menggunakan iklan itu terbilang sudah umum dilakukan. Pastinya hal ini akan membantu banyak pengguna jenuh dan bosan karena terus dijejali iklan terus menerus. Nah karena itu, menggunakan merchandise sebagai media iklan akan sangat unik.

Bahkan, merchandising ini adalah strategi soft selling yang sangat halus dan kadang nggak disadari. Sobat MEA bisa menarik perhatian seorang pembeli lewat alam bawah sadar mereka tanpa memaksa mereka untuk melihat atau menerima pesan promosi yang biasa brand lain gunakan dalam iklan.

4. Easy To Use

Percaya nggak percaya, merchandising adalah strategi promosi yang paling efektif dan paling berguna bagi konsumen. Pasalnya, produk-produk yang digunakan untuk merchandise biasanya mudah digunakan dan bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Merchandise yang populer dibuat oleh brand-brand besar seperti pulpen, tote bag, notes sampai sticker.

5. Long Lasting

Kembali lagi pada sarana iklan, merchandise sendiri jauh lebih tahan lama dibanding iklan biasa. Maksudnya, sebuah iklan akan terus dipromosikan jika memang Sobat MEA memiliki modal untuk menayangkannya. Jika waktu penayangan habis, maka iklan Sobat MEA juga akan hilang.

Hal ini berbanding terbalik dengan merchandise. Merchandise adalah sarana iklan yang paling tahan lama karena durasinya menyesuaikan dengan penggunaan merchandise oleh konsumen itu sendiri.

Nah itulah pengertian, fungsi dan juga manfaat dari merchandise. Sekali lagi, sebagai pemilik brand atau bisnis, Sobat MEA harus memahami bahwa merchandising adalah teknik promosi yang efektif dalam meningkatkan penjualan. Semoga saja Sobat MEA bisa menerapkan strategi merchandising ini pada brand atau produk bisnis Sobat MEA ya!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.