Cara Menaikkan Rating Marketplace Facebook untuk Pemula

by Fanny
cara menaikkan rating marketplace facebook

Rating marketplace adalah salah satu hal yang membuat konsumen jadi atau tidak untuk membeli suatu produk pada penjual. Tentu Sobat MEA sebagai pembeli juga akan mempertimbangkan rating penjual terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian, bukan? Inilah mengapa banyak penjual yang mencari cara menaikkan rating Marketplace Facebook untuk bisa menarik semakin banyak pembeli.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu rating Marketplace Facebook dan cara menaikkan rating Marketplace Facebook yang bisa Sobat MEA lakukan. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Rating Marketplace Facebook?

Yuk tingkatkan penjualan di Facebook
Dengan gabung ke komunitas yang dipandu pebisnis berpengalaman. GRATIS!

Pada dasarnya, rating Marketplace Facebook adalah jumlah bintang yang diberikan oleh konsumen ke toko atau produk Sobat MEA. Selain itu, konsumen juga bisa memberikan ulasan lengkap mengenai pengalaman mereka ketika melakukan pembelian di toko Sobat MEA. 

Ulasan ini bisa berupa pelayanan, kecepatan membalas pesan, kecepatan proses pengiriman, kondisi kemasan produk, harga produk, kualitas produk, dan detail lainnya.

Penilaian atau rating Marketplace Facebook ini akan ditampilkan secara publik atau bisa dilihat oleh pengunjung lainnya jika Sobat MEA sudah mendapatkan 5 atau lebih penilaian dari konsumen. Sobat MEA juga bisa melihat rating Marketplace Facebook sendiri dengan melakukan 3 langkah mudah ini:

  • Pada halaman utama, klik Marketplace yang ada di tabel menu sebelah kiri.
  • Lanjutkan dengan klik Buying.
  • Lalu lihat rating marketplace sendiri dengan klik Marketplace Profile.

5 Cara Menaikkan Rating Marketplace Facebook

Ngiklan di Facebook boncos mulu?
Tenang aja, ada Tim Advertiser MEA yang siap bantu mengelola iklan kamu di facebook. Klik di sini sekarang!

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menaikkan rating Marketplace Facebook, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara kerja rating Marketplace Facebook terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa pembeli bisa memberikan review atau ulasan atas permintaan Sobat MEA sebagai penjual. 

Namun ada juga pengguna yang bisa meninggalkan review setelah berkomunikasi dengan Sobat MEA meskipun mereka tidak jadi melakukan pembelian. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memberikan pelayanan terbaik untuk calon konsumen agar bisa mendapatkan rating yang tinggi.

Berikut adalah langkah-langkah dalam meminta pembeli untuk memberikan review:

  • Buka aplikasi Facebook pada perangkat Sobat MEA.
  • Lanjutkan dengan klik tiga garis horizontal yang ada di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu Marketplace.
  • Pilih Your Listing pada menu Selling.
  • Halaman akan menampilkan seluruh produk yang sudah terjual. Pilih salah satu produk dan pembeli yang ingin Sobat MEA minta review.
  • Klik Ask for Reviews.
  • Kemudian halaman akan menampilkan daftar pembeli. Klik Send Request di bawah nama pembeli yang Sobat MEA pilih.
cara menaikkan rating Marketplace Facebook

Setelah mengetahui bagaimana cara meminta rating pada penjualan, sekarang kami akan membagikan cara menaikkan rating Marketplace Facebook yang bisa Sobat MEA lakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk dengan beberapa langkah di bawah ini:

1. Buat Akun Facebook Bisnis

Setelah membuat akun bisnis, jangan lupa juga untuk membuat tampilan akun agar terlihat profesional. Hal ini termasuk menggunakan foto profil dengan logo atau foto produk yang jelas, masukkan juga foto sampul yang memberikan informasi mengenai bisnis. Sobat MEA juga perlu mencantumkan informasi kontak lainnya seperti alamat email, nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga alamat lengkap mengenai lokasi toko online.

2. Foto Produk yang Menarik

Cara menaikkan rating Marketplace Facebook berikutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan menggunakan foto produk asli yang menarik. Gunakan foto produk yang jelas dan mampu menunjukkan berbagai sisi dari produk dengan baik. 

Hindari menggunakan foto produk palsu atau produk yang bukan milik Sobat MEA sendiri. Dengan begitu, ekspektasi pembeli terhadap produk Sobat MEA akan sesuai dengan produk yang akan mereka terima. Jadi, Sobat MEA akan mendapatkan review atau rating yang tinggi.

Selain foto, Sobat MEA juga harus bisa memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk yang dijual. Isikan deskripsi produk mengenai hal yang perlu diketahui oleh pembeli seperti bahan, kandungan, manfaat, detail ukuran, varian, cara pemakaiannya, dan informasi lainnya.

3. Ikuti Grup Jual-Beli di Facebook

cara menaikkan rating Marketplace Facebook

Bergabung dengan grup jual beli yang relevan juga menjadi salah satu cara menaikkan rating Marketplace Facebook. Di sini, Sobat MEA bisa berinteraksi dan mempromosikan produk ke anggota grup lainnya. Jadi akan semakin banyak pengguna yang mengetahui produk Sobat MEA.

4. Pasang Harga yang Bersaing

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, setiap pengguna Facebook bisa menjual produk di platform ini. Dengan begitu, kompetitor Sobat MEA tidak hanya sama-sama pelaku bisnis profesional saja, namun juga pengguna Facebook lainnya. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memasang harga yang kompetitif. Hindari menjual produk dengan harga yang lebih mudah di pasaran karena hal ini akan menurunkan keuntungan Sobat MEA dan menurunkan kepercayaan pembeli terhadap kualitas produk. Jangan juga memasang harga yang terlalu mahal karena ini hanya akan membuat calon pembeli mencari produk ke toko lain yang lebih terjangkau.

Artikel Terkait  Cara Belajar Ads Facebook Bagi Pemula

5. Pasang Iklan di Facebook

Untuk meningkatkan brand awareness, Sobat MEA bisa memasang iklan di Facebook. Iklan ini akan membantu Sobat MEA untuk menjangkau audiens baru yang lebih luas dan bisa membantu meningkatkan penjualan. Dengan begitu, Sobat MEA bisa mendapatkan lebih banyak review dan melakukan cara menaikkan rating Marketplace Facebook dengan lebih banyak prospek.

Sekian pembahasan lengkap mengenai Facebook Marketplace dan bagaimana cara menaikkan rating Marketplace Facebook yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula hingga profesional. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment