5 Cara Membuat Invoice Freelancer Secara Online dan Gratis!

by Fanny
cara membuat invoice freelancer

Menjadi seorang freelancer banyak dilakukan oleh banyak orang saat ini karena penghasilannya yang menjanjikan dan sistem kerja yang fleksibel. Freelancer sendiri adalah seseorang yang bekerja pada perusahaan tanpa terikat kontrak kerja. Itulah mengapa proses pemberian upahnya pun berbeda dengan karyawan perusahaan pada umumnya.

Jika Sobat MEA adalah pekerja lepas, maka Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara membuat invoice freelancer. Invoice ini sendiri berisi jasa apa saja yang sudah Sobat MEA berikan dan besaran bayaran yang akan diterima sesuai dengan kesepakatan bersama.

Kenapa perlu membuat invoice? Apa saja isinya? Bagaimana cara membuat invoice freelancer secara gratis? Semua akan kami bahas di sini. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Manfaat Membuat Invoice Untuk Freelancer

Mau tau cara cara menawarkan jasa yang baik dan benar?
Gabung ke komunitas bisnis online yang dipandu Coach berpengalaman dan dapatkan tipsnya sekarang. Gratis!

Sayang disayangkan bahwa banyak freelancer pemula yang tidak tahu cara membuat invoice freelancer ini perlu dilakukan. Mungkin beberapa perusahaan memang tidak akan meminta invoice setiap bulan atau setiap projek selesai dikerjakan, namun Sobat MEA tetap perlu mengetahui cara membuatnya.

Memiliki template invoice freelancer sendiri ini juga penting karena invoice sendiri berfungsi sebagai alat bukti akan jasa atau produk apa yang Sobat MEA hasilkan. Tidak hanya itu, invoice juga berisi rincian produk yang dibuat beserta harganya. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah untuk ‘menagihkan’ biaya layanan kepada perusahaan.

5 Informasi Wajib dalam Invoice Freelancer

cara membuat invoice freelancer

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, invoice berisikan informasi mengenai jasa dan harga suatu project atau jasa yang dikerjakan. Lalu, apakah invoice hanya berisi dua informasi ini saja? Tentu tidak, dong. Invoice harus berisi:

1. Informasi Diri

Saat melakukan cara membuat invoice untuk freelance, Sobat MEA perlu memasukkan informasi kontak yang lengkap. Masukkan nama, email, nomor telepon, dan alamat. Tidak hanya informasi kontak Sobat MEA saja, namun juga informasi kontak milik client. Hal ini bertujuan agar kedua belah pihak mengetahui invoice tersebut diberikan oleh siapa dan untuk siapa.

Sobat MEA juga bisa memasukkan judul invoice dan logo sendiri. Seperti misalnya saja Sobat MEA adalah seorang freelance TikTok Specialist, maka Sobat MEA bisa mencantumkan judul “Jasa Kelola TikTok” lalu masukkan juga logo milik Sobat MEA sendiri di bagian atas. Hal ini bertujuan agar perusahaan mudah mengenali invoice milik Sobat MEA mengingat perusahaan besar berhadapan dengan banyak invoice sekaligus.

2. Informasi Tanggal Pengerjaan dan Pembayaran

Dapatkan tambahan penghasilan lewat Shopee Affiliate
Dapatkan komisi up to 30% per produk dengan gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Berikutnya, masukkan nomor invoice, tanggal pengerjaan jasa, dan tanggal pembayaran. Nomor invoice ini merupakan metode penomoran yang memudahkan Sobat MEA untuk mengelola dokumen. Penomoran ini akan sangat membantu Sobat MEA jika menangani banyak klien.

3. Daftar Perkerjaan yang Dilakukan

cara membuat invoice freelancer

Pada cara membuat invoice freelancer berikutnya, Sobat MEA juga perlu mencantumkan produk atau jasa apa saja yang dibuat. Masukkan informasi selengkap mungkin. 

Mulai dari nama jasa/produk, deskripsi singkat, jumlah yang dihasilkan, diskon (jika ada), harga yang dikenakan sesuai dengan kesepakatan, dan jumlah harganya. Masukkan informasi selengkap selengkap mungkin dan susun informasi dengan tampilan yang mudah dipahami agar tidak muncul miskomunikasi.

4. Total Pembayaran

Jangan lupa juga untuk menuliskan detail pembayaran pada cara membuat invoice freelancer. Bahkan Sobat MEA bisa mempertebal jumlah pembayaran agar lebih mudah dan jelas untuk dilihat.

5. Metode Pembayaran

Ada banyak metode pembayaran yang disediakan dan bisa Sobat MEA pilih. Mulai dari transfer bank, e-wallet, hingga tunai. Cantumkan informasi pembayaran yang Sobat MEA pilih dengan lengkap dan benar.

5 Cara Membuat Invoice Freelancer Online Gratis

cara membuat invoice freelancer

Cara membuat invoice freelancer bisa Sobat MEA buat sendiri dari awal. Namun untuk memudahkannya, Sobat MEA juga menggunakan layanan pembuatan invoice gratis yang bisa Sobat MEA coba. Berikut adalah beberapa rekomendasinya dari MiMe:

1. AND.CO Invoice Generator

Cara membuat invoice freelancer yang pertama bisa Sobat MEA lakukan di AND.CO Invoice Generator. Situs ini bisa membuatkan invoice untuk Sobat MEA tanpa harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Tampilannya pun sederhana dan mudah untuk dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat invoice.

2. Free Invoice Generator

cara membuat invoice freelancer

Situs ini juga menyediakan berbagai macam template yang bisa Sobat MEA sesuaikan dengan kebutuhan. Sobat MEA juga bisa mengintegrasikan metode pembayaran yang digunakan. Untuk invoice-nya pun bisa Sobat MEA cetak atau unduh dalam bentuk PDF dan bisa langsung dikirimkan kepada klien.

3. Invoice Quick

Cara membuat invoice freelancer gratis berikutnya bisa Sobat MEA lakukan di Invoice Quick. Tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami membuat Sobat MEA semakin cepat untuk membuat invoice. Tersedia berbagai fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memonitor detail transaksi, informasi klien, dan data pemasukan.

4. Wave Financial

cara membuat invoice freelancer

Wave Financial tidak hanya untuk membantu Sobat MEA cara membuat invoice freelancer, namun juga untuk membantu pengelolaan data klien. Mulai dari klien yang pernah bekerja sama, pembukuan, bukti pembayaran, hingga mengirimkan invoice pada klien.

5. ZOHO: Invoice Generator

ZOHO: Invoice Generator merupakan aplikasi web yang bisa membantu Sobat MEA dalam cara membuat invoice freelancer dengan mudah dan gratis. Meskipun sebagian besar fiturnya berbayar, namun Sobat MEA tetap bisa membuat invoice secara gratis melalui aplikasi ini.

Itu dia cara membuat invoice freelancer yang lengkap dan bisa Sobat MEA coba. Semoga saja ulasan ini bermanfaat dan jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment