Cara Mengaktifkan Terjemahan di TikTok Untuk Kreator dan Penonton!

by Fanny
download video TikTok tanpa filter

TikTok adalah salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan saat ini. Sobat MEA bisa melihat berbagai jenis konten mulai dari edukasi, hiburan, hingga konten jualan. Tidak hanya kreator lokal saja, Sobat MEA juga bisa menonton konten dari kreator luar negeri. Namun karena adanya keterbatasan bahasa, Sobat MEA terkadang merasa kebingungan dengan isi konten tersebut.

Tapi tenang aja, TikTok menyediakan fitur yang bisa membantu Sobat MEA memahami konten dengan bahasa yang berbeda dengan cara mengaktifkan terjemahan di TikTok. Mau tau caranya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Fitur Auto Caption di TikTok

Pengen tahu cara baru dapet uang di TikTok?

Yuk langsung aja gabung di komunitas content creator TikTok MEA

Sebelum membahas tentang cara mengaktifkan terjemahan di TikTok, kami akan menjelaskan sedikit mengenai fitur terjemahan yang ada di TikTok. Seperti yang kita ketahui, TikTok adalah aplikasi yang berfokus pada konten berupa video. 

Konten videonya pun beragam. Ada yang hanya berupa musik instrumental dan memfokuskan pada jalan cerita, atau jenis video yang penuh monolog maupun dialog yang perlu Sobat MEA dengarkan dengan seksama untuk memahami isi kontennya. Tentunya Sobat MEA akan mengalami kendala ketika konten yang muncul menggunakan bahasa yang tidak Sobat MEA pahami.

Untuk itu, TikTok meluncurkan fitur auto caption atau terjemahan yang bisa membantu Sobat MEA untuk memahami suatu konten dengan lebih mudah. Fitur auto caption ini bisa Sobat MEA hidupkan atau matikan dengan cara mengaktifkan terjemahan di TikTok pada pengaturan di dalam aplikasinya.

Manfaat Fitur Terjemahan di TikTok

cara mengaktifkan terjemahan di tiktok

Fitur ini tentunya tidak hanya menguntungkan pengguna TikTok yang menggunakan aplikasi ini sebagai penikmat konten saja karena mereka bisa melihat konten berbahasa asing dengan nyaman. Namun juga sangat menguntungkan bagi para kreator karena mereka tidak perlu membuat atau memasukkan teks pada konten mereka.

Membuat teks dalam video sendiri memakan cukup banyak waktu karena Sobat MEA harus menyesuaikan tulisan dengan kecepatan berbicara dan durasi teks perlu dimunculkan. Untuk kreator yang sudah terbiasa, mungkin hal ini merupakan hal yang sepele. Namun untuk kreator pemula, memasukkan teks secara manual membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, cara mengaktifkan terjemahan di TikTok sangat menguntungkan untuk penonton dan konten kreator TikTok.

Tidak hanya itu saja, cara mengaktifkan terjemahan di TikTok juga bermanfaat untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran. Karena mereka tidak bisa mendengar apa yang diucapkan oleh konten kreator, maka mereka bisa menikmati suatu konten dengan adanya auto caption yang diaktifkan.

TikTok sendiri mengutamakan kenyamanan penggunanya, oleh karena ini fitur terjemahan ini dapat digunakan di berbagai negara. Fitur auto caption ini dapat menerjemahkan teks ke dalam berbagai bahasa antara lain bahasa Inggris, Portugis, Jerman, Indonesia, Italia, Korea, Mandarin, Spanyol, dan Turki.

2 Cara Mengaktifkan Terjemahan di TikTok

Setelah mengetahui pengertian dari fitur terjemahan di TikTok dan manfaatnya, tentunya Sobat MEA semakin penasaran dan ingin mencoba cara mengaktifkan terjemahan di TikTok, bukan? Melansir laman Adweek, ada 2 cara mengaktifkan terjemahan di TikTok yang akan kami bagikan, yaitu cara untuk kreator dan cara untuk penonton. Berikut penjelasannya:

1. Cara Mengaktifkan Terjemahan di TikTok untuk Kreator

Jika Sobat MEA adalah kreator dan ingin mengaktifkan fitur auto caption, Sobat MEA bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buat dan unggah video lalu klik tanda centang yang ada di tengah tombol untuk melanjutkan ke proses pengeditan.
  • Klik ikon Keterangan di sebelah kanan layar.
  • Aktifkan mode teks tertutup dan izinkan untuk Mengumpulkan dan Menggunakan Audio.
  • Tunggu aplikasi TikTok untuk memproses teks secara otomatis.
  • Setelah proses selesai, Sobat MEA akan melihat tampilan teks yang berjalan on time di bawahnya.
  • Sobat MEA bisa melakukan editing pada kata yang salah dengan klik ikon edit di sebelah kanan atas bertuliskan Teks, lalu ubah kata yang salah menjadi kata yang sesuai.
  • Setelah proses mengedit selesai, klik Simpan.
  • Cara mengaktifkan terjemahan di TikTok untuk konten kreator sudah selesai.
Artikel Terkait  Cara Buat Voucher TikTok Shop Untuk Tingkatkan Penjualan. Omzet Melesat!

2. Cara Mengaktifkan Terjemahan di TikTok untuk Penonton

Auto caption di TikTok hanya dapat digunakan pada kreator yang juga mengaktifkan fitur ini. Jadi meskipun Sobat MEA sudah melakukan cara mengaktifkan terjemahan di TikTok pada perangkat, terjemahan tidak akan muncul pada halaman Sobat MEA jika kreator tidak mengaktifkan fitur ini.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengaktifkan terjemahan di TikTok untuk perangkat Sobat MEA sebagai penikmat konten:

  • Pertama, pastikan video yang sedang Sobat MEA lihat sudah mendukung auto caption yang diaktifkan oleh kreator.
  • Sobat MEA bisa mengetahuinya denganklik ikon Share yang berada di kanan bawah.
  • Apabila tersedia, nantinya fitur Captions akan muncul dan Sobat MEA bisa langsung memilih fitur ini
  • Teks akan dimunculkan berupa jendela pop-up kecil di bawah video.
  • Sobat MEA juga bisa mengaktifkan auto caption secara manual melalui menu pengaturan dengan buka halaman profil -> klik titik tiga di kanan atas -> pilih Accessibility di sub-menu Content and Activity.
  • Setelah itu, aktifkan toggle Always Show Captions.
  • Cara mengaktifkan terjemahan di TikTok sudah berhasil.

Itu dia tutorial lengkap cara mengaktifkan terjemahan di TikTok untuk konten kreator dan pengguna TikTok pada umumnya. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment