6 Cara Agar Shopee Affiliate Tidak Kena Pelanggaran

by Viki
cara agar shopee affiliate tidak kena pelanggaran

Seperti yang kita ketahui, Shopee Affiliate sering digunakan oleh pengguna Shopee untuk meraup penghasilan tambahan. Tapi sama seperti platform lainnya, Shopee juga memiliki aturan dan standar untuk dapat mengikuti Shopee Affiliate Program. Ini wajib diikuti agar sesi program dapat berjalan lancar. Lantas bagaimana cara agar Shopee Affiliate tidak kena pelanggaran?

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan tips and trick seputar Shopee Affiliate dan jenis pelanggarannya hingga bagaimana cara agar Shopee Affiliate tidak kena pelanggaran dan menghasilkan penjualan dengan aman.

Table of Contents

Apa itu Pelanggaran Shopee Affiliate?

Saatnya gabung MCN MEA dan dapatkan berbagai keuntungannya!
Mulai dari komisi ekstra, sample gratis, bonus emas sampai bonus liburan ke luar negeri!

Melansir laman resmi Shopee, pelanggaran Shopee Affiliate adalah tindakan yang dilarang oleh pihak Shopee berupa konten yang tidak mencapai standar minimum dari platform. Pelanggaran ini bisa berupa perilaku verbal dan perilaku non-verbal pada saat sesi streaming meliputi foto produk, judul, dan cover live streaming, serta menyematkan komentar yang tidak pantas. 

Adapun contoh pelanggaran dalam Shopee Affliate meliputi penggunaan bahasa kasar, konten tidak sesuai, atau tindakan yang mengganggu kenyamanan pembeli pada saat siaran berlangsung.

Jenis-Jenis Pelanggaran Shopee Affiliate

Selain uraian di atas, Shopee Affiliate tentunya memiliki berbagai jenis pelanggaran lainnya yang harus dihindari agar tidak mengganggu performa penjualan. Jenis-jenis pelanggaran ini meliputi pelanggaran Shopee Live dan pelanggaran Shopee Video. 

Sebagaimana program Shopee Affiliate biasanya mengandalkan dua fitur fenomenal ini untuk meningkatkan penjualan. Lantas, apa saja jenis-jenis pelanggaran Shopee Affiliate yang harus para creator hindari?

Pelanggaran Live Shopee

Mau Jago Jualan di Shopee Lewat Shopee Live yang Ramai Penonton?
Pastikan kamu kupas tuntas rahasia suksesnya di komunitas seller Shopee MEA!
  • Kualitas video siaran tidak sesuai dengan standar minimum Shopee Live, seperti tampilan yang kabur atau tidak jelas.
  • Menjual produk ilegal atau barang-barang yang dilarang Shopee.
  • Melakukan hal-hal atau membuat konten yang merugikan dan membahayakan penonton.
  • Meminta pembeli untuk bertransaksi di luar platform Shopee.
  • Menawarkan produk yang memiliki batasan atau persyaratan tertentu.
  • Membuat konten yang bersifat seksual atau pornografi.
  • Melakukan hal-hal yang tidak pantas, seperti menggunakan bahasa kasar atau berulang, pelecehan verbal, dan perilaku mengganggu lainnya. 
  • Pengguna belum mencapai usia minimal yang berlaku. 

Pelanggaran Shopee Video

Selain Live Shopee, ada juga beberapa pelanggaran yang ditetapkan pada Shopee Video untuk program Shopee Affiliate. Berikut beberapa pelanggaran Shopee Video yang perlu dihindari:

  • Membuat konten ekstremisme dan kekerasan seperti membunuh dan menyiksa hewan dan manusia lain, memperlihatkan kematian yang kejam, membahayakan psikologis anak, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan gambar yang mengandung seksual dan ketelanjangan seputar menampilkan aktivitas seksual, melakukan ketelanjangan, mempromosikan jasa seksual, memberikan instruksi bunuh diri, dan lain sebagainya. 
  • Melakukan perilaku yang berbahaya seperti balap liar, penggunaan benda tajam, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, menunjukkan senjata api, dan lain sebagainya.
  • Mempromosikan barang-barang dilarang oleh Shopee seperti narkoba, alkohol, alat perjudian, rokok, tembakau, produk penipuan atau scam, dan lain sebagainya. 
  • Menampilkan tindakan kebencian seperti menyerang atribut yang dilindungi seperti Ras, Etnis, Kebangsaan, Agama, Orientasi Seksual, Gender, Disabilitas, dan lain sebagainya.
  • Memberikan tautan atau URL yang tidak teridentifikasi tapi bukan dimaksudkan untuk memasarkan konten dari platform lain yang berbahaya. 
  • Membagikan konten orang lain, menyalahi hak cipta, dan meniru karya orang lain tanpa seizin pemiliknya. 

Jenis Penalti Pelanggaran Shopee Affiliate

Penalti Pelanggaran Shopee Live

Perlu diingat, jika Sobat MEA melanggar aturan dan kebijakan Shopee, Sobat MEA bisa dikenakan penalti. Jenis penalti sendiri bisa bervariasi. Pertama, Sobat MEA mungkin akan mendapatkan notifikasi berupa peringatan pertama. Penalti ini masih memberikan peluang untuk memperbaiki kesalahan. 

Tapi jika Sobat MEA melakukan pelanggaran yang serius, konsekuensinya akan lebih berat, mulai dari pembatasan akses fitur streaming,  pemblokiran akses selama jangka waktu tertentu, hingga pemblokiran akun secara permanen.

Penalti Pelanggaran Shopee Video

Sedangkan untuk akses Shopee Video, jika melakukan pelanggaran, pengguna tidak akan dapat meng-upload video, tapi dapat memberikan komentar atau sebaliknya, bahkan pengguna tidak dapat meng-upload video maupun berkomentar secara sementara hingga permanen. 

Pengguna juga bisa berkemungkinan komisi afiliasi tidak dapat ditarik atau bahkan tidak dibayarkan selama periode tertentu meskipun sebelumnya telah mendapatkan penjualan dari video. 

Penalti Pelanggaran Shopee (Umum)

Bukan hanya itu, jika Sobat MEA melakukan pelanggaran Shopee, Sobat MEA akan kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program-program dan kompetisi bergengsi di Shopee. Bahkan ini dapat berdampak pada visibilitas dan kesuksesan bisnis secara signifikan. Kemungkinan penurunan performa streaming dan jumlah penonton juga tidak kalah besar. 

Tidak tanggung-tanggung, Shopee juga bisa memberikan penalti yang paling berat yaitu pembekuan akun Shopee secara permanen. Itulah mengapa Sobat MEA perlu menggunakan akun Shopee dan berbagai fitur yang ada secara bijak dan hati-hati. 

Cara Agar Shopee Affiliate Tidak Kena Pelanggaran

layanan mcn shopee mea
  1. Pastikan Sobat MEA tidak menjual produk yang dilarang dan dibatasi dan tidak termasuk dalam Daftar Produk yang Dilarang.
  2. Sobat MEA tidak menjual produk yang mengandung situs eksternal, informasi pribadi, atau informasi tidak akurat pada nama, deskripsi, serta foto produk.
  3. Selain itu, produk yang dijual bukan obat medis/suplemen/obat terlarang yang dapat membahayakan kesehatan.
  4. Periksa kembali rincian produk yang dijual, pastikan keterangannya sudah benar untuk menghindari spam.
  5. Jika produkmu dihapus karena dianggap melakukan pelanggaran produk, jangan upload ulang produk tersebut. 
  6. Kemudian jika produk diblokir, harap periksa kembali dan ubah keterangannya sebelum mengupload ulang.
  7. Bergabung dengan MCN Shopee MEA agar mendapat informasi paling terbaru dan dibantu saat terkena pelanggaran.

Sekian penjelasan tentang cara agar Shopee Affiliate tidak kena pelanggaran. Untuk itu, pastikan Sobat MEA tetap melakukan live streaming dengan bijak, memahami aturan, menjaga kualitas konten, dan berperilaku etis. Dengan begitu, Sobat MEA bisa menjaga akun tetap aman dan pertumbuhan bisnis lebih signifikan seiring dengan promosi yang dilakukan. Semoga sukses!

You may also like

Leave a Comment