5 Cara Membuat Konten Instagram di Canva. Mudah!

by Bimboi
cara membuat konten Instagram di Canva

Di era sekarang ini, menggunakan sosial media untuk promosi produk atau jasa yang sedang dilakoni. Sehingga, Sobat MEA akan sangat diuntungkan ketika tahu cara membuat konten Instagram di Canva. Karena Sobat MEA tidak perlu lagi mencari seorang desainer grafis untuk membuat flyer, postingan Instagram, banner promo, dan lain-lain.

Penasaran bagaimana caranya? Pantengin terus artikel ini karena penulis akan memberi tahu caranya di sini! 

Table of Contents

Apa itu Canva?

Mau punya skill desain agar bisa bikin konten yang bagus?
Yuk langsung gabung ke komunitas upgrade skill MEA sekarang juga. GRATIS!

Buat Sobat MEA yang belum tahu, Canva merupakan  platform desain dan komunikasi visual online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Termasuk sosial media Instagram, Twitter, dan YouTube.

Menariknya, Canva selain bisa diakses melalui PC atau Laptop, Canva bisa Sobat MEA gunakan menggunakan smartphone, lho! Canva tersedia untuk gawai Android juga iOS. Cukup unduh melalui Android Playstore atau iOS App Store. Canva tersedia dalam fitur gratis dan berbayar yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan karya visual yang menarik dilihat. 

Keunggulan Canva Dalam Membuat Konten

Saatnya dapat penghasilan dari konten yang kamu buat!
Yuk gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga dan dapatkan komisi extra!

Setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing, termasuk Canva itu sendiri. Jika Sobat MEA mengetahui keunggulan Canva di bawah ini, Sobat MEA akan merasa mudah dalam mengetahui cara membuat konten Instagram di Canva. Berikut keunggulannya:

  1. Mudah untuk digunakan, Canva memudahkan penggunanya dalam membuat desain visual. Bahkan, pengguna awam yang tidak memiliki latar belakang desain grafis pun dapat mudah menggunakannya. 
  2. Tersedia banyak pilihan template, pengguna Canva dapat menggunakan ribuan template yang siap pakai untuk berbagai kebutuhan penggunanya. 
  3. Fitur kolaborasi, Sobat MEA memungkinkan untuk berkolaborasi secara real-time dengan pengguna Canva lainnya dalam satu proyek desain.
  4. Gratis, Canva memiliki fitur-fitur premium, meskipun demikian, Canva memberikan akses gratis untuk penggunanya dengan fitur yang memadai. 
  5. Integrasi, Canva menghadirkan fitur integrasi dengan platform lain untuk memudahkan penggunanya. Seperti, Instagram, Dropbox, dan Google Drive. 
  6.  Tersedia banyak pilihan elemen desain yang bisa dipakai, seperti gambar, icon, font, dan lainnya yang membantu penggunanya membuat desain visual yang menarik.  
  7. Bisa digunakan dalam membuat berbagai macam desain visual. Seperti kartu nama, presentasi, poster, hingga desain sosmed.
Artikel Terkait  Begini 2 Cara Live Streaming Game di FB dan Cara Monetisasi. Gampang!

Fitur-fitur Pada Canva

Sebagai aplikasi desain online, Canva memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam membuat dan menyimpan hasil desain. Seperti menyimpan stok foto dengan penyimpanan sebesar 1 GB secara gratis, video tutorial, dan stok ilustrasi. Berikut fitur-fitur lainnya. 

  1. Elemen desain: Banyak pilihan elemen desain yang tersedia pada Canva berupa icon, gambar, latar belakang, dan lainnya untuk membuat desain penggunanya lebih ciamik. 
  2. Template: Tersedia ribuan template yang siap pakai di Canva dengan berbagai kebutuhan. Seperti template untuk poster, presentasi, sosial media, kartu nama, dan lainnya. 
  3.  Fitur pengeditan gambar:  Canva menyediakan fitur pengeditan gambar sederhana yang mudah digunakan untuk memudahkan penggunanya memperbaiki gambar atau foto pada suatu desain. Sobat MEA dapat memutar, memotong, memperbesar dan memperkecil gambar dengan mudah. 
  4. Font: pilihan font yang ada di Canva bisa digunakan untuk desain gambar penggunanya. Tersedia pilihan untuk dirubah seperti ukuran, warna, dan juga jenis huruf. 
  5. Animasi: Tersedia fitur animasi pada Canva untuk Sobat MEA gunakan dalam membuat desain interaktif juga menarik. Animasi ini dapat dipalikasikan pada teks juga gambar. 
  6.  Pilhan warna: Dalam membuat sebuah desain yang menarik, jangkauan warna yang luas menjadi hal yang dibutuhkan oleh desainer grafis. Canva memilki jangkauan warna yang luas dari berbagai warna palet yang tersedia. 
  7. Integrasi: Canva berintegrasi dengan berbagai platform lainnya seperti Instagam, Dropbox, dan Google Drive untuk memudahkan penggunanya mengunggah dan mengunduh gambar dari platform tersebut. 
  8. Kolaborasi: Pengguna Canva dapat berkolaborasi secara real-time dalam proyek desain, seperti melihat, berkomentar, dan mengedit proyek desain. 

Cara Membuat Konten Instagram di Canva

1. Membuat Akun Canva

Sebelum mengetahui cara membuat konten Instagram di Canva, Sobat MEA dapat membuat akun Canva untuk mengakses fitur-fitur yang tersedia. Sobat MEA dapat membuat akun Canva dengan membuka situs Canva, kemudian pilih “Sign Up” dan isi menggunakan alamt email. Sobat MEA juga dapat mengubah settingan agar projek dapat bersifat publik atau privat, membagi hasil desain atau tidak. enge

2. Membuat Layout

Jika akun sudah dibuat, Sobat MEA dapat menggunakan template untukmembuat desain sesuai kategori media apa yang ingin dipilih. Menariknya, Dimensi dan ukurannya bisa diatur. Ketuk opsi “Create a Design” pada sebelah kiri atas. Kmudian akan muncul berbagai pilihan kategori. 

3. Memilih dan Mengedit Background

Setelah memilih background atau memilih foto untuk diedit, Sobat MEA dapat mengedit desain atau foto tersebut menjadi horizontal, atau vertikal, kemudian mengedit background menjadi gradien warna, atau lainnya. Cukup mengetuk opsi “Adjust” untuk menyesuaikan gambar. 

4. Menambahkan Teks

Jika sudah mengedit desain atau foto, Sobat MEA bisa menambahkan teks dengan font, ukuran font, dan warna font yang bervariasi. 

5. Mengunduh dan Mengunggah

Jika sudah selesai membuat sebuah desain, Sobat MEA dapat mengunduh hasil desain tersebut dengan mengetuk opsi “Download” dan dapat disimpan dalam berbagai format (PNG, JPG, PDF), dan ketuk “Upload” untuk mengunggah desain tersebut ke sosial media. 

Untuk mengakses fitur yang lebih luas, Sobat MEA harus menggunakan akun Canva Pro yang merupakan fitur berbayar. Jika Sobat MEA ingin mencoba Canva Pro secara gratis, Sobat MEA dapat menggunakan cara yang ada di sini

You may also like

Leave a Comment