Cara Melihat Pelanggaran di TikTok, Akun Aman & Tetap Menyenangkan!

by Viki
cara melihat pelanggaran di tiktok

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Tapi seiring popularitasnya yang semakin tumbuh, penting bagi pengguna untuk memastikan keamanan dan integritasnya. Salah satu aspek penting dalam menjaga keamanannya adalah dengan cara melihat pelanggaran di TikTok. 

Selain itu, melaporkan pelanggaran yang terjadi di dalamnya juga sangat penting untuk dilakukan agar Sobat MEA tetap merasa nyaman ketika menjelajahi TikTok. Dalam hal ini, MiMe akan membahas tentang cara melihat pelanggaran di TikTok dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghadapinya.

Table of Contents

Pentingnya Melihat Pelanggaran di TikTok

Bukan tanpa sebab, melihat pelanggaran di TikTok memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan etika platform ini. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA mengetahui apa penyebab dan alasan TikTok menghapus konten yang Sobat MEA unggah.

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa melaporkan konten atau pengguna lain yang bertujuan untuk menjaga keamanan komunitas. Dengan melaporkan konten yang melanggar pedoman komunitas TikTok, pengguna dapat membantu mencegah penyebaran konten negatif, merugikan, atau ilegal. Pelanggaran yang sering dilaporkan meliputi pelecehan, kekerasan, kebencian, pornografi anak, serta perilaku tidak etis lainnya. 

Mau Jago Jualan di TikTok?
Yuk diskusi bareng seller berpengalaman dengan gabung komunitas bisnis TikTok MEA, dapatkan insight terbaru dan strategi sukses mereka dapat ribuan order tiap hari!

Selain itu, dengan melihat pelanggaran, TikTok dapat meningkatkan sistem pengawasan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga integritas platform. Lantas bagaimana cara melihat pelanggaran di TikTok? Yuk, simak lebih lanjut!

Cara Melihat Pelanggaran di TikTok

Apakah Sobat MEA pernah mengalami video di takedown atau dihapus oleh TikTok? Jangan-jangan hal ini terjadi karena Sobat MEA melanggar ketentuan dan pedoman yang ada? Nah biar nggak penasaran lagi, berikut adalah langkah-langkah dalam cara melihat pelanggaran di TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan:

  • Pastikan Sobat MEA sudah mengunduh aplikasi TikTok karena cara melihat pelanggaran di TikTok tidak bisa dilihat pada versi web.
  • Buka aplikasi lalu masuk ke halaman profil dengan mengklik foto profil yang akan di sebelah kanan bawah.
  • Klik postingan yang melanggar pedoman komunitas TikTok. Kemudian Sobat MEA akan melihat tulisan berupa alasan pelanggaran apa yang Sobat MEA lakukan.
  • Klik See Details untuk melihat detail pelanggaran secara lebih lengkap. Sobat MEA akan dibawa ke halaman yang menjelaskan mengenai pelanggaran spesifik yang dilakukan. Pada halaman ini, Sobat MEA juga bisa memberikan masukan apakah Sobat MEA setuju atau tidak dengan keputusan TikTok dalam menghapus video tersebut.
  • Kemudian Sobat MEA juga bisa mengajukan banding atas penghapusan konten.
Artikel Terkait  Ads TikTok, Penjelasan, Manfaat Sampai Keuntungannya
Jasa Iklan TikTok Profesional MEA
Jangan biarkan promosi stuck gitu-gitu aja, saatnya optimalkan bareng tim iklan profesional dari MEA! Yuk, konsultasikan sekarang~

Tindakan Setelah Melihat Pelanggaran di TikTok

Setelah melakukan cara mengetahui pelanggaran di TikTok, Sobat MEA juga bisa mengajukan banding agar konten tidak dihapus atau bisa dikembalikan. Namun sebelum melakukan banding, Sobat MEA harus mengaktifkan fitur analitik terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke halaman profil.
  • Klik ikon tiga garis di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  • Lanjutkan dengan klik Alat Kreator.
  • Pilih Analitik.
  • Aktifkan menu agar Sobat MEA bisa mengajukan banding.

Jika fitur analitik sudah diaktifkan, maka Sobat MEA bisa melanjutkan banding dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka video tidak memenuhi syarat untuk diunggah dan dinilai melanggar ketentuan TikTok.
  • Klik tombol Bagikan di sisi video, lalu lanjutkan opsi Analitik.
  • Klik Data Lainnya di sebelah bawah.
  • Selanjutnya klik Performa di bagian atas. Lalu klik notifikasi yang menampilkan bahwa konten Sobat MEA tidak memenuhi syarat.
  • Klik Banding di sebelah atas, lalu Sobat MEA bisa mengajukan banding dengan menyertakan alasan dan tidak setuju dengan pelanggaran jika fitur analitik sudah diaktifkan.

Cara Cek Pelanggaran di TikTok Shop

cara melihat pelanggaran di TikTok

Tidak hanya melihat untuk pelanggaran di akun pribadi saja, namun Sobat MEA juga bisa melakukan cara melihat pelanggaran di TikTok Shop, loh. Berikut adalah langkah-langkah dalam cara melihat poin pelanggaran di TikTok Shop:

  • Kunjungi laman Seller Center.
  • Lanjutkan dengan klik menu Shop Health di sebelah kiri bawah.
  • Klik Violation Records di halaman ini.
  • Pilih menu Product untuk melihat produk apa saja yang menyalahi kebijakan TikTok Shop.
  • Jika Sobat MEA ingin melihat jenis pelanggarannya, lihat pada kolom Violation Reason.
  • Sobat MEA juga bisa mengajukan branding produk yang terkena pelanggaran.
Artikel Terkait  Pakai Jasa Kelola TikTok MEA Untuk Optimasi Akun dan Konten yang Maksimal

Peran TikTok dalam Menangani Pelanggaran

TikTok sebagai platform memiliki tanggung jawab untuk menangani pelanggaran dan menjaga integritasnya. 

TikTok memiliki tim pengawasan yang bekerja untuk meninjau laporan pengguna dan mengambil tindakan yang diperlukan terhadap konten yang melanggar pedoman komunitas. Mereka juga berusaha meningkatkan algoritma dan filter untuk mencegah konten berbahaya muncul di platform. 

Selain itu, TikTok juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dan organisasi yang berkaitan dengan keamanan online untuk memperkuat upaya melawan pelanggaran dan menjaga lingkungan yang aman bagi pengguna.

Demikian cara melihat pelanggaran di TikTok dan beberapa tips lainnya. Hal ini tentu akan sangat penting dalam menjaga keamanan dan etika platform ini. Dengan begitu, Sobat MEA pun dapat menjaga TikTok tetap menjadi tempat yang menyenangkan dan bermanfaat bagi semua penggunanya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment