Buat Video TikTok Lebih Menarik Lewat Cara Edit Sound TikTok Ini! Siap-Siap Viral~

by Viki
cara edit sound tiktok

Sebagai sosial media kreatif untuk berbagi video, TikTok telah membangun fitur-fitur lainnya untuk mempercantik video yang akan diposting, seperti musik dan efek suara lainnya. Tapi jika Sobat MEA merupakan pemula TikTok, mungkin belum tahu cara edit sound TikTok. Oleh karena itu, simak selengkapnya di artikel ini!

Jangan anggap remeh, sound juga memiliki peranan penting dalam sebuah postingan TikTok. Dalam syarat video agar FYP pun kreator wajib memasukkan sound yang bisa boost jangkauan audiens. Sound juga mampu mewakili apa yang ingin Sobat MEA sampaikan dalam video tersebut. 

Itulah mengapa TikTok menyediakan fitur pengeditan video yang memudahkan pengguna terutama bagi pengguna pemula yang masih awam dalam hal editing. Lengkap dengan sound berupa musik atau efek suara lainnya yang bisa pengguna pilih untuk melengkapi tampilan video. 

 Yup, TikTok memang sangat terbuka dengan berbagai jenis kreativitas sehingga sound juga bisa pengguna modifikasi sesuai kebutuhan. Dan cara edit sound TikTok yang sudah di upload maupun yang belum pun bermacam-macam. Dalam hal ini, MiMe pun akan jelaskan satu persatu caranya baik untuk musik hingga membuat sound sendiri. Simak di bawah ini!

Cara Pakai Sound di TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!
  • Buka aplikasi TikTok di perangkat seluler.
  • Klik ikon + yang ada di bagian tengah bawah layar.
  • Rekam video yang baru atau unggah yang sudah ada dari galeri perangkat. 
  • Setelah itu, klik ikon Suara di sudut kiri bawah layar. 
  • Lalu pilih lagu yang Sobat MEA inginkan dari daftar. 
  • Pastikan klik Lainnya untuk melihat menu lengkap. 
  • Terakhir, klik tanda centang merah lalu klik Berikutnya.
  • Jika sudah, Sobat MEA akan melihat pratinjau video sebelum posting. Jika belum puas dengan hasil suaranya, Sobat MEA bisa memulai dari awal kapan saja.

Tapi terkadang musik yang tersedia di TikTok terlalu panjang. Sementara video TikTok sangat terbatas hanya sepanjang 15 detik hingga 3 menit. Oleh karena itu perlu Sobat MEA potong terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara memotong musik panjang di TikTok?

Cara Memotong Musik Panjang di Video TikTok

Satu yang perlu Sobat MEA ingat, Video TikTokmu hanya akan berdurasi antara 15 detik hingga 3 menit. Tentu saja Sobat MEA tidak bisa memasukkan seluruh lagu ke dalam video. Jadi Sobat MEA perlu memotongnya dengan tepat dan gunakan bagian musik yang cocok dengan klip video saja 

Adapun langkah-langkah yang harus Sobat MEA lakukan untuk memotong musik panjang di video TikTok, antara lain:

  • Buka aplikasi TikTok di HP.
  • Pilih menu Add New atau tekan ikon [ + ] yang ada di bagian bawah tengah layar.
  • Untuk video baru, pilih Add a sound atau Tambahkan suara di bagian atas layar. Sedangkan untuk mengunggah video, silakan unggah seperti biasa, lalu pilih menu Sounds atau Suara.
  • Selanjutnya, klik ikon Gunting pada suara yang dipilih
  • Sobat MEA akan mendapatkan serangkaian gambar wave suara, seret ujung kotak putih yang ada di luar wave dan sesuaikan dengan durasi video yang diinginkan.
  • Jika sudah sesuai, klik tombol Done atau Selesai.
  • Selesai! Sobat MEA sudah berhasil memotong lagu sesuai dengan keinginan.

Cara Menambahkan Sound Effect di Video TikTok

Saatnya Ngonten di TikTok Lebih Cuan Bareng MCN TikTok MEA!
Karena akan banyak seller potensial yang siap bekerja sama mengembangkan bisnis beserta bimbingan yang full daging dari mentor expert MEA~

Eits, jangan salah, musik bukan satu-satunya jenis suara yang dapat Sobat MEA tambahkan ke video TikTok. Ada banyak efek suara lain yang bisa Sobat MEA gunakan seperti “Selamat Ulang Tahun”, klip pendek dari film terkenal, adegan acara TV, hingga suara sendiri.

Ada banyak opsi untuk menggunakannya. Sobat MEA juga bisa menggunakan kolom pencarian untuk menjelajahi semua pilihan sound yang cocok untuk video TikTokmu. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menambah efek suara, antara lain:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP.
  2. Rekam atau upload video TikTok yang diinginkan. 
  3. Di deretan menu sebelah kanan, klik ikon Suara atau Sound.
  4. Lalu akan muncul berbagai sound effect, silakan pilih efek suara yang diinginkan (misalnya, efek mic).
  5. Setelah itu, audio yang ada di video tersebut akan berubah menjadi efek suara yang telah dipilih. 
  6. Jika ingin menggunakan suara sendiri, klik menu Suara di bagian kanan video dan klik tombol Rekam, lalu buat voice over sendiri. 
  7. Jika sudah sesuai, klik Berikutnya untuk memposting hasil video.
  8. Selesai! Sobat MEA berhasil membuat video dengan efek suara. 

Bagaimana? Mudah bukan? Dan tentunya cara edit sound TikTok ini beragam jenisnya. Tidak terbatas pada musik, ternyata ada banyak pilihan efek suara lain yang mampu membuat videomu makin berkesan, asyik, dan menarik bagi penonton. Selamat berkreasi!

You may also like

Leave a Comment