4 Langkah Cara Menghapus Akun FB yang di Hack. Ternyata Semudah Itu~

by Fanny
cara menghapus akun fb yang di hack

Akun Facebook bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai sarana berjualan dan berbisnis. Perlu dicatat, ada resiko yang mengintai akun Facebook Sobat MEA. Apalagi jika sudah terbukti akun Sobat MEA bisa menghasilkan uang. Singkatnya banyak orang yang nggak bertanggung jawab yang bisa meretas akun. Karena itu, cara menghapus akun FB yang di hack adalah penting. 

Biasanya para peretas ini sengaja meretas akun Facebook untuk mendapatkan data penting. Atau bahkan menggunakan akun Sobat MEA untuk menyebarkan berita hoax dan informasi salah lainnya. Mereka akan berpura-pura menjadi orang yang memiliki akun tersebut. Pastinya Sobat MEA nggak mau ini terjadi, kan?

Table of Contents

Syarat Menghapus Akun FB yang di Hack

Mau dapat komisi Shopee Affiliate sampai 30% per produk?
Saatnya gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Sebelum tahu bagaimana cara menghapusnya, Sobat MEA harus tahu bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum benar-benar mulai menghapusnya. Nah berikut ini adalah persyaratannya:

  • Memiliki akses ke alamat email atau nomor telepon yan g terkait pada akun atau dapat menjawab pertanyaan kemanan Facebook dan memberikan beberapa informasi tentang akun pada pihak Facebook.
  • Memiliki kata sandi yang kuat dan aman untuk akun baru atau akun lama.
  • Sadar kalau menghapus akun akan menghapus semua data Facebook yang ada di akun. Mulai dari foto, video, pesan, postingan, teman, grup, halaman dan fitur-fitur lain. Sobat MEA tidak bisa mengembalikan data tersebut setelah menghapusnya.
  • Yakin ingin menghapus akun secara permanen dan bukan menghapus akun sementara atau menonaktifkannya.

4 Cara Menghapus Akun FB yang di Hack

Mau tahu cara jualan di Facebook yang baik dan benar?
Yuk gabung ke Komunitas Seller Sosial Media MEA sekarang

Karena akun Sobat MEA secara teknis sudah menjadi akun ‘orang lain’, maka hal yang bisa Sobat MEA lakukan adalah melapor dan meminta bantuan ke pihak Facebook untuk menonaktifkan akun tersebut secara permanen.

Akunmu secara teknis sudah menjadi akun ‘orang lain’, maka hal yang bisa Sobat MEA lakukan adalah melapor dan meminta bantuan ke pihak Facebook untuk menghapus akun tersebut secara permanen. Yuk, langsung saja simak cara menghapus akun Facebook yang di hack di bawah ini!

1. Membuat Pengumuman

Langkah pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah membuat pengumuman untuk menginformasikan kepada sebanyak mungkin orang bahwa akun Facebook Sobat MEA telah di hack. Kemudian Sobat MEA bisa meminta bantuan pengguna Facebook lain untuk melaporkan akunmu.

Hal ini juga bertujuan untuk melindungi orang lain dari aktivitas yang hacker lakukan di akunmu. Sebab bisa saja karena bisa saja akun Sobat MEA digunakan untuk hal-hal yang nggak baik seperti penipuan sampai aktivitas cyber crime.

2. Melaporkan Akun yang di Hack

Langkah kedua dari cara menghapus akun FB yang di hack adalah dengan laporkan akun yang di hack dan kirim laporan berupa akun yang di hack tersebut ke pusat bantuan Facebook. Proses ini bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat. Berikut tutorial melaporkan akun Facebook, di antaranya:

3. Tunggu dan Ulangi Proses Recovery Akun

Cara hapus akun Facebook yang di hack selanjutnya adalah dengan menunggu jawaban dari pihak Facebook. Agar mendapatkan respon yang lebih cepat, Sobat MEA bisa meminta bantuan ke sebanyak mungkin orang untuk melaporkan akun yang di hack.

Akan tetapi nggak ada jaminan bahwa cara ini akan langsung berhasil karena ada banyak faktor lain yang mempengaruhi. Misalnya kalau akun Sobat MEA digunakan untuk menyebarkan hal-hal yang tidak senonoh atau informasi palsu, tanggal lahir, pihak Facebook akan mempercepat proses penghapusan akun.

4. Cara Menghapus Akun FB yang di Hack dengan Akses ke Profil

cara menghapus akun fb yang di hack

Cara terkahir yang bisa digunakan adalah dengan menghapus akun dengan akses melalui profil. Karena pada dasarnya Sobat MEA adalah pemilik asli akun yang di hack, maka Sobat MEA bisa menggunakan cara ini. Nah berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Halaman Akun Facebook yang di Hack lewat https://id-id.facebook.com/help/203305893040179 atau klik di sini.
  • Berikutnya klik tombol Akun Saya Dibajak.
  • Masukan alamat email, nomor telepon atau nama pengguna yang terkait dengan akun Sobat MEA lalu klik Cari.
  • Jika Sobat MEA masih bisa mengakses email atau nomor telepon, Sobat MEA akan menerima kode Facebook untuk mereset password.
  • Masukan kode unik tersebut lalu klik Lanjutkan.
  • Jika Sobat MEA nggak bisa mengakses email atau nomor telepon, Sobat MEA wajib menjawab dengan benar beberapa pertanyaan keamanan atau memberikan beberapa informasi tentang akun. Mula idari tanggal lahir, nama teman atau aktivitas terbaru. Ikuti semua prosedur instruksi kemudian klik Lanjutkan.
  • Setelah mendapat akses akun, Sobat MEA bisa melihat daftar perubahan terbaru yang dibuat oleh hacker. Mulai dari kata sandi, email, nomor telepon sampai pengaturan keamanan.
  • Lihat dan tinjau perubahan tersebut dan batalkan yang tidak diinginkan dengan klik tombol Amankan Akun.
  • Setelah selesai mengamankan akun, Sobat MEA bisa lanjut untuk menghapus akun secara permanen lewat Halaman Hapus Akun Facebook lewat link ini.
  • Selanjutnya klik Hapus Akun.
  • Masukan password baru dan kemudian klik Lanjutkan.
  • Sobat MEA akan melihat pesan konfirmasi penghapusan akun dalam 30 hari.
  • Terakhir, klik Hapus Akun untuk menyelesaikan proses penghapusan.
Artikel Terkait  Ini Jenis Jenis Iklan Instagram dan Manfaatnya Masing-Masing

Nah itulah penjelasan mengenai cara menghapus akun FB yang dihack. Setelah ini, sebaiknya Sobat MEA membuat akun Facebook yang baru, dan jangan lupa gunakan kata sandi yang lebih aman dan mengaktifkan two factor authentification untuk kembali akses ke akun Facebook dengan nyaman. Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang sedang mengalami hal ini. 

Perlu dicatat, jika peretas tidak menggunakannya untuk hal-hal negatif, pihak Facebook akan kesulitan untuk memastikan apakah akun tersebut benar-benar di hack. Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA dan selamat mencoba.

You may also like

Leave a Comment