Mengenal Label Pengiriman Shopee, Keuntungan, & Cara Cetaknya

label pengiriman shopee

Dalam era digital seperti sekarang ini, belanja online telah menjadi tren yang sangat populer di kalangan masyarakat, seperti melalui e commerce Shopee. Salah satu fitur yang sangat membantu dalam proses pengiriman barang di Shopee adalah label pengiriman. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang label pengiriman Shopee dan bagaimana fitur ini dapat memudahkan proses pengiriman barang secara efisien.

Apa Itu Label Pengiriman Shopee?

Label pengiriman Shopee adalah tanda atau kode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak paket yang akan dikirim. Setiap paket yang dijual melalui platform Shopee harus memiliki label pengiriman yang valid. 

Label ini berisi informasi penting seperti alamat pengiriman, nama penerima, nomor telepon, dan nomor pesanan. Label pengiriman ini harus dicetak dan ditempelkan pada paket sebelum dikirim ke kurir atau jasa pengiriman yang bekerja sama dengan Shopee.

Keuntungan Menggunakan Label Pengiriman Shopee

Salah satu keuntungan utama menggunakan label pengiriman Shopee adalah kemudahan dalam mengelola pengiriman barang. Setelah penjual menerima pesanan dari pembeli, mereka dapat dengan mudah mencetak label pengiriman melalui fitur yang disediakan oleh Shopee

Setelah mencetak label pengiriman, penjual hanya perlu menempelkannya pada paket dan menyerahkan paket tersebut ke kurir atau jasa pengiriman yang telah ditentukan. Dengan menggunakan fitur ini, proses pengiriman barang menjadi lebih efisien dan terorganisir.

Selain itu, tentunya masih banyak keuntungan lainnya dari penggunaan label pengiriman alamat Shopee. Berikut beberapa keuntungan tersebut, di antaranya:

Pengen Belajar Jualan di Shopee GRATIS?

Yuk, gabung komunitas seller Shopee MEA! Dan kupas tuntas semua rahasia sukses jualan di Shopee beserta bimbingannya. GRATIS!!!

Melacak Status Pengiriman Lebih Mudah

Tidak hanya bagi penjual, label pengiriman di Shopee juga memberikan keuntungan bagi pembeli. Ketika pembeli melakukan pembelian melalui Shopee, mereka akan menerima nomor resi pengiriman yang terkait dengan pesanan mereka. 

Dengan menggunakan nomor resi ini, pembeli dapat melacak status pengiriman barang mereka secara online. Mereka dapat mengetahui kapan paket telah dikirim, berada di mana saat ini, dan perkiraan waktu kedatangannya. Hal ini memberikan transparansi dan kepercayaan kepada pembeli mengenai proses pengiriman barang yang mereka beli.

Pengiriman Barang Lebih Aman

Selain fitur pelacakan pengiriman, label Shopee juga berperan penting dalam keamanan pengiriman barang. Dengan menggunakan label pengiriman yang valid, paket dapat diidentifikasi dengan mudah dan dikirimkan ke alamat yang tepat. 

Ini mengurangi risiko kesalahan pengiriman seperti paket yang tersesat atau dikirim ke alamat yang salah. Selain itu, label pengiriman juga mencantumkan informasi kontak penting, seperti nomor telepon penerima, sehingga kurir atau jasa pengiriman dapat menghubungi penerima jika ada masalah atau pertanyaan terkait pengiriman.

Memiliki Banyak Opsi Pengiriman

Shopee juga memberikan berbagai opsi pengiriman yang dapat dipilih oleh penjual, dan label pengiriman alamat Shopee memungkinkan penjual untuk mengelola opsi pengiriman ini dengan mudah. Misalnya, penjual dapat memilih opsi pengiriman kilat untuk pengiriman yang cepat, atau opsi pengiriman reguler untuk pengiriman yang lebih ekonomis. 

Dalam proses mencetak label pengiriman, penjual dapat dengan mudah memilih opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Ini memberikan fleksibilitas dan kontrol kepada penjual dalam mengatur pengiriman barang mereka.

Gabung Shopee Mastery

Untuk mantapkan omzet hingga naik berkali-kali lipat, orderan yang sampai puluhan ribu tiap bulan dengan strategi yang mudah di sini!

Memperkuat Branding Bisnis

Selain kemudahan penggunaan dan manfaat yang disebutkan di atas, label pengiriman alamat dari Shopee juga memberikan keuntungan dalam hal branding. Label pengiriman dapat mencantumkan logo dan nama toko penjual, memberikan identitas visual yang konsisten dengan merek penjual. 

Ini membantu meningkatkan kesan profesional dan meningkatkan citra toko online di mata pembeli. Dengan memiliki label pengiriman yang terlihat menarik dan rapi, penjual dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko mereka.

Cara Mencetak Label Pengiriman Shopee

Tapi perlu Sobat MEA ingat, penggunaan label ini hanya berlaku untuk pengiriman melalui jasa pengiriman yang bekerja sama dengan Shopee. Penjual harus memastikan bahwa mereka memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memiliki kemitraan dengan Shopee. 

Selain itu, penjual juga harus memastikan bahwa mereka mencetak label pengiriman dengan benar dan menempelkannya dengan aman pada paket. Kesalahan dalam mencetak atau menempelkan label pengiriman dapat menghambat proses pengiriman dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi penjual dan pembeli.

Dalam artikel ini, MiMe juga akan menjelaskan langkah-langkah untuk mencetak label kirim barang dari Shopee yang mudah diikuti. Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA memang sudah membuat pesanan yang akan dikirim melalui platform Shopee. Lalu silakan ikuti langkah-langkah untuk mencetak label pengiriman Shopee berikut ini:

Masuk ke Akun Shopee

Buka aplikasi Shopee di perangkat HP atau akses situs web resmi Shopee. Masuk ke akunmu dengan menggunakan ID pengguna dan kata sandi yang terdaftar. Pastikan Sobat MEA memiliki koneksi internet yang stabil untuk menghindari gangguan dalam proses cetak label pengiriman.

Buka Menu Pesanan

Setelah masuk ke akun Shopee, temukan dan buka menu Pesanan di bagian bawah layar. Di sini, Sobat MEA akan menemukan semua pesanan yang telah Sobat MEA buat dan harus dikirim.

Pilih Pesanan yang Akan Dikirim

Cari pesanan yang ingin Sobat MEA cetak label pengirimannya. Klik pesanan tersebut untuk membuka halaman rincian pesanan. Pastikan untuk memeriksa informasi pesanan dengan teliti, termasuk alamat pengiriman dan barang yang akan dikirimkan.

Jualan Makin Mantul dengan Shopeasytools!

Kalau gak mau strategi yang ribet, MEA masih punya strategi yang jauh lebih praktis yaitu boost pake tools canggih! Yuk, rasakan manfaat Shopeasytools!

Cetak Label Pengiriman

Di halaman rincian pesanan, cari dan klik tombol Cetak Label atau Cetak Resi yang biasanya terletak di bagian bawah halaman. Shopee akan menghasilkan label pengiriman yang telah disesuaikan dengan pesananmu. Pastikan Sobat MEA memiliki printer yang terhubung ke HP mu dan siap digunakan.

Verifikasi dan Cetak

Sebelum mencetak label pengiriman, pastikan untuk memeriksa kembali informasi yang tertera di label tersebut. Pastikan nama dan alamat penerima, alamat pengirim, dan informasi barang yang dipesan sudah benar. Jika semuanya terlihat baik, klik tombol Cetak dan biarkan printer mencetak label pengiriman dari Shopee tersebut.

Pasang Label Pengiriman ke Paket

Setelah label pengiriman alamat Shopee dicetak, lepaskan label dari printer dan pasang label tersebut pada paket yang akan dikirim. Pastikan label terpasang dengan rapi dan aman pada paket, agar tidak mudah lepas atau rusak selama proses pengiriman.

Itulah langkah-langkah sederhana untuk mencetak label pengiriman Shopee. Dengan fitur ini, Sobat MEA dapat dengan mudah mengatur pengiriman barang yang dipesan oleh pelangganmu melalui Shopee. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.