4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Pembayaran Online Untuk Bisnis

by Husna Rahman
aplikasi pembayaran online

Dulu, bayar tagihan bisnis hanya bisa menggunakan uang tunai/transfer bank, sekarang itu berubah sejak ada aplikasi pembayaran online. Tidak hanya di business to consumer (B2C), pembayaran digital juga hadir untuk mempermudah transaksi bisnis yang rumit. 

Dilansir dari Dailysocial, 83,3% dari jumlah UMKM di Indonesia sudah menerapkan digitalisasi (sekitar 24 juta UMKM). Selain itu, perusahaan berskala besar juga telah mengadopsi hal serupa untuk mempermudah operasional bisnis mereka. Apakah kamu juga sudah? Jika belum, padahal ada 5 manfaat penting lho yang bisa kamu dapatkan seperti:

1. Buyer Bebas Memilih Metode Pembayaran Yang Diinginkan

Menurut studi dari business.com, bisnis yang menawarkan lebih dari satu metode pembayaran, keuntungannya bisa meningkat 65%. Ini juga sekaligus mempercepat proses pembayaran.

Kenapa? Keberagaman opsi pembayaran memberi customer kebebasan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, sehingga mengurangi potensi hambatan dan mempercepat proses transaksi.

2. Pencocokkan Pembayaran Otomatis

aplikasi pembayaran online

Pengecekan pembayaran masuk seringkali memakan waktu yang lama dan rawan akan human error. Namun, masalah ini tidak perlu kamu khawatirkan jika mengandalkan aplikasi pembayaran digital.

Setiap pembayaran yang masuk akan berubah secara otomatis. Dengan begitu, kamu hanya perlu mengecek dashboard tanpa harus follow up. Apalagi, buyer kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang sama, sehingga bisa saling merasakan keuntungan dengan bertransaksi dalam satu platform

3. Perlindungan dan Keamanan Data

Keamanan yang diberikan oleh aplikasi pembayaran online juga membawa dampak positif pada tingkat kepercayaan pelanggan. Dalam lingkungan digital yang sering kali penuh dengan risiko, pelanggan merasa lebih percaya diri saat melakukan pembayaran online karena mereka tahu bahwa informasi mereka aman.

Hal ini tidak hanya mempengaruhi keputusan mereka untuk berbelanja atau bertransaksi secara online, tetapi juga dapat memperkuat hubungan antara pelanggan dan bisnis, menciptakan dasar yang lebih kuat untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.

4. Proses Transaksi Lebih Cepat

aplikasi pembayaran online

Dengan pembayaran yang dapat diproses dengan cepat, buyer tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan konfirmasi pembayaran dan pengiriman produk. Ini menjadi poin plus yang membuat buyer makin nyaman bertransaksi sekaligus meruntuhkan konsep pembelian B2B yang selama ini ribet jadi lebih simpel. 

Buyer hanya tinggal klik payment link yang dikirimkan via WhatsApp atau Email. Setelah itu, mereka bisa bebas memilih metode pembayaran yang diinginkan, layaknya belanja di marketplace. Tentunya, lebih mudah dan bisa dilakukan dari gawai langsung. 

Dengan semua manfaat ini, adopsi aplikasi pembayaran online menjadi pilihan yang bijak untuk bisnis apa pun. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Jadi, jika kamu ingin bisnis kamu menjadi lebih praktis dan menguntungkan, pertimbangkan untuk mengintegrasikan aplikasi pembayaran online dalam operasi bisnis kamu sekarang.

Artikel ini merupakan hasil kolaborasi Mea Exchange & Paper.id

You may also like

Leave a Comment