3 Cara Membuat Plan TikTok Affiliate yang Mendatangkan Cuan

by Viki
bagaimana cara mendapatkan followers banyak di TikTok

Sobat MEA tentu menyadari bahwa TikTok semakin mendominasi media sosial di era digital yang semakin berkembang ini. Dengan miliaran pengguna TikTok di dunia, potensi untuk menghasilkan cuan tentu semakin besar. Terutama melalui program TikTok Affiliate. Untuk hal ini, pastikan Sobat MEA sudah memahami cara membuat plan TikTok Affiliate agar konten menjadi tepat sasaran

Jangan salah, rencana konten yang matang justru bisa membantumu mencapai tujuan dengan lebih mudah. Content Plan dapat menjadi kunci kesuksesan dalam program afiliasi di TikTok. Sebagaimana seorang Affiliator perlu senantiasa upload konten baru yang menarik secara konsisten setiap harinya.  

Table of Contents

Cara Membuat Plan TikTok Affiliate yang Efektif

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk cara membuat plan TikTok Affiliate, di antaranya:

1. Pra Produksi

Langkah pertama ini tentu penting untuk dilakukan untuk memastikan konten yang dibuat berkualitas dan memiliki relevansi tinggi. Pada tahapan ini, ada beberapa langkahnya, di antaranya:

Tentukan Goals (Target, Goals, atau Objek)

Definisikan tujuan kontenmu seperti meningkatkan penjualan afiliasi, membangun brand awareness, dan membangun basis pengikut yang loyal. 

Kenali Target Audiens

Sobat MEA juga perlu mengetahui target audiens yang dituju. Sobat MEA bisa mengenalinya berdasarkan demografi, perilaku hingga minat audiens. Ini penting untuk memastikan apakah kontenmu relevan dan menarik bagi mereka.

Riset Topik & Tren

buku tiktok shop

Daftar Affiliate Program

Untuk dapat menjalankan program afiliasi TikTok, pastikan Sobat MEA sudah masuk ke dalam sistemnya. Nantinya Sobat MEA akan memiliki link khusus men-tracking performa afilliate mulai dari link yang terlihat oleh audiens hingga konversi. Untuk mengetahui lebih lanjut panduan pendaftarannya, silakan klik link ini.

Riset Produk Affiliate

Tentunya Sobat MEA juga perlu mengetahui produk apa yang akan dipromosikan. Ini tidak bisa sembarangan. Maka diperlukan riset produk atau layanan yang relevan dengan niche dan audiens akunmu.Karena produk berpengaruh besar terhadap konversi. 

Buat Outline Konten

Ini termasuk bagian perencanaan konten. Di dalamnya, Sobat MEA perlu menyusun rencana dari awal hingga akhir, mulai dari ide cerita, visual, hingga tampilan produk afiliasi yang dipromosikan. 

Jadwalkan Shooting dan Posting

Ini juga tidak kalah penting. Dikarenakan jadwal dapat membantumu memastikan konten diupload secara konsisten serta memanfaatkan waktu terbaik untuk menjangkau audiens. 

2. Produksi

Sedangkan pada langkah kedua ini melibatkan ide konten yang sudah direncanakan. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

Persiapan Alat

Pastikan Sobat MEA telah menyiapkan setiap alat produksi secara lengkap dan berfungsi dengan baik seperti kamera, microphone, hingga pencahayaan yang baik. 

Shooting

Kemudian barulah kelola ide tersebut menjadi konten yang menarik ketika shooting. Fokuslah pada pengambilan gambar yang baik dan pastikan visual dapat menggambarkan produk dan pesan dengan jelas. 

3. Pasca Produksi

Setelah itu, pada tahapan inilah hasil konten akan disempurnakan sebelum diposting. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

Editing

Penulisan Caption

Pastikan Sobat MEA juga telah menyiapkan caption yang menarik dan informatif. Sobat MEA juga perlumemasukkan CTA (Call to Action) untuk mengajak tindakan dari audiens.

Tambahkan Link Affiliate Pada Konten

Hal ini diperlukan untuk mengarahkan audiens ke halaman produk afiliasi. Tapi pastikan link tersebut berfungsi dengan baik dan sesuai dengan produk yang dipromosikan. Untuk panduan bagaimana cara menambahkan link affiliate, bisa dilihat di artikel ini

Posting

Jika semuanya sudah sesuai, silakan unggah konten di waktu yang tepat untuk dapat meningkatkan engagement dengan maksimal. 

Analisa Performa Konten

Tidak berhenti sampai di situ, sebaiknya Sobat MEA terus memantau bagaimana performa konten yang diposting. Penting sekali untuk menganalisa metrik untuk membantumu memahami efektivitas konten dan menemukan apa yang harus ditingkatkan, seperti tayangan, klik, dan konversi. 

Contoh Plan Konten TikTok Affiliate

Makin Cuan Bareng Seller dan Mentor Potensial, Mau?
Ya, MCN TikTok cocok untuk kamu yang ingin sukses di TikTok Affiliate! Ada berbagai seller dan bimbingan dari mentor berpengalaman yang bisa didapatkan~

Jika Sobat MEA masih bingung mengenai cara membuat plan TikTok Affiliate, MiMe akan bagikan salah satu contoh konten TikTok Affiliate skincare yang bisa ditiru. Simak ya!

1. Pra Produksi

  • Penentuan Tujuan: Meningkatkan brand awareness dan penjualan serum wajah A melalui program afiliasi.
  • Mengidentifikasi Audiens Sasaran: Wanita berusia 20-35 tahun yang membutuhkan perawatan kulit. 
  • Penelitian Topik dan Tren: Pembahasan “Skincare routine” dan “Before-After skincare results” yang sering dibicarakan di TikTok.
  • Penelitian Produk Afiliasi: Serum wajah A yang dapat melembabkan kulit dan pengurangan tanda penuaan.
  • Membuat Kerangka Konten: Tutorial penggunaan serum XYZ dalam rutinitas perawatan kulit pagi.
  • Jadwal Pengambilan Gambar dan Posting: Shooting pada tanggal 10 Oktober, posting pada tanggal 12 Oktober pukul 19.00.
Artikel Terkait  Cara Bikin Suara Google di TikTok Anti Ribet. Langsung Praktek!

2. Produksi

  • Persiapan Alat: Kamera smartphone berkualitas tinggi, tripod, lampu LED ring light.
  • Pengambilan Gambar: Menggunakan pencahayaan yang baik dan menjelaskan langkah-langkah penggunaan serum.

3. Pasca Produksi

  • Editing: Menggunakan aplikasi video editor seperti InShot atau Kinemaster dengan menambahkan teks, musik, dan efek transisi. 
  • Penulisan Caption: “Dapatkan kulit glowing dengan serum A #SkincareRoutine #BeautyTransformation. Belanja di [link afiliasi]”
  • Tambahkan Link Afiliasi ke Konten: Memastikan link afiliasi ke situs produk serum A dimasukkan ke dalam deskripsi video.
  • Posting: Diposting sesuai jadwal yang telah ditentukan dan memantau komentar serta pertanyaan dari pengikut.
  • Analisis Kinerja: Setelah seminggu, lihat metrik seperti jumlah tayangan, like, komentar, serta klik pada link afiliasi.

Yap, begitulah cara membuat plan TikTok Affiliate yang perlu diikuti. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan konten terbaik pada program Affiliate Marketing yang dijalankan sekaligus menambah pundi-pundi penghasilan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment