Meski Sederhana, Inilah 5 Kegunaan Canva yang Penting Untuk Bisnis!

kegunaan canva

Pada era digital, desain grafis telah menjadi salah satu elemen penting dalam berbagai bidang, baik itu dalam dunia bisnis, pendidikan, maupun kehidupan pribadi. Desain grafis yang menarik dan estetis dapat memberikan dampak positif dalam menyampaikan pesan, membangun merek, dan meningkatkan daya tarik visual. Maka artinya perlu mengetahui kegunaan Canva.

Ingin Tahu Tips n Trik Cuan dengan Canva?

Yuk diskusi bareng kreator Canva profesional dan berpengalaman dan bongkar semua tips n trik suksesnya di komunitas kreator MEA!

Tapi tidak semua orang memiliki kemampuan desain yang tinggi atau akses ke perangkat lunak desain yang mahal. Itulah mengapa Canva hadir sebagai solusi, sebuah platform desain grafis online yang mempermudah pengguna dalam membuat desain profesional tanpa harus memiliki keahlian khusus. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelajahi kegunaan Canva dan mengapa platform ini menjadi pilihan utama bagi berbagai kalangan. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Saja Kegunaan Canva Bagi Kreator?

Meski tergolong efisien, Canva memiliki berbagai kegunaan yang sangat bermanfaat bagi kreator maupun pebisnis. Canva bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Ada banyak fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan dari Canva baik fitur gratis maupun berbayar. Fitur berbayar biasanya akan ditandai dengan emblem “Pro”, sedangkan fitur gratis biasanya memiliki watermark. Kemudian hasil desainnya bisa Sobat MEA simpan dalam beberapa format seperti jpg, png, hingga pdf.

Jasa Desain Konten Sosmed Profesional

Ciptakan konten promosi lebih menarik dengan desain yang ciamik. Yuk, kerja bareng tim desain profesional MEA untuk ciptakan tampilan sosmed yang lebih WOW!

Canva, didirikan pada tahun 2012 oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams, telah berevolusi menjadi salah satu platform desain grafis terkemuka di dunia. 

Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur yang lengkap, Canva memungkinkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk membuat desain yang menakjubkan dengan cepat dan mudah.

Kira-kira ada 5 kegunaan Canva yang bisa dimanfaatkan, antara lain:

Membuat Berbagai Jenis Konten Promosi

kegunaan canva

Di era bisnis online yang semakin canggih ini, semakin banyak pebisnis yang memasarkan produk dan layanan secara digital. Selain bisa menghemat biaya karena tidak perlu sewa toko, pebisnis juga bisa menjangkau konsumen lebih luas. 

Dalam hal ini, tentu saja mereka membutuhkan media branding untuk mempromosikan produk di sosial media. Dalam hal ini, Canva akan sangat membantu penggunanya untuk membuat logo, poster, desain kemasan, hingga promo diskon produk sekreatif mungkin untuk menarik minat konsumen secara efektif. 

Mendesain Thumbnail YouTube

kegunaan canva

Bukan hanya bisnis, Canva juga sering digunakan oleh para youtuber untuk membuat desain thumbnail YouTube yang menarik. Canva menawarkan berbagai template dan animasi keren. Sobat MEA pun bisa memanfaatkannya melalui HP atau Laptop/PC.

Thumbnail YouTube merupakan kilasan video YouTube yang disajikan dalam bentuk gambar. Bisa dibilang, Thumbnail YouTube adalah cover video sebelum diputar. Pembuatannya pun cukup mudah. Sobat MEA hanya perlu mengunggah foto, menambahkan teks dengan font yang sesuai. 

Menyiapkan Video Pembelajaran

kegunaan canva

Jika Sobat MEA adalah seorang guru atau suka berbagi konten edukasi, Sobat MEA bisa banget membuat video pembelajaran yang interaktif dengan Canva. Ya, Canva siap menunjang aktivitas pendidikan.

Melalui fitur-fitur yang tersedia, Canva memungkinkanmu  untuk merekam (dengan webcam atau kamera smartphone), melakukan recording presentasi, hingga menampilkan slide presentasi. Kemudian video pembelajaran yang sudah dirancang tersebut bisa diunduh dan dibagikan ke sosial media. 

Mempercantik Slide Presentasi yang Interaktif

Selain itu, Canva juga akan memudahkanmu dalam merancang desain presentasi menjadi lebih menarik dan interaktif. Sobat MEA bisa eksplor kreativitas kamu dengan menambahkan berbagai tema desain presentasi, template, dan animasi keren yang tersedia. 

Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur “sisipkan video” dan “sisipkan link” membuat slide presentasi menjadi lebih keren. Tentunya memiliki tampilan layar yang sederhana dan mampu membuat para pengguna merasa nyaman. 

Ada Fitur Untuk Mendesain Bersama Teman

Butuh kerja bareng tim? Canva semakin memudahkanmu melalui fitur “menambah kontributor”. Fitur ini memungkinkanmu untuk menambah rekan dan menyelesaikan pekerjaan bersama dengan menambahkan email rekan yang ingin diajak bekerja sama 

Selain itu, Sobat MEA juga lebih mudah memaksimalkan penggunaan fitur “menambah kontributor” untuk berkolaborasi dan memadukan ide kreatif bersama rekan kerja. 

Strategi Desain Gambar yang Anti Mainstream

Bosan dengan model desain yang gitu-gitu aja? Saatnya bikin yang berbeda dengan mudah! Dapatkan strategi jago desain hanya di sini!

Bagaimana? Menarik, bukan? Selain kegunaan Canva yang telah disebutkan, Canva juga digunakan dalam banyak konteks kreatif lainnya. Fotografer menggunakan Canva untuk membuat portfolio online yang menarik, blogger menggunakan Canva untuk membuat ilustrasi dan grafik blog yang menarik, dan bahkan orang-orang biasa menggunakan Canva untuk membuat kartu ucapan, undangan pesta, atau kartu hadiah yang personal. 

Apakah Sobat MEA seorang profesional desain grafis atau pemula yang ingin menghasilkan desain menarik? Canva cocok menjadi alat yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan desain grafis Anda dengan mudah, cepat, dan efektif. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.