Kenapa TikTok Shop Tidak Bisa COD? Ini 4 Alasan Beserta Solusinya. Yuk Simak!~

kenapa tiktok shop tidak bisa cod

Hari ini semakin banyak orang yang bisa mengakses internet. Hal ini membuat banyak orang yang mulai senang belanja online. Bicara soal belanja online, Sobat MEA sebagai pengguna TikTok pasti tahu istilah COD. Nah hari ini, kita akan membahas beberapa alasan kenapa TikTok Shop tidak bisa COD saat kita hendak berbelanja.

Sobat MEA yang senang pernah belanja di TikTok Shop pasti pernah bertanya tentang hal ini. Tentu saja ada alasan-alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Nah daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa TikTok Shop tidak bisa COD. Simak yuk!

4 Alasan Kenapa TikTok Shop Tidak Bisa COD

Tingkatkan penjualan TikTok Shop kamu

Yuk belajar dari para seller TikTok lain di Grup Seller TikTok MEA GRATIS!

Orang-orang di Indonesia, lebih senang belanja secara online di TikTok Shop dengan metode COD. Hal ini memang wajar mengingat banyak pembeli yang ingin menerima barang dahulu sebelum membayarnya. Belum lagi, berbelanja lewat COD memiliki beragam manfaatnya sendiri. Apalagi jika ita mendapat gratis ongkir TikTok Shop.

Meski begitu, ada banyak pengguna yang pasti pernah mengalami nggak bisa berbelanja dengan metode COD lewat TikTok Shop. Pertanyaannya kemudian adalah, kenapa TikTok Shop tidak bisa COD? Apa alasannya? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada 4 alasan yang mungkin terjadi. Check this out!~

1. Seller Tidak Mengaktifkan Fitur

Pengen toko TikTok Shop kamu jalan, punya banyak konten dan menghasilkan cuan?

Yuk kolaborasi bersama tim jasa TikTok Shop MEA sekarang juga!

Alasan pertama adalah masalah seller yang nggak mengaktifkan fitur. Tentu saja ini adalah salah satu alasan yang paling dasar. Seorang pembeli nggak bisa melakukan pembayaran COD karena seller atau penjual produk nggak mengaktifkan fitur satu ini. 

Untuk para sellerklik di sini untuk informasi mengenai cara mengaktifkan fitur COD. Begitu juga dengan fitur gratis ongkir. Seller harus mengaktifkan terlebih dahulu agar bisa pembeli pakai. Untuk mengatasinya Sobat MEA bisa memberi informasi atau menyarankan penjual untuk mengaktifkan sistem COD.

2. Alamat Pengiriman yang Nggak Lengkap

Kedua, alamat pengiriman yang Sobat MEA berikan nggak lengkap. Seperti kita tahu, sistem pembayaran COD adalah sistem yang harus pasti dan detil karena uang diberikan saat pesanan datang. Jika alamat kurang lengkap, seorang seller biasanya nggak bisa memproses pesanan. Karena itu, Sobat MEA wajib memperhatikan alamat TikTok ini. Kalau bisa, periksa berkali-kali alamat agar nggak terjadi kesalahan.

3. Alamat Di Luar Jangkauan

Mau tahu rahasia sukses jualan di TikTok?

Belajar dari Seller berpengalaman di Kelas Tiktok MEA yuk!

Masih berhubungan dengan alamat, alasan kenapa TikTok Shop tidak bisa COD adalah karena alamat pengiriman seorang pengguna TikTok yang berada di luar jangkauan. Apa maksudnya? Kenapa ada orang yang nggak bisa belanja COD karena alamat pengirimannya?

Nah perlu Sobat MEA ketahui, sistem COD TikTok sendiri hanya berlaku untuk daerah-daerah tertentu. Bisa jadi alamat tempat tinggal Sobat MEA masih belum terjangkau atau berada pada luar jangkauan sistem COD TikTok itu sendiri. Jika begitu, Sobat MEA harus menggunakan alamat lain yang memang terjangkau oleh sistem.

4. Jenis Produk yang Tidak Sesuai

Alasan selanjutnya kenapa TikTok Shop tidak bisa COD adalah mengenai jenis produk yang tidak sesuai. Buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu, nggak semua produk di TikTok Shop bisa Sobat MEA beli menggunakan fitur COD.

Jenis-jenis produk seperti gadget, barang elektronik, handphone, perabot rumah berukuran besar, perhiasan dan produk berharga di atas 1.450.000 rupiah nggak bisa Sobat MEA beli dengan sistem pembayaran COD.

4 Solusi Mudah Untuk Mengatasi Tidak Bisa COD di TikTok Shop

kenapa tiktok shop tidak bisa cod

Setelah mengetahui alasan kenapa pengguna TikTok tidak bisa COD, kini kita akan membahas 4 solusi yang mungkin bisa digunakan. Meski sudah kita bahas di setiap poin, nggak ada salahnya kita merangkum solusinya agar Sobat MEA nggak bingung. Berikut adalah penjelasannya;

1. Cari Toko yang Bisa COD

Sobat MEA wajib untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu para seller TikTok mengenai metode pembayaran COD. Jika memang nggak menyediakan, maka Sobat MEA tinggal mencari produk serupa yang dijual toko lain yang memang menyediakan fitur COD.

2. Melengkapi Alamat Pengiriman

Sobat MEA waib untuk mengusahakan untuk melengkapi atau menambahkan alamat di TikTok Shop. Jika Sobat MEA sudah berhasil menambahkan alamat di TikTok Shop, maka Sobat MEA bisa mencoba kembali pembayaran COD.

3. Tunggu Wilayah dan Alamat Tercover COD

Jika memang alamat Sobat MEA belum tercover pembayaran COD, maka satu-satunya cara adalah menunggu banyak jasa pengiriman barang lain yang bergabung untuk sistem pembayaran COD. Jika semakin banyak pilihan, maka besar kemungkinan alamat Sobat MEA bsia tercover. Yup, tunggu update aja!

4. Tahu Limit Barang Khusus COD

Seperti sudah kita bahas, ada beberapa peraturan TikTok untuk metode pembayaran COD. Nah Sobat MEA wajib mengetahui limit ini. Jika sudah tahu, Sobat MEA tinggal melakukan penyesuaian jenis produk dan harganya. Jangan belanja COD produk yang harganya melebihi Rp1.450.000 ya!

Nah itulah 4 alasan kenapa TikTok Shop tidak bisa COD beserta 4 solusinya. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang bertanya-tanya kenapa saat belanja lewat TikTok Shop nggak bisa menggunakan metode pembayaran Cash On Delivery alias COD.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

1 Comment

  1. 𝙺𝚎𝚗𝚊𝚙𝚊 𝚔𝚘𝚔 𝚝𝚒𝚔𝚝𝚘𝚔 𝚜𝚊𝚢𝚊 𝚐𝚊𝚔 𝚋𝚒𝚜𝚊 𝚌𝚘𝚍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.