5 Cara Kerja Algoritma Instagram Tingkatkan Performa Konten!

by Fanny
cara kerja algoritma Instagram

Cara kerja algoritma Instagram selalu berubah-ubah untuk kenyamanan penggunanya. Tentu hal ini membuat Sobat MEA sebagai konten kreator maupun pebisnis online yang berjualan di Instagram harus bisa selalu mengikuti algoritma baru. Tapi tenang aja, dasar algoritma dari Instagram tidak mengalami banyak perubahan, kok.

Untuk itu pada artikel kali ini, kami akan membagikan mengenai apa itu algoritma Instagram, bagaimana cara kerja algoritma Instagram, serta beberapa tips untuk memaksimalkan konten di Instagram. Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Algoritma Instagram?

Mau Naikin Engagement di Instagram Secara Organik?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Sobat MEA penasaran nggak sih bagaimana caranya konten tertentu bisa muncul di halaman utama dan menu explore akun Instagram? Apakah konten muncul berdasarkan waktu diunggah? Atau muncul karena Sobat MEA mengikuti dan sering berinteraksi dengan pengguna tersebut? Atau karena Sobat MEA memiliki ketertarikan pada unggahan tersebut? Nah, semua ini adalah bagian dari cara kerja algoritma Instagram.

Pada dasarnya, algoritma Instagram adalah parameter yang digunakan untuk menentukan konten apa saja yang muncul di halaman utama, explore, dan bagaimana urutannya akan ditampilkan. Hal ini dilakukan berdasarkan minat dan perilaku pengguna di aplikasi Instagram. Dengan begitu, Instagram bisa menampilkan konten-konten yang relevan dan sesuai dengan kesukaan pengguna.

5 Cara Kerja Algoritma Instagram

Nggak ada waktu bikin konten di Instagram?
Mending pakai Jasa Kelola Akun Instagram aja dan kamu tinggal duduk santai nikmatin hasilnya. Klik di sini sekarang!

1. Minat Pengguna

Ketika Sobat MEA mengunggah suatu konten, maka algoritma Instagram akan mengkurasinya dan melihat konten tersebut masuk ke dalam kategori apa. Dengan begitu, Instagram akan mampu menampilkan konten Sobat MEA ke pengikut yang tepat. Cara kerja algoritma Instagram berikutnya ada yang disebut dengan score of interest yang akan menghitung seberapa besar kemungkinan audiens akan berinteraksi dengan konten yang Sobat MEA buat. Skor ini yang akan menentukan di urutan mana konten Sobat MEA akan ditampilkan.

2. Ketepatan Waktu

cara kerja algoritma Instagram

Cara kerja algoritma Instagram yang kedua adalah dengan mempertimbangkan kapan unggahan diunggah. Tidak hanya itu, bentuk unggahan berupa foto atau video juga akan mempengaruhi posisi konten untuk ditampilkan pada audiens. Hal ini karena algoritma Instagram juga menghitung frekuensi pemakaian pengguna serta bagaimana interaksi mereka dengan konten lain. 

Dengan begitu, algoritma Instagram akan memaksimalkan konten apa yang akan dimunculkan pada halaman utama pengguna. Untuk itu Sobat MEA harus mempertimbangkan jenis konten apa dan waktu pengunggahannya dengan baik agar konten bisa menjangkau lebih banyak audiens.

3. Frekuensi Pemakaian

Frekuensi pemakaian Instagram adalah seberapa sering audiens membuka aplikasi Instagram dalam satu hari. Semakin sering audiens Sobat MEA menggunakan Instagram, maka kemungkinan konten Sobat MEA untuk mereka lihat akan semakin tinggi. Instagram akan menampilkan konten secara kronologis atau sesuai dengan waktu posting karena aplikasi ini berusaha untuk menampilkan unggahan terbaru. 

Namun jika frekuensi pemakaian Instagram oleh audiens memiliki angka yang rendah, maka kecil kemungkinan konten Instagram Sobat MEA akan muncul di halaman utama akun audiens. Hal ini karena Instagram akan menampilkan highlight atau konten-konten yang menarik dan sekiranya akan mendapatkan interaksi dari audiens.

Artikel Terkait  TikTok Shop Buka Lagi, ini Cara Cuan Baru Seller TikTok yang Wajib Dipahami!

4. Pengguna yang Diikuti

cara kerja algoritma Instagram

Cara kerja algoritma Instagram berikutnya juga dilihat dari seberapa banyak akun yang diikuti. Semakin banyak following-nya, maka akan semakin kecil konten Sobat MEA akan muncul pada halaman beranda pengguna tersebut. Hal ini karena Instagram akan memprioritaskan unggahan yang relevan untuk ditampilkan ke halaman pengguna dari keseluruhan following yang ada.

5. Durasi Penggunaan

Durasi penggunaan ini adalah berapa lama audiens membuka aplikasi Instagram dalam satu waktu. Jadi jika audiens menghabiskan banyak waktu untuk melihat feed, maka kemungkinan besar konten Sobat MEA akan terlihat di halaman feed mereka. Namun jika audiens tadi hanya membuka Instagram dalam waktu singkat, maka kecil kemungkinan konten Sobat akan muncul di halaman feed mereka. 

Cara Meningkatkan Performa Konten dengan Memanfaatkan Algoritma Instagram

cara kerja algoritma Instagram

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja algoritma Instagram, sekarang kami akan membagikan beberapa tips agar performa konten Sobat MEA bisa meningkat dengan memanfaatkan algoritma yang ada. Berikut 5 tips mudahnya:

1. Unggah Konten Secara Konsisten

Algoritma Instagram melihat seberapa sering Sobat MEA mengunggah konten. Semakin sering Sobat MEA mengunggah konten, maka akun Sobat MEA cenderung menjadi akun prioritas yang akan meningkatkan performa akun. Pastikan Sobat MEA mengunggah konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci dan hashtag yang sesuai agar performa konten semakin meningkat.

2. Unggah di Prime Time

3. Maksimalkan Fitur Instagram

apa itu paid promote

Seperti yang kita ketahui, Instagram memiliki berbagai macam fitur yang bisa memaksimalkan cara kerja algoritma Instagram. Contohnya saja fitur Instagram Story yang memiliki berbagai fitur pelengkap untuk meningkatkan interaksi dengan audiens seperti polling, add yours, questions, quiz, dan fitur tambahan lainnya yang membuat konten menjadi lebih menarik dan interaktif.

4. Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Agar cara kerja algoritma Instagram bisa bekerja secara maksimal, maka Sobat MEA bisa berkolaborasi dengan pengguna lain seperti influencer atau content creator yang memiliki niche yang sama. Dengan begitu, konten Sobat MEA akan lebih mudah dikenali dan bisa menjangkau lebih banyak audiens.

5. Bangun Hubungan dengan Audiens

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa membangun hubungan dengan audiens seperti dengan aktif melakukan interaksi di unggahan yang ada. Seperti misalnya Sobat MEA membalas komentar, melakukan repost Instagram Story dari audiens yang menandai akun Sobat MEA, dan interaksi lainnya.

Sekian pembahasan mengenai 5 cara kerja algoritma Instagram dan tips meningkatkan performa konten di Instagram yang bisa Sobat MEA coba. Semoga ulasan ini bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment