Konten Lebih Aman, Gini 10 Cara Menghilangkan Suara Komersial di TikTok. Tahu?

cara menghilangkan suara komersial di tiktok

TikTok telah menjadi sosial media terbesar untuk berbagi video pendek dengan berbagai genre, dari dance hingga tutorial bermanfaat. Salah satu fitur menarik yang disediakan adalah menambahkan suara atau lagu ke dalam video Tapi terkadang lagu yang ingin digunakan memiliki hak cipta sehingga perlu cara menghilangkan suara komersial di TikTok untuk lagu tersebut. 

Jika tidak segera diatasi, maka Sobat MEA bisa terkena pelanggaran hak cipta dan kebijakan komunitas TikTok. Tapi dalam artikel ini, Mime akan menjelaskan beberapa cara menghilangkan suara komersial di TikTok dan tetap menjaga kualitas kontenmu. 

Cara Menghilangkan Suara Komersial di TikTok

Dilansir dari laman TikTok, akun bisnis tidak bisa mengakses Pustaka Musik Umum atau lagu-lagu yang digunakan pengguna di FYP. Hal tersebut karena lagu-lagu tersebut tidak diizinkan untuk digunakan dalam kegiatan bisnis. 

Lagu-lagu ini hanya boleh digunakan untuk hiburan pribadi saja. Artinya pengguna akun bisnis hanya diizinkan menggunakan lagu yang hanya dari pembelian lisensi tersebut. Oleh karenanya, jika ingin kembali bebas menggunakan musik dari FYP TikTok, Sobat MEA bisa beralih ke mode pribadi.

10 Cara Menghilangkan Suara Komersial di TikTok

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Tapi jika Sobat MEA hanya memiliki akun bisnis dan ingin menggunakan lagu tanpa komersial, berikut 10 cara menghilangkan suara komersial di TikTok yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Lagu Bebas Hak Cipta

Pilihan pertama yang patut dipertimbangkan adalah menggunakan lagu atau suara yang bebas hak cipta. Sobat MEA dapat mencari di berbagai situs web yang menyediakan musik bebas hak cipta dan menyinkronkannya dengan video TikTok. 

Dengan memilih lagu bebas hak cipta, Sobat MEA dapat menghindari masalah hak cipta dan tetap mempertahankan daya tarik audio dalam video.

2. Membuat Musik Sendiri

Jika Sobat MEA memiliki keterampilan musik atau akses ke alat-alat musik, Sobat MEA dapat membuat komposisi musik sendiri yang sesuai dengan video TikTok. Ini bisa memberi Sobat MEA kendali penuh atas suara atau sound yang digunakan dalam video dan memberikan sentuhan personal pada kontenmu.

3. Rekam Suara Asli

Alternatif lain adalah merekam suara asli atau suara lingkungan saat merekam video. Ini bisa termasuk suara alam, suara kota, atau bahkan suara-suara sehari-hari. Pendekatan ini memberikan nuansa autentisitas pada video dan membuatnya lebih menarik.

4. Menggunakan Voice-Over

Saatnya scale up TikTok Shop kamu sekarang juga

Yuk kolaborasi bareng tim jasa kelola TikTok MEA sekarang juga!

Sobat MEA juga dapat menggunakan teknik voice-over, dimana Sobat MEA merekam suara sendiri yang menjelaskan atau memberikan komentar pada video. Ini tidak hanya menghilangkan kebutuhan akan suara komersial, tapi juga memberikan konteks tambahan bagi penonton.

5. Menggunakan Efek Suara

TikTok menyediakan berbagai efek suara yang dapat Sobat MEA terapkan pada video. Sobat MEA dapat menambahkan suara tangan yang menggambar atau suara-sound efek lainnya yang sesuai dengan konten. Ini dapat menciptakan nuansa yang berbeda tanpa perlu menggunakan suara komersial.

6. Memanfaatkan Sound Library TikTok

TikTok memiliki perpustakaan suara internal yang dapat digunakan. Sobat MEA dapat menjelajahi berbagai suara yang disediakan oleh platform ini dan menemukan yang sesuai dengan video. Meskipun beberapa suara mungkin populer, Sobat MEA masih bisa mencari opsi yang lebih unik dan cocok dengan isi konten.

7. Kolaborasi dengan Pembuat Suara

Jalan Terbaik Menjadi Kreator yang Asyik

Ya lewat strategi cerdas yang bikin akunmu berkelas! Views dan cuan auto mengalir deras~

Sobat MEA dapat mencari kolaborasi dengan pembuat suara atau musisi independen yang bersedia memberikan suara khusus untuk video TikTok. Ini dapat menciptakan hubungan yang bermanfaat dan juga memberikan konten yang unik.

8. Fokus pada Visual

Jika semua usaha untuk mendapatkan suara yang sesuai tampak sulit, Sobat MEA selalu dapat fokus pada elemen visual dalam video. Dengan menghadirkan tarian yang menarik, gerakan kreatif, atau tampilan visual yang mengagumkan, Sobat MEA dapat mempertahankan daya tarik video tanpa perlu bergantung pada suara.

9. Gunakan Subtitle atau Teks

Tambahkan teks atau subtitle yang relevan dengan konten video. Ini tidak hanya membantu memahamkan pesanmu, tapi juga membuat video lebih menarik dan mudah dipahami oleh penonton yang tidak dapat mendengar suara.

10. Menambahkan Musik Setelahnya

Terakhir, jika Sobat MEA ingin tetap menggunakan lagu komersial, Sobat MEA dapat mengedit video di luar platform TikTok dan menambahkan musik pada tahap pengeditan. Dengan cara ini, Sobat MEA dapat mengontrol bagaimana suara komersial disinkronkan dengan video.

Nah itu dia 10 cara menghilangkan suara komersial di TikTok. Tapi ingat, dalam hal ini, kreativitas adalah kunci. Dengan menggabungkan berbagai teknik di atas, Sobat MEA dapat menciptakan video yang menarik dan unik tanpa perlu bergantung pada suara komersial yang melanggar hak cipta. 

Ingatlah selalu untuk menghormati hak cipta dan mengikuti pedoman yang berlaku saat menciptakan konten di platform TikTok. Selamat berkarya dan semoga sukses!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.