Sudah Tahu Belum? Ini Cara Download Laporan Penjualan Tokopedia. Penting Banget!

cara download laporan penjualan tokopedia

Sobat MEA tahu belum? Seller di Tokopedia perlu memiliki laporan penjualan yang rapi dan teratur agar evaluasi dan rekapitulasi di tokomu sesuai. Oleh karena itu, jika Sobat MEA berjualan di Tokopedia, perlu tahu cara download laporan penjualan Tokopedia.

Tokopedia menyediakan berbagai fitur menarik untuk seller yang membantu seller melakukan seluruh aktivitas penjualan. Salah satu fitur yang tidak boleh seller lewatkan yaitu laporan penjualan. 

Ingin Jadi Seller Juara di Tokopedia?

Yuk ketahui metode jitu jualan di Tokopedia hingga jadi seller juara dengan omzet melimpah!

Laporan penjualan yang baik adalah laporan yang tidak memiliki begitu banyak hutang. Karena penjualan yang baik adalah laporan keuangan yang dapat seller pahami. Jika bisnis tidak lancar, dapat mempertimbangkan produk yang dapat dengan mudah terjual.

Dengan adanya laporan keuangan, seller dapat mengetahui sisa dari uang yang keluar agar dapat mengembangkan bisnisnya. Selain itu, laporan keuangan juga memiliki laporan keuangan neraca yang menganalisa untung atau ruginya sebuah bisnis.

Laporan keuangan neraca dapat meningkatkan aset, tujuan atau modal. Neraca akan berubah sesuai dengan aktivitas finansial yang terjadi. Oleh karena itu, pada bagian aktiva dan pasiva harus seimbang. 

Nah, begitulah ulasan singkat mengenai laporan penjualan yang ada dalam sebuah bisnis termasuk di Tokopedia. Lantas mengapa sih laporan penjualan ini begitu pentingnya bagi seller? Apa manfaatnya? Mengapa perlu mendownloadnya?

Mengapa Laporan Penjualan Sangat Penting Bagi Seller?

Dengan laporan penjualan yang baik, Sobat MEA pun jadi lebih mudah menyusun strategi penjualan yang tepat. Lalu perlu Sobat MEA download untuk mempermudah rekapitulasi penjualan di toko yang Sobat MEA jalani.

Selain itu, Sobat MEA juga dapat melihat daftar transaksi yang keluar dan masuk dalam buku kas yang akan menentukan posisi sebuah usaha. Karena usaha yang baik mengetahui jumlah angka pendapatan bersih. 

Maka sudah tahu bukan mengapa Sobat MEA perlu mengetahui laporan penjualan Tokopedia? Nah, untuk mendapatkannya, Sobat MEA bisa mendownload laporan penjualan di tokomu dengan cara klik ‘Download Laporan Penjualan’ di halaman Tokopedia Seller.

Tapi untuk cara download laporan penjualan Tokopedia secara lengkap, MiMe akan uraikan di bawah ini. Simak!

Cara Unduh Laporan Penjualan di Tokopedia

Say No To Capek Urus Toko!

Karena sekarang udah gak jaman urus toko sendirian! Bahkan kamu bisa dibantu sama tim manajemen Tokopedia yang handal dan hasil lebih maksimal!

Melansir laman Tokopedia seller, ada beberapa langkah yang harus Sobat MEA lakukan untuk mendownload dan mengetahui laporan penjualan di Tokopedia. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses halaman Tokopedia Seller, lalu pilih Penjualan, dan klik Download Laporan Penjualan.
  2. Tapi sebelum download laporan, pastikan Sobat MEA sudah membaca ketentuan penggunaan data di Tokopedia. Jika setuju, Centang persetujuan penggunaan data, lalu klik Ya, Saya Setuju
  3. Pastikan Sobat MEA tidak menyalahgunakan data tersebut.
  4. Atur rentang Waktu Download Laporan Penjualan, dan klik Minta Laporan. Sobat MEA bisa download laporan berkali-kali dan terdownload secara otomatis maksimal hingga 31 hari.
  5. Terakhir, klik Download pada daftar Laporanmu. 
  6. Selesai! Sobat MEA akan mendapat notifikasi jika laporan terdownload atau gagal. Sementara data yang akan tampil berupa file yang berformat Excel.

Yup begitulah penjelasan mengenai laporan penjualan di Tokopedia. Bagaimana? Cara download laporan penjualan Tokopedia sangat mudah, bukan? 

Jadi masih mau mengabaikan laporan penjualan atau justru mulai memperhatikannya untuk jadi acuan bisnis nih, Sobat MEA? Tentunya gunakan dengan sebaik-baiknya ya! Semangat!

Dari Kaki Lima Menuju Toko Bintang Lima

Gak apa-apa baru mulai jualan. Asal tahu strategi suksesnya! Dan kamu bisa banget punya toko bintang lima meski dimulai dari kaki lima. Dongkak omzetmu di sini!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.