7 Manfaat Jasa Pembuatan Website Caleg Beserta Prosesnya. Tahu?

jasa pembuatan website caleg

Hari ini, kampanye politik sudah mulai berkembang. Partai maupun calon legislatif dan eksekutif kini wajib untuk melakukan kampanye digital agar bisa relevan dengan generasi muda. Platform seperti media sosial dan website seorang calon legislatif menjadi hal yang wajib aktif. Karena itu, menggunakan jasa pembuatan website caleg atau jasa kampanye digital harus masuk dalam budgeting dalam sebuah kampanye pemilu hari ini.

Hari ini, melakukan kampanye konvensional tanpa dibarengi dengan kampanye digital nggak akan cukup untuk memenangkan sebuah ajang pemilu. Alasannya, hampir sebagian besar pemilih di pemilu 2024 adalah generasi muda yang sangat aktif di dunia digital. Karenanya, melakukan aktivasi digital adalah hal yang sangat penting.

5 Manfaat Website Untuk Kampanye Caleg

Mau belajar digital marketing langsung sama para pelakunya?

Yuk gabung di Komunitas Bisnis MEA GRATIS!

Salah satu media kampanye digital caleg yang paling umum dan efektif adalah website. Sama seperti bisnis, website adalah rumah digital bagi para calon legislatif. Dengan website, seorang calon legislatif bisa melakukan personal branding, memberi edukasi sampai merilis publikasi terkait visi dan misinya.

Tapi membuat website bukanlah hal yang sederhana. Jika memang kurang familiar dengan dunia digital, membuat dan mengelola website adalah hal yang sulit. Agar lebih sederhana, menggunakan jasa pembuatan website caleg adalah jawabannya. Tapi, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa satu ini? Nah berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

1. Meningkatkan Visibilitas

Manfaat pertama dari adanya website atau menggunakan jasa pembuatan website caleg adalah peningkatan visibilitas. Maksudnya, dengan memiliki website sendiri, seorang politisi atau peserta pemilik akan memiliki kanal resminya sendiri untuk memperkenalkan ide serta gagasannya.

Hasilnya, saat pemilih atau media mencari tahu mengenai profil seorang caleg, website akan menampilkan profil, gagasan sampai visi misi secara utuh dan bukan hanya kutipan dari media semata. Pasalnya, dalam website seorang caleg bisa menampilkan

  • Profil mulai dari riwayat hidup, pendidikan, pengalaman organisasi dll
  • Visi, Misi & program
  • Gagasan dalam bentuk tulisan ataupun video

2. Media Kampanye yang Efektif

Alasan banyak politisi yang menggunakan jasa pembuatan webiste caleg adalah karena website merupakan media kampanye yang efektif, betahan lama dan tanpa batas. Seorang politisi bisa menyampaikan gagasan tanpa batas dalam website. Belum lagi, website cenderung lebih efektif dan juga jauh lebih mudah daripada mencetak baliho dan poster.

3. Lebih Mudah Menjangkau Generasi Muda

Website merupakan salah satu platform digital yang sering dikunjungi oleh para generasi muda. Seperti sudah disinggung sedikit, mayoritas pemilih tahun 2024 adalah generasi muda. Karena itu, menggunakan media yang dapat diakses oleh milenial dan generasi Z menjadi sangat-sangat penting.

4. Lebih Transparan

Website adalah media yang lebih transparan dan dapat diakses oleh semua orang. Karena itu, website sendiri digunakan sebagai tempat publikasi aktivitas kampanye dan kegiatan politik lain. Dengan berita dan konten yang dibagikan politikus, masyarakat bisa melihat bagaimana gagasan, kepedulian dan transparansi seorang calon legislatif terhadap isu tertentu.

5. Meningkatkan Partisipasi dan Aksesibilitas

Adanya website juga dapat meningkatkan partisipasi para pendukung seorang cale. Seorang calon legislatif bisa membagikan materi poster, spanduk, foto sampai QRCode yang bisa dicetak untuk mengakses halaman website. Selain itu, seorang calon legislatif juga lebih mudah dihubungi oleh masyarakat maupun oleh media. Singkatnya, tingkat aksesibilitas seorang caleg akan meningkat dengan adanya website.

5 Layanan Jasa Pembuatan Website Caleg

Tingkatkan personal branding kamu dengan TikTok Ads

Yuk pakai jasa iklan TikTok MEA sekarang juga!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

1. Menyediakan Desain Website Premium

Sebuah jasa pembuatan website caleg biasanya menyediakan pilihan desain website dengan kualitas premium. Calon legislatif tinggal memilih desain yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Umumnya, desain-desain website yang disediakan bisa disesuaikan baik secara font, penempatan headline sampai warna yang mencerminkan partai.

2. Layanan Graphic Desain & Copywriting

Selain desain website, penyedia jasa pembuatan website caleg juga biasanya memberi layanan graphic desain dan juga copywriting. Seorang politisi tinggal mengirimkan foto dan materi apa saja yang akan masuk ke dalam desain. Tim pembuatan website biasanya secara khusus memiliki orang profesional di bidang graphic desain dan juga copywriting.

3. Penyediaan Server & Domain Website

jasa pembuatan website caleg

Saat menggunakan jasa pembuatan website, caleg nggak perlu memikirkan hal teknis seperti server dan domain. Biaya sewa server domain biasanya sudah termasuk dalam paket jasa sehingga seorang caleg tinggal menggunakan dan memaksimalkan websitenya saja.

4. Content Management System (CMS)

CMS adalah hal yang vital dalam sebuah website. Dengan menggunakan jasa, seorang politisi atau tim pemenangan pemilu caleg bisa mengupdate konten setiap saat. CMS sendiri adalah singkatan dari Content Management System. CMS merupakan bagian dari website yang berguna untuk digunakan sebagai penambah atau pengupdate sebuah konten website.

5. Konsultasi dan Training

Umumnya, penyedia jasa pembuatan website caleg juga selalu memberi layanan konsultasi gratis untuk memastikan website yang digunakan oleh caleg bisa berjalan dengan baik tanpa masalah. Jika memang bagus, seorang caleg atau tim pemenangannya akan mendapat training atau pelatihan bagaimana cara membuat konten atau mengoperasikan website secara mandiri.

Proses Menggunakan Jasa Pembuatan Website Caleg

Mau jadi caleg tapi skill public speaking kurang?

Belajar Public Speaking dari 0 dengan cepat di Kelas Speaking Power MEA

Setelah mengetahui manfaat serta layanan-layanan dalam jasa pembuatan website caleg, kita juga akan melihat bagaimana sih proses umum pengerjaan website jiga menggunakan jasa satu ini. Nah berikut ini adalah alur kerja atau proses yang akan dilewati seorang calon legislatif saat ingin menggunakan jasa ini.

Konsultasi

Proses pertama tentu saja adalah konsultasi. Calon legislatif akan berkonsultasi mengenai keinginan dan kebutuhannya dalam membuat website. Bisa untuk edukasi, kampanye digital dan masih banyak keinginan-keinginan lainnya.

Menentukan Desain dan Domain

Selanjutnya adalah menentukan desain dan juga domain. Karena sudah di buatkan, caleg tinggal memilih salah satu desain yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan. Oiya, caleg juga bebas menentukan nama domain yang akan digunakan. Umumnya, para caleg menggunakan namanya sendiri untuk sebagai nama domain website.

Pengiriman atau Pembuatan Materi Konten

Jika desain dan nama domain sudah dipilih, maka hal selanjutnya adalah pengiriman atau pemuatan konten. Caleg bisa mengirimkan konten dan gambar atau foto yang akan dimasukan ke dalam website. Jika tidak punya foto yang sesuai, penyedia jasa juga umumnya akan membantu menyediakan tentu dengan biaya tambahan. Meski begitu, hasilnya dijamin berkualitas dan cocok untuk website.

Editing & Mulai Desain

Pembuatan desain dimulai setelah caleg mengirimkan materi konten. Tim jasa akan melakukan eiditing gambar, foto dan teks yang dikirimkan untuk nantinya disesuaikan dengan desain website yang sebelumnya sudah dipilih oleh caleg.

Revisi

Suatu project pasti memiliki kekurangan-kekurangan tertentu. Karena itu, penyedia jasa pembuatan website caleg biasanya menyediakan revisi. Pembuat website biasanya akan mempresentasikan hasil akhir website untuk caleg review. Jika ada kekurangan, caleg bisa meminta revisi.

Website Siap Digunakan

Jika sudah nggak ada revisi lagi, maka proses pembuatan selesai. Jika sudah disetujui, website sudah siap mengudara dan mulai bisa diisi dengan konten, publikasi dan mater-materi lain. 

Nah itulah penjelasan mengenai jasa pembuatan website caleg, manfaat, layanan sampai proses pengerjaannya. Hari ini jasa pembuatan website caleg menjadi bisnis yang cukup diminati mengingat adanya tahun pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.