Tanpa Tampilkan Wajah, ini 7 Ide Konten Faceless Instagram

by Fanny
ide konten faceless instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Tentunya platform ini bisa Sobat MEA gunakan untuk memaksimalkan brand awareness dengan membuat konten yang menarik. Namun, kami memahami bahwa tidak semua orang bisa tampil percaya diri untuk membuat konten di depan kamera.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 7 ide konten faceless Instagram yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk kebutuhan pribadi, konten promosi, atau bisnis. Penasaran? Yuk simak selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Konten Faceless Instagram?

Mau Konten Banjir Engagement?
Gabung ke komunitas yang dipandu oleh pebisnis berpengalaman dan dapatkan ilmunya sekarang. GRATIS!

Sebelum membagikan 7 ide konten faceless Instagram, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu konten faceless. Sesuai namanya, konten faceless adalah konten yang tidak menunjukkan wajah kreatornya. Konten jenis ini tetap bisa Sobat MEA lakukan dengan menunjukkan bagian tubuh lain seperti tangan, punggung, atau kaki. Namun area wajah tetap tidak terlihat. Atau bahkan Sobat MEA juga bisa tidak menunjukkan diri sama sekali.

Mungkin Sobat MEA bertanya-tanya mengapa tidak sedikit orang yang membuat konten dengan konsep seperti ini. Ada beberapa alasan mengapa konten faceless ini dilakukan oleh banyak konten kreator. Salah satunya adalah karena tidak semua orang merasa percaya diri untuk menampilkan wajahnya di depan kamera. Rasa tidak percaya diri ini bisa mempengaruhi cara komunikasi, gaya dalam menyampaikan konten, dan kualitas konten yang dibuat.

7 Ide Konten Faceless Instagram

Saatnya dapat penghasilan dari konten sosial media kamu!
Yuk langsung aja gabung ke program MCN Shopee & TikTok MEA sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Setelah mengetahui apa itu konten faceless Instagram serta alasan dibaliknya, sekarang saatnya kami membagikan 7 ide konten faceless Instagram yang bisa Sobat MEA terapkan untuk Instagram Story, Feeds, hingga Reels agar tetap menarik. Yuk simak!

1. Tips and Trick

Ide konten faceless Instagram yang pertama adalah membuat konten berupa tips and trick. Sobat MEA bisa membuat konten berupa single image pada Feed dan cantumkan poin-poinnya pada desain unggahan. 

Kemudian jelaskan lebih panjang di bagian caption. Konten ini juga bisa Sobat MEA buat dalam bentuk carousel dengan penjelasan singkat pada setiap poin di setiap halamannya.

Untuk konten jenis ini, pastikan Sobat MEA menggunakan background foto yang sesuai dengan topik yang dibicarakan, ya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan audiens dalam menerima dan memahami konten yang dibuat.

2. Tutorial

Kesulitan bikin konten Instagram yang menarik?
Tenang aja, Tim MEA siap membantu mulai dari bikin konten hingga optimasinya!

Konten tutorial menjadi ide konten faceless Instagram berikutnya. Sobat MEA bisa membagikan konten yang edukatif untuk audiens tanpa harus menampakkan wajah sendiri. Namun tentu saja Sobat MEA membutuhkan perlengkapan lain agar konten tutorial ini bisa dilihat dengan jelas, sehingga Sobat MEA perlu menggunakan tripod atau alat lainnya.

3. ASMR

ide konten faceless Instagram

Sampai saat ini, konten ASMR masih menjadi salah satu jenis konten yang diminati oleh banyak orang. Pada awalnya, konten ASMR yang banyak diunggah adalah jenis konten mukbang atau konten siaran makanan dengan mengedepankan suara kunyahan kreatornya. 

Namun saat ini, konten ASMR sudah lebih luas dan merambah ke berbagai topik. Beberapa contohnya adalah ASMR skincare, bersih-bersih, refil isi kulkas, dan masih banyak konten lainnya.

Salah satu keuntungan dari jenis konten ini adalah Sobat MEA tidak perlu membuat voice over atau memilih musik sebagai latar belakang, karena ASMR sendiri mengedepankan pada suara yang dihasilkan oleh setiap barang yang ditampilkan. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memiliki alat perekam suara yang memadai agar menghasilkan konten ASMR yang memuaskan.

4. Infographic

contoh disclaimer bahasa Indonesia

Ide konten faceless Instagram berikutnya bisa Sobat MEA buat dalam bentuk infografik seperti ini. Selain membagikan informasi yang faktual, Sobat MEA juga tidak perlu menampilkan wajah atau bagian tubuh lainnya. Pastikan agar konten yang dibuat sudah sesuai dengan data yang ada gara tidak misinformasi, ya!

5. Review

Sobat MEA juga bisa menjadikan konten review sebagai salah satu ide konten faceless Instagram. Review atau ulasan produk tidak membutuhkan Sobat MEA untuk menampilkan wajah atau bagian tubuh lainnya. Seperti misalnya saja Sobat MEA membuat konten review pakaian, maka Sobat MEA bisa memfokuskan pada detail pakaiannya seperti bahan, motif, desain, jahitan, dan detail lainnya.

6. Quote

ide konten faceless Instagram

Ide konten faceless Instagram berikutnya bisa Sobat MEA buat dalam bentuk quotes atau kutipan kata-kata bijak dan inspiratif. Mungkin unggahan seperti ini tidak langsung mempengaruhi bisnis, namun bisa Sobat MEA jadikan sebagai selingan agar tidak ‘jualan’ mulu ke audiens. 

Artikel Terkait  10 Cara Membuat Video Animasi di CapCut. Animator Merapat!

Berikan kutipan yang relevan dan sesuai dengan masalah yang sering dihadapi, sehingga Sobat MEA tetap akan bisa mendapatkan engagement yang tinggi dari unggahan seperti ini.

7. Konten Promosi

Last but not least, ide konten faceless Instagram berikutnya adalah dengan mengunggah konten promosi. Sobat MEA bisa membagikan konten berupa diskon, cachbackfree gift, atau promosi lainnya yang bisa meningkatkan keinginan audiens untuk membeli produk Sobat MEA.

Itu dia 7 ide konten faceless Instagram yang bisa Sobat MEA coba untuk bisnis atau konten harian pribadi. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment