Apa itu SEO Instagram dan 5 Cara Optimasinya. Mudah!

cara beralih ke akun pribadi Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi yang tidak hanya digunakan untuk membagikan foto atau menarik saja, namun bisa juga Sobat MEA manfaatkan sebagai salah satu platform untuk memasarkan produk. Inilah mengapa sebagai pebisnis online, Sobat MEA juga perlu mengetahui apa itu SEO Instagram dan bagaimana cara optimasinya.

Dengan memahami tentang apa itu SEO Instagram dan serba-serbinya, Sobat MEA akan lebih mudah untuk menjangkau audiens yang akan meningkatkan penjualan dan pendapatan. Untuk Sobat MEA yang masih bingung dan awam tentang hal ini, wajib banget simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu SEO Instagram?

Mau tau cara meningkatkan followers dan engagement Instagram secara organik?
Gabung ke komunitas dan dapatkan tipsnya dari ahlinya secara langsung. Gratis!

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu metode penting yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan pada mesin pencari. Salah satu cara untuk menerapkan SEO ini adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Lalu, apa itu SEO Instagram dan apa pentingnya menerapkannya pada akun bisnis?

Untuk meningkatkan pengikut dan engagement akun dan unggahan, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun Sobat MEA mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya, bukan? Nah, inilah pengertian dan peran dari SEO Instagram, yaitu untuk membuat akun bisnis Sobat MEA semakin mudah untuk ditemukan oleh audiens.

Lantas apa itu SEO Instagram? Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik bahwa SEO Instagram adalah proses mengoptimalkan konten dengan pemilihan kata kunci dan hashtag yang tepat agar unggahan Sobat MEA muncul di daftar teratas. Dengan begitu, peluang akun bisnis Sobat MEA untuk ditemukan dan dikenali oleh audiens akan semakin meningkat.

5 Cara Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Bingung cara menaikkan reach dan engagement Instagram?
Kami menyediakan jasa kelola akun dan optimasi Instagram yang dikerjakan oleh tim profesional. Dapatkan jasanya di sini!

Setelah menjelaskan apa itu SEO Instagram, sekarang kami akan membagikan bagaimana cara optimasinya agar akun bisnis Sobat MEA semakin cuan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan dalam menerapkan SEO Instagram untuk pemula:

1. Profil Instagram

Salah satu tempat yang efektif untuk menerapkan apa itu SEO Instagram adalah menyematkannya pada profil Instagram. Seperti misalnya saja Sobat MEA menjual produk skincare yang fokus pada masalah jerawat. Nah, Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan masalah jerawat dan memasukkannya pada bio Instagram.

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa menyematkan kata kunci pada username dan display nama pada akun Instagram. Namun jika Sobat MEA sudah memiliki nama brand sendiri yang tidak mencantumkan kata kunci secara spesifik, cukup memasukkan kata kunci pada bio dan display name saja sudah cukup.

2. Gunakan Hashtag

apa itu SEO instagram

Optimasi dalam apa itu SEO Instagram juga bisa Sobat MEA terapkan pada pemilihan hashtag yang akan disematkan pada setiap unggahan. Pastikan Sobat MEA memilih hashtag yang relevan dengan konten dan jenis produk yang diunggah. Hal ini karena hashtag mengandung kata kunci yang juga akan memudahkan unggahan Sobat MEA untuk ditemukan oleh audiens.

Hindari pemakaian hashtag yang terlalu banyak, tidak relevan dengan unggahan, atau pemakaian hashtag yang terlalu umum karena hanya akan membuat unggahan Sobat MEA tenggelam dengan unggahan relevan lainnya.

3. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Ketika sudah memahami apa itu SEO Instagram, Sobat MEA juga harus mulai mencari tahu bagaimana cara mencari kata kunci yang tepat pada setiap unggahan. Tentu saja kata kunci untuk produk perawatan kulit dan makanan akan berbeda, bukan? 

Jika Sobat MEA masih kebingungan bagaimana cara menentukan kata kuncinya, Sobat MEA bisa melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor. Jangan lupa juga untuk memasukkan kata kunci ini pada bio akun, display nametext alt, dan caption dalam setiap unggahan.

4. Cantumkan Kata Kunci pada Alt Text

apa itu seo instagram

Saat ini, Sobat MEA bisa memasukkan tulisan pada fitur yang tersedia di Instagram, yaitu alt text. Manfaat dari fitur ini adalah untuk menandai atau menuliskan gambar yang diunggah. Nah alt text ini bisa Sobat MEA isi dengan kata kunci yang relevan agar gambar atau unggahan akan langsung muncul pada pencarian.

Cara memasukkan alt text ini sangat mudah. Sobat MEA hanya perlu melakukan pengaturan lanjutan sebelum mengunggah konten ke feed dengan memasukkan deskripsi pada kolom alt text yang tersedia. Setelah itu, Sobat MEA bisa langsung klik Post dan mengunggah kontennya, deh!

5. Buat Kata Kunci Turunan

Kata kunci ini bisa sangat luas hingga spesifik. Seperti misalnya saja Sobat MEA menyediakan produk perawatan untuk kulit berjerawat. Maka Sobat MEA menggunakan kata kunci, “acne care”, misalnya. Tentu masalah jerawat ini beragam bukan? Ada masalah jerawat meradang, jerawat batu, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Nah, Sobat MEA bisa membuat kata kunci turunan dari kata kunci utama untuk membuat keyword yang lebih spesifik.

Pemakaian kata kunci yang lebih jelas ini akan mengerucutkan target audiens. Jadi Sobat MEA bisa mendapatkan audiens yang membutuhkan produk spesifik. Sedangkan jika hanya mencantumkan kata kunci utama.

 Sobat MEA hanya akan menjangkau audiens secara luas dan banyak, nemun belum tentu produk Sobat MEA ini adalah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh audiens. Inilah mengapa membuat kata kunci turunan itu penting.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu SEO Instagram hingga cara optimasinya. Semoga ulasan ini membantu Sobat MEA yang ingin meningkatkan folowers dan engagement akun, ya. Aamiin~

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.