10 Langkah Cara Membuat Daftar Putar di TikTok Beserta Manfaatnya. Ngaruh ke Viewers Loh!

by Fanny
cara membuat daftar putar di TikTok

Ketika menjadi konten kreator di TikTok, terkadang kita tidak hanya ingin membicarakan satu topik saja. Misalnya Sobat MEA tertarik pada makanan, fashion, dan game, kemudian ingin membuat konten dengan ketiga tema ini. Tentunya konten Sobat MEA akan sulit dijangkau oleh audiens yang tepat karena ketiganya memiliki peminat yang berbeda. Karena alasan itulah, Sobat MEA perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar putar di TikTok

Yup, Sobat MEA tidak perlu khawatir karena saat ini TikTok memiliki fitur daftar putar yang membuat Sobat MEA bisa mengelompokkan video sesuai kategorinya, sehingga memudahkan audiens untuk memilih konten apa yang ingin mereka lihat ketika menghampiri profil akun TikTok Sobat MEA. Penasaran? Yuk ikuti cara membuat daftar putar di TikTok yang akan kami bahas tuntas di bawah ini!

Apa Itu Daftar Putar TikTok?

Bebas bingung bikin konten di TikTok kalau belajar langsung bareng para praktisi

Yuk gabung komunitas content creator TikTok MEA GRATIS!

Sebelum membahas tentang cara membuat daftar putar di TikTok, sebaiknya Sobat MEA memahami playlist TikTok terlebih dahulu. Playlist atau daftar putar TikTok adalah fitur di mana Sobat MEA bisa mengumpulkan video ke dalam satu kategori yang sama. Seperti misalnya Sobat MEA membuat kategori atau daftar putar tentang video bloopers yang tidak layak dijadikan konten, namun sayang untuk dibuang begitu saja.

Satu daftar putar TikTok bisa memuat hingga 100 video. Sobat MEA juga bisa membuat sebanyak mungkin playlist di akun, sehingga Sobat MEA bisa memasukkan berbagai macam topik yang lebih spesifik dan tetap terstruktur.

Manfaat-Manfaat Daftar Putar di TikTok

Gak percaya diri buat ngonten di TikTok?

Tenang aja, ada Jasa TikTok MEA yang sudah dilengkapi dengan talent profesional dan tim berpengalaman

Selain untuk merapikan isi konten, mengikuti cara membuat daftar putar di TikTok juga memiliki manfaat untuk pengguna TikTok lainnya, loh. Daftar putar TikTok ini akan ditampilkan di halaman profil, tepatnya terletak di bawah profil Sobat MEA. Hal ini memudahkan pengguna TikTok lainnya yang mengunjungi profil Sobat MEA untuk mengetahui jenis konten apa saja yang Sobat MEA buat, sehingga mereka tidak perlu melihat konten Sobat MEA satu per satu.

Apakah ini akan merugikan Sobat MEA karena jadi kekurangan views? Tentu tidak, dong. Justru hal ini akan menguntungkan Sobat MEA karena dengan mengikuti cara membuat daftar putar di TikTok, Sobat MEA jadi bisa memfilter audiens secara otomatis. Pengguna yang tertarik dengan konten Sobat MEA tidak akan ragu untuk langsung mengikuti akun Sobat MEA. Dan pengguna yang bukan merupakan audiens Sobat MEA bisa mencari akun lain yang mengunggah konten sesuai keinginan mereka.

Jika Sobat MEA sudah mengkategorikan video ke dalam daftar putar, maka akan ada logo dan tulisan playlist di sebelah caption. Informasi ini akan memudahkan pengguna yang melihat unggahan Sobat MEA untuk langsung mengecek unggahan lainnya di playlist tersebut dengan mengklik ikonnya. Hal ini meningkatkan views konten Sobat MEA pada unggahan yang lainnya.

Pastikan untuk tetap konsisten membuat konten utama, dan gunakan topik lainnya agar pengikut lama tidak kabur. Manfaatkan fitur daftar putar sebagai distraksi ketika Sobat MEA kehabisan ide konten. Tapi bukan berarti Sobat MEA tidak boleh totalitas untuk membuat konten sampingan ini. Buat konten yang menarik agar bisa menarik audiens lain dan meningkatkan jumlah views serta followes!

10 Langkah Cara Membuat Daftar Putar di TikTok

Mau belajar TikTok Ads dari nol sampai jago?

Pelajari caranya dengan ikuti Kelas TikTok Premium Business MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari playlist TikTok, berikutnya akan kami bagikan cara membuat daftar putar di TikTok. Namun sebelum itu, pastikan akun Sobat MEA sudah diubah dari akun biasa menjadi akun Pro. Hal ini karena akun biasa tidak bisa membuat fitur playlist.

Setelah akun berubah menjadi akun Pro, Sobat MEA bisa mengikuti cara membuat daftar putar di TikTok dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Aplikasi TikTok.
  2. Klik profil di pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya pilih menu Sortir Video Ke Daftar Putar.
  4. Kemudian akan ada halaman Playlist di mana Sobat MEA bisa memilih video mana saja yang akan dimasukkan dan digabungkan ke dalam daftar putar yang sama.
  5. Klik Berikutnya, kemudian beri nama playlist sesuai kategori. Sobat MEA juga bebas memberikan nama daftar putar, tapi pastikan namanya informatif mengenai isi konten.
  6. Klik Buat daftar putar.
  7. Daftar putar TikTok sudah berhasil dibuat.
  8. Untuk membuat daftar putar lagi, Sobat MEA bisa mengklik tanda + yang berada di halaman profil.
  9. Kemudian ikuti cara membuat daftar putar TikTok dari nomor 1 hingga 6.
  10. Selesai, deh.
Artikel Terkait  10 Cara FYP TikTok Affiliate, Mudah Dilakukan!

Ada video yang ketinggalan saat membuat daftar putar TikTok? Tenang saja, Sobat MEA juga bisa menggunakan cara membuat daftar putar TikTok dengan cara memasukkan video tersebut ke daftar putar yang sudah ada atau ke daftar putar baru. Berikut caranya:

  1. Buka akun TikTok Sobat MEA dan pilih salah satu konten yang ingin dimasukkan ke dalam daftar putar.
  2. Klik tanda titik tiga horizontal, lalu pilih opsi Tambahkan ke Playlist.
  3. Kemudian akan muncul halaman yang memberikan instruksi cara membuat daftar putar TikTok yang bisa Sobat MEA ikuti.
  4. Klik Mulai Membuat, lalu beri nama playlist tersebut. Kemudian klik Berikutnya.
  5. Playlist sudah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya adalah memasukkan video tadi ke dalam playlist yang baru saja dibuat dengan cara pilih playlist tersbeut, kemudian klik tombok Tambah di bagian bawah.
  6. Playlist sudah berhasil dibuat dan video sudah masuk ke dalam playlist tersebut.

Sekian pembahasan tentang cara membuat daftar putar di TikTok. Butuh tips lainnya seputar cara menggunakan fitur TikTok untuk bisnis? Baca artikel lainnya hanya di sini!

You may also like

Leave a Comment