6 Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Tanpa Ribet. Wajib Tahu Nih!~

by Fanny
cara membatalkan pesanan di akulaku

Akulaku adalah layanan kredit digital yang melayani pinjaman tanpa jaminan, Kredit Tanpa Agunan (KTA) tanpa kartu kredit, dan melayani proses belanja di berbagai e-commerce. Buat Sobat MEA yang masih ragu pada aplikasi ini, nggak perlu khawatir. Karena Akulaku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi terjamin banget keamanannya. Agar lebih aman,  Sobat MEA harus tetap mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi ini termasuk membatalkan pesanan di Akulaku.

Seperti aplikasi e-commerce pada umumnya, aplikasi Akulaku juga menyediakan fitur membatalkan pesanan. Cara membatalkan pesanan di Akulaku juga mudah loh. Sobat MEA hanya perlu memenuhi syarat-syarat sebagai cara membatalkan pesanan di Akulaku.

Emang apa aja sih syarat buat membatalkan pesanan di platform Akulaku ini? Nah buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu atau belum mengerti, yuk langsung aja simak beberapa syarat serta ketentuan untuk membatalkan pesanan di Akulaku. Check this out~

5 Syarat dan Ketentuan Membatalkan Pesanan di Akulaku

Mau belajar jualan online di marketplace dari 0 sampai bisa??

Yuk gabung bareng seller lain di Komunitas Bisnis Online MEA

Sebelum membahas bagaimana langkah-langkah cara membatalkan pesanan di Akulaku, Sobat MEA perlu memahami dulu syarat dan ketentuan membatalkan pesanan agar Sobat MEA bisa melakukan pembatalan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah 5 poin yang harus Sobat MEA penuhi terlebih dahulu. Yuk simak langsung~

1. Nggak Melakukan Pembayaran Dalam 1x24 jam

Sobat MEA nggak perlu menerapkan langkah-langkah cara membatalkan pesanan di Akulaku kalau nggak melakukan pembayaran dalam jangka waktu 1×24 jam. Nah perlu Sobat MEA ketahui, sistem Akulaku sendiri akan membatalkan pesanan yang sudah dibuat secara otomatis jika Sobat MEA sudah melebihi batas waktu pembayaran.

2. Pesanan Belum Diproses Penjual Dalam Jangka Waktu Lama

Selain mengenai pembayaran, Sobat MEA juga bisa membatalkan pesanan di Akulaku apabila pihak penjual sudah memberikan konfirmasi namun belum memproses pesanan hingga batas waktu yang ditentukan dalam aplikasi. Jika memang hal ini terjadi, Sobat MEA bisa langsung membetalkan pesanan karena produk belum dikemas dan juga dikirimkan ke kurir oleh seller.

3. Salah Membeli Produk

cara membatalkan pesanan di Akulaku

Barang yang Sobat MEA pesan nggak sesuai dengan yang diinginkan? Tenang aja, Sobat MEA tetap bisa membatalkan pesanan, kok. Usahakan untuk membatalkan pesanan di hari yang sama saat Sobat MEA memesan produknya. Akulaku akan menerima pembatalan pesanan jika memang Sobat MEA membeli produk yang salah.

4. Produk yang Dibeli Habis atau Kosong

Jika produk yang Sobat MEA pesan ternyata habis atau kosong, bisanya pihak penjual akan menghubungi Sobat MEA untuk melakukan pengembalian dana atau refund. Jadi Sobat MEA nggak perlu melakukan langkah-langkah cara membatalkan pesanan di Akulaku. Meski begitu, kadang ada seller juga yang akan meminta Sobat MEA untuk menunggu sampai produk tersedia kembali.

5. Pengiriman Belum Diatur Oleh Penjual

Syarat dan ketentuan terakhir untuk melakukan pembatalan pesanan adalah saat pengiriman produk belum diatur oleh penjual. Nah Sobat MEA juga bisa mengajukan pembatalan pesanan jika pihak penjual nggak segera mengatur pengiriman. Jika memang sudah seperti ini, Sobat MEA bisa mengajukan refund dan pihak Akulaku akan memproses pengajuan pembatalan pesanan dan mengembalikan dana sesuai harga produk.

6 Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Setelah memenuhi persyaratan di atas, saatnya Sobat MEA buat mengetahui bagaimana sih cara membatalkan pesanan di Akulaku yang mudah dan langsung bisa Sobat MEA coba. Nah ada 5 cara cara membatalkan pesanan di Akulaku yang harus Sobat MEA ketahui. Yuk langsung aja simak penjelasannya dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku via Chat ke Penjual

Cara pertama tentu saja langsung chat ke penjual atau sellernya secara langsung. Sobat MEA bisa membatalkan pesanan dengan chat langsung ke penjual jika ada masalah pada pesanan. Misalnya, produk yang sudah Sobat MEA pesan nggak segera dikirim atau produk yang diterima nggak sesuai dengan yang dipesan.

Jika seller nggak merespon sama sekali, maka Sobat MEA bisa menyimpan riwayat chat yang bisa digunakan sebagai bukti untuk memproses komplain ke pihak Akulaku secara langsung.

2. Menggunakan Menu Pusat Bantuan

Cara membatalkan pesanan di Akulaku selanjutnya adalah memanfaatkan menu Pusat Bantuan. Sama seperti di platform lain, menu ini memang khusus dibuat untuk membantu para pengguna Akulaku. Nah berikut ini adalah langkah-langkah membatalkan pesanan menggunakan menu Pusat Bantuan;

  • Pertama login aplikasi Akulaku.
  • Selanjutnya pilih bagian Personal kemudian pilih menu Pusat Bantuan.
  • Klik pilihan Refund untuk mengajukan pengembalian dana.
  • Jika sudah, akan muncul beberapa informasi mengenai proses refund dari platform Akulaku.
  • Selanjutnya klik Feedback dan isi informasi yang dibutuhkan.
  • Jika data yang Sobat MEA masukkan sudah lengkap, klik Kirim.
  • Selesai. Kini Sobat MEA sudah membatalkan pesanan dan tinggal menunggu konfirmasi pengembalian dana.

3. Menghubungi Penjual Lewat Aplikasi

Selain menggunakan kolom chat, ternayta Sobat MEA juga bisa melakukan pembatalan pesanan dengan menghubungi penjual via aplikasi, loh. Cara membatalkan pesanan di Akulaku yang ini sangat mudah loh. Sobat MEA Cukup buka aplikasi Akulaku, selanjutknya klik Pesananku. Jika sudah masuk pada menu Pesanan, Sobat MEA bisa klik tombol Hubungi yang ada di sebelah nama penjual. Lewat menu tersebut, Sobat MEA bisa melakukan pembatalan pesanan atau mengajukan refund.

4. Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Lewat Aplikasi

Sobat MEA juga bisa membatalkan pesanan di Akulaku melalui aplikasi langsung dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Akulaku.
  • Klik menu Bills untuk mengecek apakah limit sudah terpotong.
  • Jika limit terpotong, klik Pesananku.
  • Lalu lihat Hasil Pembayaran yang menunjukkan bahwa pesanan akan dibatalkan.
  • Klik Rincian Pesanan untuk melakukan pembatalan pesanan.
  • Kalau sudah yakin, klik Konfirmasi.
  • Jika sudah, Sobat MEA bisa periksa kembali ke menu Bills untuk melihat apakah limit sudah kembali.
  • Selesai. Pesanan yang sudah dibayarkan sudah berhasil dibatalkan.

5. Membatalkan Pesanan Dengan Menghubungi CS Akulaku

Jika keempat cara membatalkan pesanan di Akulaku nggak kunjung berhasil atau terdapat kendala, Sobat MEA bisa membatalkan pesanan dengan menghubungi pihak CS Akulaku secara langsung. Nah berikut ini adalah beberapa cara menghubungi CS Akulaku

  • Menghubungi CS melalui chat live di aplikasi.
  • Menghubungi via call center di nomor 1500 920.
  • Menghubungi via WhatsApp di nomor 0811 1350 8161.
  • Mengirimkan email ke cs.id@akulaku.com.

6. Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar

Jika Sobat MEA ingin melakukan pembatalan pesanan di Akulaku tapi sudah terlanjur membayar, nggak perlu khawatir. Ada cara yang bisa Sobat MEA untuk membatalkan pesanan meski sudah dibayar. Nah berikut ini tutorialnya:

  • Buka aplikasi Akulaku dan login menggunakan akun Sobat MEA.
  • Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu Akun di bagian kanan bawah tampilan aplikasi.
  • Berikutnya masuk ke menu Pesanan Saya dan pilih Siap Dikirim.
  • Pilih produk yang ingin Sobat MEA batalkan dan klik Detail.
  • Berikutnya ajukan refund melalui menu Jenis Pengembalian Dana. Sobat MEA wajib pilih Hanya Refund (Tidak Perlu Retur) untuk membatalkan pesanan ayang sudah dibayar.
  • Jika sudah, hubungi penjual terkait refund. Sobat MEA bisa chat penjual lewat halaman rincian refund.
  • Selesai. Sobat MEA tinggal menunggu pesanan dibatalkan. 
  • Jika proses pembatalan pesanan sudah selesai, maka dana akan dikembalikan ke menu Saldo dan dapat dicarikan ke rekening bank maupun e-wallet.

Itu dia beberapa cara membatalkan pesanan di Akulaku yang bisa Sobat MEA coba. Mudah sekali, bukan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang masih bingung bagaimana cara membatalkan pesanan di platform Akulaku ini ya!

You may also like

Leave a Comment