Ukuran Thumbnail YouTube Paling Ideal dan 7 Tips Mengoptimalkannya!

ukuran thumbnail YouTube

Thumbnail YouTube mungkin terlihat seperti hal detail yang sepele, namun Sobat MEA nggak boleh meremehkan dampak besarnya. Banyak YouTuber nggak tahu bahwa ada ukuran thumbnail YouTube ideal yang menjadi rahasia penting bagi kesuksesan sebuah konten video di platform YouTube.

Buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu, thumbnail YouTube adalah gambar kecil yang muncul di samping atau di atas judul video saat ditampilkan dalam hasil pencarian atau Beranda. Thumbnail yang menarik bisa menjadi alat yang kuat untuk menarik perhatian penonton sehingga video mendapat banyak klik.

Berapa Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal?

Mau belajar jadi content creator?

Yuk gabung di Komunitas Content Creator MEA GRATIS!

Ukuran thumbnail ideal untuk video YouTube adalah 1280 x 720 piksel, dengan rasio aspek 16:9. Ini adalah ukuran standar yang direkomendasikan oleh YouTube. Menggunakan ukuran thumbnail ini akan memastikan tampilan yang konsisten di berbagai platform dan perangkat.

7 Tips Mengoptimalkan Thumbnail YouTube

Saatnya bisnis kamu viral di TikTok

Yuk belajar rahasianya di Mentoring TikTok Shop MEA

Bagi seorang content creator, memilih ukuran thumbnail yang tepat sangat penting untuk memastikan video lebih menonjol di antara konten milik content creator lainnya. Bisa jadi konten yang dibahas sama tapi jadi punya perbedaan besar pada view dan klik karena masalah thumbnail ini

Karena itu, memilih ukuran thumbnail yang tepat menjadi begitu sangat penting. Sebab, thumbnail inilah yang menjadi elemen pertama yang penonton potensial lihat. Jika menarik, informatif dan bisa merangkum, maka bukan nggak mungkin Sobat MEA bisa mendapat banyak sekali penonton pada konten.  Untuk itulah, berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat thumbnail YouTube yang menarik. Yuk langsung aja 7 tips di bawah ini!

 

1. Pilih Gambar yang Menarik

ukuran thumbnail youtube

Pertama, Sobat MEA harus memasatikan bahwa thumbnail YouTube sendiri memiliki ukuran yang ideal. Setelah itu, Sobat MEA bisa memilih gambar yang menarik. Perlu dicatat, gunakan gambar yang relevan dan menggambarkan dengan jelas isi konten video yang akan penonton lihat nantinya.

2. Gunakan Judul dan Teks yang Jelas

Mau tahu cara jadi content creator YouTube yang sukses?

Saatnya gabung di Kelas YouTube Mastery

Setelah memilih gambar yang baik, Sobat MEA juga bisa memasukan judul teks yang jelas untuk memberi sedikit informasi tambahan agar penonton bisa semakin yakin untuk menonton. Dari hal inilah permainan kata-kata clickbait harus Sobat MEA pakai.

3. Pertimbangkan Kontras Warna

Sobat MEA harus memastikan thumbnail menggunakan warna yang kontras untuk membuatnya terlihat jelas dan lebih menonjol dari konten lainnya. Yup, pemilihan warna ini cukup penting loh!

4. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Selain warna, Sobat MEA juga harus memilih dan menggunakan font yang mudah dibaca. Pilihjenis huruf yang cocok dengan konten Sobat MEA. Hindari font yang rumit dan sulit untuk calon penonton baca.

5. Pilih Antara Thumbnail yang Berbeda atau Konsisten

Sobat MEA punya dua pilihan untuk gaya thumbnail yang akan dipilih. Sobat MEA bisa menggunakan thumbnail yang berbeda-beda untuk setiap konten video agar memberikan kesan unik atau Sobat MEA bisa menyamakan semua thumbnail konten agar punya ciri khas dan penonton mengingat channel Sobat MEA.

6. Perhatikan Fleksibilitas Thumbnail

Banyak orang yang kurang memahami bahwasannya thumbnail ini harus fleksibel. Saat membuat di laptop atau komputer, thumbnail bisa terlihat bagus, namun saat dilihat menggunakan ponsel, thumbnail tersebut ternyata terpotong.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Karena masih banyak yang seperti ini, sudah saatnya Sobat MEA memperhatikan fleksibilitas thumbnail agar bisa terlihat jelas baik lewat pc/laptop maupun lewat handphone.

7. Patuhi Panduan Komunitas YouTube

Terakhir, Sobat MEA juga harus mematuhi panduan komunitas YouTube tentang thumbnail. Hindari menggunakan thumbnail yang menyesatkan, ofensif atau melanggar hak cipta. Karena cukup ketat, Sobat MEA bisa terkena pelanggaran yang berakibat pada penghapusan konten maupun penangguhan akun.

Nah itulah ukuran thumbnail YouTube yang ideal beserta 7 tips untuk mengoptimalkannya. Gimana? Apakah Sobat MEA siap untuk membuat thumbnail yang menarik? Semoga konten Sobat MEA bisa sukses ya!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.