4 Cara Mengirim Pesan di Shopee Sebagai Penjual dan Manfaatnya Untuk Toko. Simak!

by Fanny
Cara Mengirim Pesan di Shopee

Ada banyak fitur Shopee yang bisa Sobat MEA gunakan untuk meningkatkan penjualan dan menjaga kesetiaan pelanggan. Karena sebagai penjual di Shopee, tentunya Sobat MEA tidak ingin kehilangan pelanggan, bukan? Salah satu cara untuk menjaga pelanggan setia adalah dengan menggunakan fitur chat yang tersedia di Shopee.

Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara mengirim pesan di Shopee dan apa saja manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan mengirimkan pesan kepada konsumen. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah!

Apa Itu Fitur Chat Penjual Shopee

Mau naikin omzet di Shopee?

Yuk gabung ke Komunitas Seller Marketplace MEA sekarang dan langsung diskusi bareng pelaku

Sebelum membahas cara mengirim pesan di Shopee, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu chat atau fitur mengirim pesan yang ada di aplikasi Shopee. Jadi fitur chat Shopee untuk penjual ini dapat Sobat MEA manfaatkan untuk mengelola pesan dan pesanan dari konsumen secara lebih mudah dan efisien.

Ketika kita berjualan online, tidak jarang konsumen akan menanyakan ketersediaan stok produk atau varian tertentu dengan cara mengirim pesan di Shopee. Dengan begitu, Sobat MEA bisa menjawab dan menjelaskan secara langsung kepada konsumen mengenai informasi produk tersebut. Jangan lupa gunakan kata-kata yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh konsumen.

Selain untuk mempermudah pengelolaan pesan dan pesanan, fitur chat Shopee untuk penjual ini juga memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa meningkatkan penjualan dan membuat konsumen menjadi pelanggan tetap, loh!

3 Manfaat Fitur Chat Penjual

Gak punya banyak waktu buat kelola toko sendiri?

Serahkan aja ke tim profesional kami dan nikmati omset naik setiap bulan dengan klik di sini!

1. Meningkatkan Penjualan

Manfaat menggunakan cara mengirim pesan di Shopee yang pertama adalah Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan menjawab pertanyaan dari konsumen, Sobat MEA bisa menjelaskan produk dengan lebih jelas, sehingga membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli produk tersebut saat itu juga.

Selain itu, Sobat MEA juga bisa menawarkan produk baru atau produk lain yang sedang promo potongan harga atau voucher dengan mengirimkan pesan kepada pelanggan yang mengikuti toko Sobat MEA. Dengan begitu, akan ada lebih banyak pengguna Shopee yang melihat produk dan tertarik untuk membeli produk yang Sobat MEA tawarkan.

2. Meningkatkan Peluang Menjadi Star Seller

Salah satu syarat untuk menjadi Star Seller adalah dengan memiliki persentase chat yang dibalas sebesar 70%. Jadi pastikan Sobat MEA untuk selalu membalas pesan konsumen dan menjadi yang terakhir membalas pesan agar bisa meraih skor 70% sesuai ketentuan Shopee.

Perlu diingat juga bahwa kecepatan membalas pesan konsumen ini penting dilakukan agar. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa mendapatkan konfirmasi lebih cepat dari toko Sobat MEA sebelum mereka memutuskan untuk mencari produk serupa di toko lain hanya karena Sobat MEA lama dalam membalas pesan.

3. Memudahkan Operasional Toko

Dengan menggunakan cara mengirim pesan di Shopee, Sobat MEA dapat mengelola operasional toko dengan lebih mudah dan teratur. Sobat MEA juga bisa memanfaatkan fitur auto-reply dengan pembuatan template yang menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen, seperti pertanyaan ketersediaan stok, harga, varian, ukuran, dan lainnya.

Cara Mengirim Pesan di Shopee Sebagai Penjual

Yuk tingkatkan penjualan di Shopee

Dengan gabung ke Kelas Shopee di mana kamu bisa mendapatkan berbagai tips dan trik jualan terbaru!

Nah setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari fitur chat Shopee untuk penjual, sekarang saatnya kami bagikan cara mengirim pesan di Shopee sebagai penjual. Cara mengakses fitur chat penjual dapat Sobat MEA lakukan dengan 3 cara, mulai dari:

1. Melalui Aplikasi Shopee

Cara mengirim pesan di Shopee yang pertama bisa Sobat MEA lakukan melalui aplikasi Shopee. Caranya mudah sekali. Berikut tutorialnya;

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Klik ikon Chat di halaman utama pada sebelah kanan atas.
  3. Pilih pengguna yang ingin Sobat MEA kirimi pesan.
  4. Ketikkan pesan ke kolom yang tersedia.
  5. Klik ikon kirim di sebelah kanan.
  6. Cara mengirim pesan di Shopee sudah selesai!

2. Melalui Shopee Seller Center

cara mengirim pesan di shopee

Cara mengirim pesan di Shopee selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan melalui Shopee Seller Center yang bisa dilakukan dengan:

  1. Buka Shopee Seller Center.
  2. Klik Chat di sebelah kanan bawah pada halaman menu utama.
  3. Pilih pengguna yang ingin Sobat MEA kirimi pesan.
  4. Ketikkan pesan ke kolom yang tersedia.
  5. Klik ikon kirim di sebelah kanan.
  6. Selesai!

3. Melalui Portal Fitur Chat Penjual

Cara ini hampir sama dengan cara mengirim pesan di Shopee yang kedua, di mana Sobat MEA bisa menemukan fitur ini melalui Shopee Seller Center. Berikut langkah-langkahnya:

4. Melalui Website Shopee

Selain menggunakan 3 cara di atas, Sobat MEA juga bisa mengirimkan pesan di Shopee melalui website, loh. Caranya:

  1. Buka Shopee melalui PC, kemudian masuk ke akun Sobat MEA.
  2. Klik logo chat yang ada di sebelah kanan bawah.
  3. Pilih pengguna yang ingin Sobat MEA kirimi pesan.
  4. Ketikkan pesan ke kolom yang tersedia.
  5. Klik ikon kirim di sebelah kanan.
  6. Cara mengirim pesan di Shopee melalui website sudah berhasil dilakukan!

Mudah sekali bukan mengaplikasikan cara mengirim pesan di Shopee? Dengan menggunakan cara ini, Sobat MEA dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat konsumen tersbeut penjadi pembeli setia. Semoga saja artikel ini bisa membantu ya. Aminn!

You may also like

Leave a Comment