Apa Itu Feed Instagram dan Seberapa Penting Keberadaannya? Simak Penjelasannya!

by Viki
apa itu feed instagram

Feed Instagram merupakan salah satu fitur utama dari platform media sosial yang sangat populer ini. Instagram telah menjadi wadah bagi individu, merek, dan komunitas untuk membagikan konten berupa foto, video, dan cerita dengan audiens yang luas. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menggali lebih dalam tentang apa itu feed Instagram, seberapa penting membuat feed yang rapi, hingga cara membuatnya tampak lebih menarik. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Table of Contents

Apa Itu Feed Instagram?

Yuk, Gabung Komunitas Bisnis IG MEA!
Temukan segala strategi mudah untuk dapat berjualan di IG yang laris manis beserta bimbingan bareng ahlinya, GRATIS!!!

Saatnya kita ketahui mengenai apa itu feed Instagram dan fungsinya itu sendiri. Melansir laman Metricool, Instagram merujuk pada tampilan akun Instagram yang berisi foto profil, bio, tautansorotan cerita, foto dan video yang diunggah oleh pengguna di melalui akun mereka.

Feed diatur secara kronologis, sehingga feed Instagram artinya diatur dengan konten terbaru muncul di bagian atas. Ketika Sobat MEA membuka aplikasi Instagram, feed adalah halaman utama yang ditampilkan untuk menggunakan, melihat, dan berinteraksi dengan konten dari orang-orang yang Sobat MEA ikuti di akun Instagram. 

Berikut elemen-elemen Feed Instagram yang perlu diperhatikan:

  • Foto profil: Identitas akan dikenali pertama kali oleh pengguna Instagram lain. Bagi akun bisnis, foto profilnya menggunakan logo utama dari bisnis itu sendiri sebagai identitas merek.
  • Bio: Kolom di bagian profil yang bisa digunakan untuk menulis deskripsi singkat tentang Sobat MEA atau bisnis yang dijalankan. Sobat MEA dapat mencantumkan jam operasional toko, alamat email, atau slogan.
  • Tautan: Kolom khusus URL yang bisa digunakan di bawah bio. Biasanya akun bisnis menggunakan penyingkat atau penggabung URL seperti Linktree agar dapat memasukan banyak tautan dalam satu URL utama.
  • Highlight: Sorotan cerita yang berisi kumpulan Instagram Stories yang ingin dimunculkan di halaman profil. Sehingga pengikut tetap dapat melihatnya meskipun telah lewat dari 24 jam.
  • Postingan Foto dan Video: Konten utama yang dapat dibagikan di Instagram. Di halaman profil, foto dan video akan tampil dalam grid layout kecil berukuran 3×3. Selain itu, ada juga thumbnail untuk postingan ReelsIG TV, dan postingan ditandai.
Artikel Terkait  Cara Membuat Loyalty Program. Efektif untuk Tarik Pelanggan!

Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik

apa itu feed instagram

Bisa dibilang, apa itu feed Instagram adalah halaman profil yang menampilkan kualitas foto dan video yang Sobat MEA unggah. Hal ini tentu akan langsung terlihat saat seseorang membuka akun Sobat MEA.

Oleh karena itu, ada cara khusus untuk bisa membuat feed Instagram yang terlihat rapi dan menarik. Apalagi untuk bisnis. Karena hal ini dapat menentukan kesuksesan personal branding yang ingin dibangun. 

Berikut cara membuat feed Instagram yang rapi penting untuk Sobat MEA ikuti, antara lain:

1. Cari Desain Melalui Pinterest

Jasa Iklan IG Profesional
Ingin iklan IG berjalan efektif secara pasti? Konsultasikan pada kami mengenai keresahan dan kebutuhan promosimu di Instragram! Pasti mantul~

Mengutip laman Pinterest yang merupakan platform digital  untuk menemukan berbagai ide jenis konten seperti resep, rumah dan inspirasi gaya, dan banyak lagi. Pinterest memiliki milyaran pin yang tersedia dan bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mencari referensi dalam membuat feed Instagram yang menarik. 

2. Memanfaatkan Template Canva

Setelah menemukan inspirasi yang cocok di Pinterest, saatnya membuat desain feed IG melalui Canva. Ada berbagai fitur atau ide desain yang bisa digunakan, baik untuk Instagram Story, Reels, dll. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat desain di Canva:

3. Pakai Filter yang Sama

apa itu feed instagram

Ketika membuat feed Instagram artinya Sobat MEA juga harus siap membuat konsep unggahan agar terlihat rapi dan menarik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan filter yang sama, sehingga setiap unggahan memiliki tone yang senada. Sobat MEA juga bisa mengambil salah satu warna dan menggunakannya pada setiap unggahan agar setiap unggahan terlihat nyambung meskipun berbeda-beda.

4. Atur Urutan Postingan

Seperti yang sudah dibahas sedikit mengenai apa itu feed Instagram di atas dan bahwa unggahan diperlihatkan secara kronologis, maka Sobat MEA harus bisa mengatur jadwal unggahan sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Hal ini bertujuan agar tampilan feed Instagram terlihat lebih rapi dan menarik. Kesalahan mengatur urutan postingan bisa membuat tampilan feed secara keseluruhan menjadi berantakan.

5. Perhatikan Kualitas Foto

Tidak cukup hanya memahami apa itu feed Instagram saja, Sobat MEA juga harus memastikan bahwa setiap konten atau foto yang akan diunggah memiliki kualitas yang tinggi sehingga tidak akan pecah setelah diunggah.

Demikian penjelasan mengenai apa itu feed Instagram hingga cara membuat feed Instagram terlihat menarik. Dengan begitu, Sobat MEA dapat meningkatkan kualitas feed, menarik perhatian pengguna, dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Selamat berkarya!

You may also like

Leave a Comment