Cara Menentukan Biaya Iklan Shopee Lebih Efektif Tahun 2024

by Bagus Alhadi
Cara Menentukan Biaya Iklan Shopee

Sebagai seorang yang akan berjualan di Shopee, memahami cara menentukan biaya iklan Shopee adalah hal wajib yang harus diketahui. Pasalnya, Shopee telah menjadi opsi yang populer di kalangan pengusaha masa kini.

Selain memperluas jangkauan potensial karena basis pengguna yang besar, kemudahan dalam melakukan promosi terwujud melalui pemanfaatan fitur iklan yang tersedia. Terlebih lagi, Sobat MEA diberikan kendali penuh untuk mengatur anggaran iklan Shopee sesuai dengan keperluan dan strategi bisnis yang akan dijalankan.

Shopee sebagai bagian dari SEA Group di sektor ecommerce, mencatatkan kunjungan rata-rata sebanyak 237 juta pada akhir tahun 2023. Statistik tersebut jelas menandakan potensi besar untuk meraih keuntungan lebih dari sekadar transaksi offline.

Mau belajar jualan di Shopee tapi bingung mulai dari mana?
Yuk langsung gabung aja di bisnis MEA sekarang juga. GRATIS!

Namun, tingginya jumlah kunjungan juga berarti Sobat MEA akan berhadapan dengan pesaing bisnis yang lebih banyak. Oleh karena itu, walaupun telah beralih ke penjualan online, strategi promosi tetap menjadi senjata utama yang harus dimanfaatkan oleh setiap pelaku usaha digital dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, Shopee menawarkan berbagai fasilitas yang mempermudah pemasangan iklan dan pelaksanaan strategi promosi. Ayo, telusuri manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan menggunakan iklan di Shopee, seberapa besar alokasi modal yang perlu dipersiapkan untuk iklan Shopee, dan bagaimana cara menentukan biaya iklan Shopee agar mencapai tingkat efektivitas yang lebih optimal dalam tulisan ini.

Table of Contents

4 Keuntungan Memasang Iklan di Shopee

Udah coba ngiklan di Shopee bukannya untung malah boncos?
Yuk konsultasikan lebih dulu ke tim advertiser MEA sekarang juga!

Dengan mengetahui cara menentukan biaya iklan di Shopee secara efektif, ini bisa membantu para penjual untuk meningkatkan produktivitas pada produk juga toko, hal baiknya bisa sampai meningkatkan penjualan.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketikan memasang iklan di Shopee:

1. Meningkatkan Jangkauan Produk

Iklan Shopee memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial yang relevan dengan produk. Iklan tersebut akan ditampilkan di berbagai halaman Shopee, seperti halaman utama, halaman kategori, dan halaman produk.

2. Meningkatkan Traffic Toko

Iklan Shopee dapat membantu meningkatkan traffic ke toko Kamu ketika pembeli mengklik iklan tersebut. Para pembeli tadi akan diarahkan ke halaman produk atau toko Kamu dan dapat meningkatkan peluang terjadinya penjualan.

3. Menargetkan Pembeli yang Tepat

Iklan Shopee memungkinkan untuk menargetkan iklan tersebut kepada pembeli yang tepat berdasarkan minat, demografi, dan perilaku mereka. Hal ini dapat membantu Kamu untuk memaksimalkan ROI (Return on Investment) iklan.

4. Memantau Performa Iklan

Iklan Shopee menyediakan dashboard yang memungkinkan Kamu untuk memantau performa iklan.

Jenis-Jenis Biaya Iklan Shopee

cara menentukan biaya iklan shopee

Shopee menawarkan beragam jenis iklan dengan biaya variasi. Melansir dari laman resmi Shopee, berikut adalah ringkasan beberapa jenis iklan Shopee beserta biayanya:

  1. Iklan Pencarian Produk
    Jenis: Tampil di hasil pencarian Shopee.
    Biaya: Cost per click (CPC) mulai dari Rp 200/klik.
  2. Iklan Produk Serupa
    Jenis: Ditampilkan kepada pengguna yang melihat produk serupa.
    Biaya: Minimal Rp 150/klik.
  3. Iklan Pencarian Toko
    Jenis: Toko muncul di hasil pencarian.
    Biaya: Minimal Rp 300/klik.
  4. Iklan Display
    Jenis: Tampil di berbagai halaman Shopee.
    Biaya: Minimal Rp 5000/klik.
  5. Iklan Shopee Live
    Jenis: Promosi langsung di Shopee Live.
    Biaya: Berdasarkan durasi, minimum Rp 10.000/jam.
  6. Iklan In-Feed
    Jenis: Produk muncul di antara feed pengguna.
    Biaya: Minimal Rp 250/klik.

 

Cara Menentukan Biaya Iklan Shopee

Sebagai seorang seller, Sobat MEA harus mengetahui cara menentukan biaya iklan shopee agar budget yang dikeluarkan tidak mengalami kerugian atau boncos.

Selain biaya minimum, memahami Biaya penawaran juga penting, biaya bid ini adalah jumlah maksimum yang Sobat MEA siap bayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan tersebut.

Cara Menentukan Biaya Iklan Shopee

Dengan peningkatan Biaya Penawaran, peluang munculnya iklan di halaman hasil pencarian semakin besar.

Berikut ini adalah cara menentukan biaya iklan Shopee menggunakan metode Cost Per Click (CPC):

Total Biaya Iklan = Biaya Penawaran x Jumlah Klik

Bayangkan Sobat MEA mengiklankan produk payung dengan jenis iklan produk serupa dan metode per-klik untuk satu hari.

Dengan biaya yang Sobat MEA tentukan sebesar Rp 150.000 dan biaya bid Rp 1.500/iklannya dalam satu hari.

Setelah satu hari, iklan Sobat MEA mendapatkan 120 klik. Menggunakan rumus Biaya Iklan = Rp 1.500 x 120 = Rp 180.000, maka Sobat MEA akan dikenai biaya iklan sebesar Rp 180.000 dalam satu hari iklan.

Jika Sobat MEA menggunakan jenis iklan lainnya, perhitungannya tetap sama, perbedaannya hanya terletak pada harga yang Sobat MEA tetapkan, apakah menggunakan harga minimum iklan atau menetapkan harga lebih tinggi dengan biaya bid.

Nah itulah informasi mengenai cara menentukan biaya iklan Shopee yang bisa menjadi strategi efektif untuk bisnis online yang Sobat MEA jalankan pada platform Shopee. 

You may also like

Leave a Comment