Cara Jualan di Shopee Luar Negeri, Kriteria dan Keuntungannya. Udah Tahu Belum?

by Husna Rahman
kenapa viewers Shopee Video menurun

Shopee merupakan marketplace yang sudah mendunia. Di Indonesia, Shopee adalah salah satu marketplace terbesar dengan jumlah penjual yang banyak. Nggak hanya berjualan di dalam negeri, ternyata sekarang penjual Shopee juga bisa mengekspor barang. Emang bagaimana cara jualan di Shopee luar negeri?

Berdasarkan laman resmi Shopee, aplikasi ini memang telah menciptakan inovasi Ekspor Shopee agar para penjual bisa melakukan cara jualan ke luar negeri lewat Shopee. Hal ini bertujuan agar penjualan online dapat menjangkau pasar yang lebih luas, jadi Sobat MEA tidak hanya bisa melakukan penjualan ke luar kota saja, namun bisa sampai ke luar negeri. Cara mengaktifkan Shopee luar negeri bisa membantu Sobat MEA untuk merain pendapatan menjadi lebih banyak.

Table of Contents

Melakukan cara jualan di Shopee luar negeri tentu punya banyak keuntungan. Pasalnya, Sobat MEA bisa melebarkan pasar. Terlebih, aplikasi Shopee memudahkan cara jualan di Shopee luar negeri. 

Pengin tahu cara jualan di Shopee luar negeri? Daripada penasaran, Yuk, simak sampai habis penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Kenapa Perlu Ikut Program Ekspor Shopee?

Gabung Komunitas Seller Shopee GRATIS!
Yuk belajar dan sharing bareng cara berjualan di Shopee di Komunitas MEA

Para penjual dan pelaku UMKM Indonesia boleh berbangga hati. Pasalnya, Shopee kini memfasilitasi para seller UMKM lokal untuk berjualan di Shopee luar negeri. Melakukan penjualan ini merupakan bagian dari program ekspor Shopee.

Sama seperti cara belanja di Shopee luar negeri, tentu saja ada kriteria-kriteria tertentu untuk bisa melakukan cara jualan di Shopee luar negeri ini yang akan kami jelaskan lebih rinci di bawah.

Syarat dan Cara Jualan di Shopee Luar Negeri

Mau jadi penjual Shopee yang sukses?
Gabung kelas Shopee MEA aja!

Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak kriteria yang harus Sobat MEA penuhi untuk daftar Shopee luar negeri dan cara mengaktifkan Shopee luar negeri. Berikut adalah kriterianya:

  1. Toko memiliki minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 2 barang.
  2. Toko memiliki akumulasi poin penalti < 3.
  3. Toko berstatus aktif (tidak sedang mengaktifkan fitur Toko Libur).
  4. Toko telah aktif selama >= 3 bulan.
  5. Toko memiliki tingkat pembatalan pesanan <= 3% selama 90 hari terakhir.
  6. Toko memiliki penjualan >= 1 selama 30 hari terakhir.
  7. Toko menjual produk yang tidak termasuk dalam daftar terlarang untuk dijual di luar negeri.
  8. Toko mengaktifkan jasa kirim Shopee Express Standard, JNE Regular, J&T Express, SiCepat REG, ID Express, Antaraja, atau Ninja Xpress.
  9. Penjual Kategori Kesehatan dan Perawatan & Kecantikan harus memiliki lisensi BPOM untuk produk yang dijual.
  10. Penjual kategori Makanan & Minuman harus memiliki produk dengan masa kedaluwarsa > 2 minggu dan memiliki izin/sertifikasi BPOM atau PIRT
  11. Tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi.
  12. Terakhir, syarat dalam cara jualan di Shopee luar negeri adalah penjual bukan lah seorang dropshipper.

Cara Daftar Shopee Ekspor

  1. Buka aplikasi Shopee di HP, pastikan sudah login ke akun toko.
  2. Lalu pergi ke halaman Ekspor Shopee.
  3. Pilih opsi Daftar Sekarang. Pastikan Sobat MEA mengakses halaman ini menggunakan aplikasi Shopee di HP. 
  4. Selanjutnya, isi formulir dengan lengkap dan akurat.
  5. Terakhir, tunggu konfirmasi dari pihak Shopee. Jika disetujui, toko akan diikutsertakan dalam program Ekspor Shopee.
  6. Selesai!

Perlu diketahui, pada cara mengaktifkan Shopee luar negeri ini, pihak Shopee akan meninjau akun Sobat MEA terlebih dahulu. Proses ini bisa memakan waktu paling lambat tiga minggu setelah pendaftaran. Tapi jika Shopee tidak menyetujui, Sobat MEA akan mendapatkan notifikasinya paling lambat dalam satu minggu. 

Keuntungan Jualan di Shopee Luar Negeri

Mau toko Shopee kamu auto pilot?
Yuk kerja sama bareng tim manajemen Shopee MEA!

Setelah tahu mengenai banyaknya syarat serta kriteria yang harus terpenuhi, lantas apa sih keuntungan dari cara jualan di Shopee luar negeri? Tentu saja ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Keuntungan pertama yang bisa Sobat MEA dapatkan adalah peningkatan penjualan. Pasalnya, Shopee akan membantu menjual produk milik Sobat MEA di luar negeri. Dua negara tersebut antara lain Malaysia dan Singapura.

Keuntungan lain yang akan Sobat MEA dapatkan adalah adalah pendaftaran yang gratis dan kemudahan dalam menjalankannya.  Hampir sebagian besar proses penjualannya mendapat bantuan oleh pihak Shopee.

Cara Belanja di Shopee Luar Negeri

Tidak hanya membagikan cara jualan di Shopee luar negeri saja, kami juga akan membagikan bagaimana cara belanja di Shopee luar negeri. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi Shopee pada perangkat dan cari produk yang Sobat MEA inginkan pada kolom pencarian.
  • Setelah daftar produk rekomendasi muncul, lanjutkan cara belanja di Shopee luar negeri dengan klik Filter di sebelah kanan atas. Sobat MEA juga bisa klik menu Pengiriman.
  • Pada menu Lokasi, klik Lihat Lainnya untuk melihat pilihan lokasi penjual yang ada di luar negeri.
  • Klik Luar Negeri lalu klik Pakai untuk menerapkan filter yang telah dipilih.
  • Jika sebelumnya Sobat MEA menggunakan pilihan Pengiriman, Sobat MEA bisa langsung melanjutkan dengan klik Dari Luar Negeri dan klik Terapkan untuk mengaktifkan filter ini.
  • Tunggu hingga daftar produk rekomendasi akan ditampilkan.
  • Jika semua produk sudah muncul, Sobat MEA bisa langsung memilih produk yang diinginkan dari Shopee luar negeri.
Artikel Terkait  Cara Kurban Online Lewat Shopee, Mudah dan Terpercaya. Tertarik?

Nah itu dia beberapa cara jualan produk di Shopee luar negeri hingga cara membelinya. Gimana Sobat MEA? Apakah Sobat MEA tertarik untuk menggunakan Shopee sebagai platform berjualan ke luar negeri?

You may also like

Leave a Comment