Cara Retur Barang di Shopee. Mudah dan Prosesnya Cepet Loh

Cara Retur Barang di Shopee

Sobat MEA pasti pernah mengalami produk yang dating sesudah memesan secara online tidak sesuai, seperti ukuran berbeda kemudian mengajukan tukar ukuran. Bagaiman cara untuk retur barang di Shopee ?

Walaupun tidak sering terjadi saat membeli barang pada marketplace Shopee, seperti barang tidak sesuai atau ukuran produk salah.

Hal ini membuat pembeli berharap bisa mengajukan pengembalian barang dan dana pada penjual.

Shopee Mastery Premium

Perdalam pemahaman kalian mengenai Shopee, dengan join di Kelas Shopee Mastery Premium dari MEA

Jadi bagaimana cara untuk retur barang di Shopee pada penjual dan pengajuan tersebut agar mendapat persetujuan dari seller atau tidak, berikut hal yang perlu Sobat MEA ketahui.

Syarat untuk retur barang

Sobat MEA harus mengetahui terlebih dahulu, sayarat untuk mengajukan pengembalian barang sebagai berikut :

  1. Pengajuan bisa Sobat MEA lakukan jika barang atau pesanan belum diterima, produk rusak, produk tidak sesuai pesanan
  2. Pengajuan akan terproses apabila mendapat persetujuan seller
  3. Penjual dapat menolak pengembalian barang, jika alasan tidak kuat
  4. Memiliki kesepakatan Bersama apabila barang rusak, bisa mengajukan pengembalian barang
  5. Tidak boleh melewati masa waktu garansi Shopee

6. Harus memasukan bukti kesalahan saat barang dating

7. Belum menyelesaikan transaksi dengan menekan Pesana Diterima

8. Pengembalian dana akan penjual setujui, apabila barang sudah ada pada penjual

9. Dana akan Kembali dalam bentuk ShopeePay sesuai dengan metode pembayaran

Marketplace (e-commerce) Management

Ayo bikin bisnis kalian semakin meningkat, dengan menggunakan Jasa Marketplace (e-commerce) Management dari MEA

Cara pengajuan retur barang pada Seller Shopee

Ketika Sobat MEA ingin melakukan retur barang, ada dua cara yang akan disesuaikan dengan jenis toko, seperti Shopee Mall dan Star Seller Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Buka profile > klik menu Saya pada pojok kanan
  3. Masuk pada Pesana Saya, lalu pilih Dikirim
  4. Pilih produk yang akan dikembalikan lalu, tekan halaman Rincian Pesanan
  5. Pada bawah pesnan pilih tulisan Ajukan Pengembalian
jualan di shopee

6. Berikan Alasan pengajuan pengembalian barang, sesuai dengan kondisi produk saat dating

7. Masukan bukti berupa foto, lalu masukan keterangan retur barang pada kolom Keternagan

8. Pilih jasa pengiriman agar bisa mendapatkan gratis ongkir, lalu klik Konfirmasi

9. Massukan Alamat Email aktif

10. Kilik Kirimkan selesai, tinggal menunggu tanggapan dari penjual

Cara pengajuan retur barang pada Shopee Mall

Untuk caranya tidak berbeda dengan Star Seller Shopee, untuk caranya sebagai berikut ini :

Shopeasytools

Mudahkan bisnis kalian di Shopee, dengan menggunakan Shopeasytools dari MEA
  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Pesanan Saya dan klik menu Dikirim
  3. Pilih produk yang akan Sobat MEA kembalikan pada penjual
  4. Ajukan Pengembalian yang ada pada pojok kiri
  5. Berikan alasan pengajuan pengembalian barang, berikut beberapa kebijakannya :
  • Tidak menerima pesanan
  • Produk tidak lengkap
  • Menerima produk yang salah
  • Menerima produk yang rusak
  • Produk tidak asli
  1. Berikan bukti foto produk dan keterangan
  2. Pilih solusi yang Sobat MEA inginkan
  3. Terdapat dua pilihan solusi, pengembalian dana dan barang dan pengembalian sebagian dana tanpa pengembalian barang
  4. Pilih opsi kirimkan barang

Sudah sampai pada akhir pembahasan mengenai, cara retur barang di Shopee. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat MEA.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.