100% Ampuh, Gini 2 Cara Menghapus Komentar Bintang 1 di Shopee!

cara menghapus komentar Shopee

Sebagai pebisnis onlline, kita tentunya ingin bisnis senantiasa berjalan lancar dan mampu menyenangkan pembeli. Tapi kita seringkali masih mendapatkan komentar atau penilaian buruk dari pembeli bahkan ketika kita tidak melakukan kesalahan sekalipun. Oleh karena itu, Kita perlu mencari tahu cara menghapus komentar Shopee agar toko online kembali dipercaya oleh pelanggan.

Penilaian dan komentar buruk dapat mempengaruhi penjualan selanjutnya. Hasilnya, rating toko menurun. Hal ini akan membuat calon pembeli mengecek bagian review terlebih dahulu sebelum memasukkan ke keranjang. Kemudian mereka akan pikir 2x karena komentar buruk tersebut. 

Pertanyaannya, apakah bisa penjual menghapus komentar buruk pembeli di Shopee? Apakah ada cara untuk menghapus komentar tersebut? Selengkapnya, mari kita lanjut baca sampai selesai!

Emang Ada Cara Menghapus Komentar di Shopee?

Sayangnya, Shopee tidak menyediakan opsi hapus rating dan komentar yang pembeli tinggalkan. Di Seller Center Shopee juga hanya menyediakan pilihan balas saja.

Pada hakikatnya, menghapus dan mengubah komentar tersebut hanya bisa dilakukan oleh pembeli dan hanya bisa 1x dalam 30 hari setelah pesanan selesai. Memang sih Shopee menyediakan Customer Service. Kita bisa meminta bantuan pada CS. Tapi harus memenuhi syarat tertentu terlebih dahulu.

Ingin Toko Lebih Maju Tanpa Bintang Satu?

Yuk, bongkar resep terbaiknya di kelas ini!

Dan kemungkinan besar, Shopee juga tidak akan menambahkan fitur hapus penilaian atau komentar pembeli. Mungkin agar penilaian lebih fair langsung dari pembeli yang sudah pernah berbelanja. Nggak kebayang kalau ada fitur ini. Pasalnya bakal ada banyak penjual nakal yang menipu pembeli soal kualitas.

Jadi, sebenarnya penjual nggak bisa menghapus komentar dari pembeli di Shopee, melainkan si pembeli itu sendiri. Oleh karena itu, penjual perlu menghubungi pembeli dan meminta tolong untuk menghapusnya. Tapi penjual juga bisa kok meminta bantuan Customer Service untuk dapat menghapus komentar tersebut. Asalkan memenuhi syarat dan cara di bawah ini.

Cara Menghapus Komentar Bintang 1 di Shopee

cara menghapus komentar shopee

Penilaian bintang 1 memang menyebalkan. Apalagi bintang 1 sangat mempengaruhi nilai kredibilitas dan kesehatan toko kita yang akan terpampang di halaman toko. Penilaian bintang 1 juga dapat mempengaruhi penjualan karena pembeli yang tertarik menjadi tidak ingin membeli karena melihat penilaian tersebut.

Selain itu, bintang 1 juga membuat produk yang kita jual tidak akan ditemukan di halaman pencarian. Karena Shopee senantiasa merekomendasikan penjual dengan rating terbaik. 

Marketplace (E-Commerce) Management

Bintang 1 emang bikin galau. Tenang, kalau kamu gak mau ribet ngurus toko online di Shopee dan hal-hal seperti ini, serahkan saja pada kami. Hubungi sekarang!

Sobat MEA pun mengetahui bahwa ada 5 bintang yang diperlukan agar toko dianggap kredibel. Jika gak sampai 5, minimal bintang 4. Jika bintang 3, maka nilainya standard. Jangan sampai mendapatkan penilaian bintang 2 apalagi 1. 

Lalu bagaimana jika toko Sobat MEA terlanjur mendapatkan bintang 1 dari pembeli? Setidaknya ada 2 cara yang bisa Sobat MEA lakukan agar komentar buruk atau penilaian bintang 1 dapat terhapus. Berikut 2 cara menghapus komentar Shopee:

Berdiskusi dengan Pembeli

Karena tidak ada opsi hapus komentar, maka yang bisa Sobat MEA lakukan adalah berdiskusi dengan pembeli. Ia bisa melakukan perubahan nilai maksimal 1 kali dalam 1 bulan. 

Pertama, Sobat MEA tanyakan terlebih dahulu apa masalah yang terjadi sehingga memberikan penilaian buruk. Apakah terjadi barang yang pecah atau tidak sesuai dengan pesanan. Dengan hal ini, Sobat MEA bisa coba menawarkan barang yang baru sebagai penggantinya. 

Tapi meminta seorang pembeli untuk merubah penilaian gak mudah. Ada saja pembeli yang gak bisa diajak berdiskusi. Jika demikian, maka yang harus Sobat MEA bisa melakukan cara yang kedua selanjutnya. 

Meminta Bantuan CS Shopee

Untuk menghapus komentar di Shopee dengan cara ini, Sobat MEA perlu bukti yang cukup bahwa Sobat MEA gak melakukan kesalahan apapun.

Contohnya, penilaian bintang 1 akibat barang sampai tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sobat MEA bisa mengumpulkan bukti yang cukup bahwa Sobat MEA telah mengirimkan barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Langkah selanjutnya, pergilah ke pusat bantuan. Sobat MEA dapat menghubungi pihak shopee dengan livechat atau email.

Sebaiknya lakukan pengaduan dengan mengisi form lalu kirimkan melalui email. Karena jika menggunakan livechat, biasanya harus menunggu sedikit lama untuk mendapatkan jawaban dari customer service.

Rahasia Jago Calling Buyer Buat Saldo Lebih Kring-Kring

Selain jago promosi, kamu juga harus jago ngomong biar bintang 5 gak bolong. Yuk, pelajari rahasia ala CS expert sekarang!

Nantinya, Sobat MEA akan menerima email terkait laporan dan diminta untuk memasukkan nomor pesanan serta alasan ingin menghapus bintang 1. Jelaskan secara rinci mengenai masalah yang dihadapi.

Hapus Komentar Lewat CS? Siapkan 3 Hal Ini!

Sebelum Sobat MEA meminta bantuan Customer Service Shopee untuk menghapus komentar buruk di Shopee, Siapkan beberapa hal untuk dikirimkan ke email Shopee. Kira-kira ada 3 hal yang diminta oleh CS, antara lain:

  1. Nomor Pesanan
  2. Bukti Chat meminta persetujuan pembeli menghapus rating
  3. Bukti Pembeli Setuju menghapus rating

Selain itu, cantumkan juga beberapa bukti tambahan untuk memperkuat alasan seperti foto dan lain sebagainya. lalu kirimkan kembali email ke Customer Service Shopee. 

Setelah itu, Sobat MEA tinggal tunggu balasan dari Shopee selama 1-3 hari. Nantinya pihak Shopee akan memberikan beberapa rekomendasi.

Pertama, hubungi pihak pembeli untuk melakukan penghapusan. Tapi jika kemudian gak ada respon maka dapat melakukan langkah selanjutnya.

Lalu Informasikan nomor pesanan dan juga screenshot bukti kepada Shopee bahwa Sobat MEA telah menghubungi pembeli. Setelahnya, pihak shopee akan melakukan peninjauan terhadap pengajuan tersebut.

Selanjutnya, jika pembeli tidak menyetujui permintaanmu, maka Shopee akan menolaknya. Tapi jika pembeli menyetujui, Sobat MEA akan mendapatkan email balasan untuk menginformasikan beberapa hal tambahan.

Salah satunya screenshot penilaian. Setelah itu, tunggu beberapa hari kerja, maka otomatis komentar buruk atau penilaian bintang 1 terhapus oleh pihak Shopee.  

Demikian 2 cara menghapus komentar buruk Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan sebagai penjual di Shopee. Bintang 1 memang menyebalkan, gak mudah untuk dihapus pula, jadi tetaplah memberikan yang terbaik untuk customer supaya gak terjadi lagi ya, Sobat MEA. Semangat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.