Apa itu MCN? Ini Penjelasan, Manfaat dan Cara Bergabungnya!

by Bimboi
apa itu mcn

Sekarang lagi ngetren banget nih istilah MCN di kalangan content creator atau affiliator di Indonesia. Pertanyaanya, memang apa itu MCN? Bagaimana cara bergabungnya? Kenapa banyak content creator dan affiliator yang ingin bergabung dengan MCN? Apa saja jenis-jenis MCN?

Sebenarnya, MCN bukanlah istilah baru di dunia bisnis online maupun di kalangan content creator. Namun, istilah MCN ini semakin banyak digunakan orang karena mulai menjamurnya affiliate marketing di Indonesia. 

Terlepas dari itu semua, dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai apa itu MCN, manfaat sampai cara bergabungnya. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasannya sampai habis!

Table of Contents

Apa itu MCN?

Saatnya belajar bikin konten yang menarik agar hasilkan cuan gede
Yuk gabung ke komunitas content creator MEA sekarang juga!

 (Multi-Channel Network atau MCN)adalah perusahaan yang bergerak dalam industri digital yang berfokus pada platform sosial media atau e-commerce. MCN menjadi perantara antara kreator dengan business owner yang ingin meningkatkan sales dan juga awareness brand mereka. 

Bentuk promosi dapat berupa konten video, live streaming, atau affiliate marketing. Terlihat tidak jauh berbeda bukan dengan pekerjaan affiliator dan konten kreator pada umumnya?

Menariknya, Sobat MEA yang sudah bergabung dengan MCN memiliki keuntungan lebih. Lalu apa saja keuntungan bergabung dengan MCN baik bagi konten kreator maupun pebisnis? 

Keuntungan Gabung MCN untuk Pebisnis dan Content Creator

buku tiktok shop

3 Keuntungan Utama Bagi Business Owner

Pertama kita akan membahas keuntungan utama bagi para pemilik bisnis terlebih dahulu. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan utamanya:

1. Terhubung dengan Banyak Kreator

Para business owner yang menggunakan jasa MCN dapat memilih kreator berpengalaman sesuai dengan bidang atau niche market para business owner. Jadi, untuk Sobat MEA yang menjual sparepart motor, pasti akan diarahkan ke kreator yang memiliki pengalaman dalam bidang otomotif dan mengerti seluk beluk sparepart motor. Sehingga target market yang disasar oleh kreator lebih spesifik sesuai dengan niche market.

2. Promosi Lebih Luas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Sobat MEA akan diarahkan ke kreator yang memiliki niche market yang  sesuai produk atau jasa yang Sobat MEA jual. Sehingga, mempromosikan produk akan lebih mudah, lebih luas dan akan tersasar sesuai dengan target market Hal ini juga memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens baru.

3. Mitra Berpengalaman

Jika Sobat MEA melakukan promosi melalui kreator biasa dan kreator berpengalaman, pastinya akan berbeda hasilnya. MCN melalukan kurasi disetiap dalam memilih kreator untuk memasarkan produk para business owner. Tentunya para kreator berpengalaman memiliki skill yang memumpuni dalam menggaet hati para konsumen.  

Sehingga, selain mempromosikan produk, kreator dari MCN juga akan membantu meningkatkan penjualan dan juga membangun interaksi antar konsumen dengan brand.

3 Keuntungan Bagi Content Creator

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dari sisi pebisnis, Sobat MEA juga harus tahu apa sih keuntungan bergabung dengan MCN jika kita adalah seorang content creator? Berikut ini ada 3 keuntungannya:

1. Mendapatkan Sampel Produk Gratis

2. Mendapatkan Komisi

Selain mendapat sampel produk gratis, Sobat MEA juga akan mendapat komisi disetiap produk yang terjual. Persenan komisi affiliate bisa berbeda beda, mulai dari 1% hingga 10% berdasarkan kategori produk yang dipromosikan. 

Dengan bergabung dengan MCN, Sobat MEA bisa mendapatkan komisi lebih besar dari konten kreator affiliate yang nggak bergabung dengan MCN.

3. Boost Traffic saat Live

Keuntungan terakhir ini sebenarnya menguntungkan untuk kedua belah pihak, yaitu business owner dan kreator. karena MCN bisa membantu kreator saat live untuk boost traffic

Selain views yang meningkat, penjualan juga memungkinkan untuk meningkat, mengingat views yang naik juga memungkinkan orang untuk membeli suatu produk yang sedang dipromosikan. 

2 Jenis MCN yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu MCN dan keuntungannya bagi pebisnis dan content creator, Sobat MEA juga harus mengetahui 2 jenis MCN yang populer di Indonesia. Berikut adalah penjelasannya:

1. MCN Shopee

mcn shopee

Mengutip dari laman resmi Shopee, MCN atau Multi Channel Network Shopee merupakan mitra pihak ketiga yang bekerja sama dengan entitas bisnis yang membuat promosi sebuah produk atau toko melalui content creator/affiliator untuk sebuah brand atau business owner. Toko dan produk Sobat MEA dapat dipromosikan oleh kreator dan Influencer melalui fitur Shopee Live, Shopee Video, dan Affiliate Marketing Solutions.

2. MCN TikTok

Hal Ini membantu para kreator untuk berkembang dan menjangkau lebih banyak followers. Dengan banyaknya followers, membantu menjadikan suatu akun TikTok lebih kredibel untuk jadi MCN Partner.

Cara Bergabung MCN Shopee dan TikTok

cara daftar mcn shopee

Apakah Sobat MEA tertarik untuk bergabung dengan MCN? Jika tertarik, tapi bingung memilih MCN mana yang ingin dipilih, Sobat MEA dapat bergabung dengan MCN MEA. Syarat dan cara bergabungnya juga mudah loh. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan Sobat MEA sudah bergabung ke dalam program Shopee Affiliate untuk platform Shopee dan TikTok Affiliate untuk platfom TikTok Shop.
  •  Memiliki 1000 lebih followers di Instagram atau TikTok Shop. Akan lebih baik jika memiliki 100 followers di dua platform tersebut.
  • Jika followers di bawah 1000, Sobat MEA masih bisa bergabung namun hanya mendapat komisi 1% dari setiap penjualan produk
  • Jika sudah yakin memenuhi syarat bergabung, Sobat MEA bisa klik tombol di bawah ini untuk mendaftarkan diri ke MCN MEA:

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan tentang apa itu MCN. Semoga bermanfaat dan Sobat MEA bisa menjadi salah satu bagian dari MCN MEA. Salam Satu Juta Pembeli!

You may also like

Leave a Comment