Pentingnya Satu Niche untuk TikTok dan Cara Menentukannya

by Fanny
pentingnya satu niche untuk TikTok

Pernah nggak Sobat MEA merasa kebingungan ingin membuat konten apa di TikTok? Atau kesulitan untuk menentukan suatu topik yang akan dibahas terus kedepannya selama ngonten? Inilah peran dari niche TikTok itu sendiri dan pentingnya satu niche untuk TikTok. Lalu, apa itu niche dan bagaimana cara menentukannya?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan mengenai apa itu satu niche TikTok, pentingnya satu niche untuk TikTok, serta bagaimana cara menentukannya untuk memudahkan Sobat MEA dalam membuat konten. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Niche TikTok?

Mau dapat komisi extra dari TikTok dan Shopee Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN MEA sekarang juga dan rasakan manfaatnya

Untuk Sobat MEA yang sudah lama berkecimpung di dunia pemasaran, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “niche”, bukan? Niche ini juga menjadi sesuatu yang penting untuk ditentukan sebelum membuat konten karena niche inilah yang akan membantu Sobat MEA meraih target audiens spesifik dengan lebih mudah dan tepat.

Pada dasarnya, niche adalah tema atau topik yang akan dibahas atau dibuat untuk suatu konten. Niche ini juga menjadi penentu konten apa yang akan kita buat kedepannya. Jadi tidak hanya berlaku untuk satu konten atau satu waktu saja, namun berkelanjutan.

Seperti misalnya saja Sobat MEA menentukan niche tentang tutorial memasak. Nah ada banyak resep yang bisa Sobat MEA bagikan di TikTok. Untuk bisa mendapatkan audiens yang sesuai, maka Sobat MEA perlu menetapkan satu niche spesifik untuk konten. 

Misalnya saja Sobat MEA membuat niche berupa resep makanan simpel dan cepat untuk anak kos. Maka Sobat MEA bisa membuat konten terkait niche tersebut. Dengan niche tersebut, maka Sobat MEA bisa menarik perhatian audiens mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, atau pengguna TikTok yang baru belajar masak.

Artikel Terkait  4 Cara Download Video YouTube Menjadi MP3. Ini Tutorialnya!

Pentingnya Satu Niche Untuk TikTok

Mau Konten TikTok Masuk FYP Terus?
Yuk gabung komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. GRATIS!

Setelah mengetahui apa itu niche, maka pertanyaan selanjutnya adalah seberapa pentingnya satu niche untuk TikTok? Mungkin Sobat MEA menganggap bahwa niche hanya menjadi suatu panduan atau patokan suatu konten. Padahal lebih dari itu. Niche TikTok memiliki setidaknya 3 manfaat untuk konten Sobat MEA, yaitu:

1. Persaingan yang Lebih Sedikit

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis konten di TikTok yang bisa Sobat MEA buat. Setiap jenis konten memiliki kompetitor atau saingannya masing-masing. Seperti misalnya saja konten untuk perawatan kulit dan kecantikan sudah dibuat oleh banyak kreator. Nah agar Sobat MEA bisa bersaing dengan kompetitor ini, maka Sobat MEA perlu menentukan niche agar persaingan lebih sedikit.

Coba bandingkan persaingan yang akan Sobat MEA hadapi jika membuat konten general seperti “tutorial memasak” dengan konten “resep masak simpel untuk pemula”. Niche pertama terlalu luas dan berisi niche spesifik lainnya. Ada kemungkinan Sobat MEA akan meraih banyak audiens namun audiens-nya sendiri juga tidak spesifik, dalam artian mereka juga akan melihat konten serupa lainnya. Audiens pun bisa berhenti mengikuti atau menonton konten Sobat MEA jika mereka menemukan kreator lain yang lebih cocok dan relevan.

Sedangkan niche kedua lebih spesifik di mana kreator yang membuat konten seperti itu tidak sebanyak pada niche yang pertama. Dengan begitu, tingkat persaingannya sendiri jadi lebih sedikit. Selain itu, loyalitas audiens juga akan meningkat mengingat konten Sobat MEA yang lebih spesifik.

2. Lebih Fokus dalam Berbisnis

Saatnya omzet TikTok Shop kamu meningkat dengan pesat!
Yuk kerja sama bareng tim TikTok Specialist MEA sekarang juga!

3. Bisnis Lebih Mudah Dikenali

Pentingnya satu niche untuk TikTok berikutnya adalah bisnis Sobat MEA akan lebih mudah untuk dikenali oleh pengguna TikTok. Hal ini karena image atau branding akun Sobat MEA sudah tercipta dengan baik. Dengan begitu, akun Sobat MEA akan lebih mudah untuk dikenali dan direkomandasikan kepada pengguna lainnya.

4. Meningkatkan Kredibilitas

cara mengetahui FYP di TikTok

Menariknya, dengan satu niche TikTok, Sobat MEA bisa ahli dalam pembahasan yang diberikan. Dengan begitu, Sobat MEA akan selalu membahas satu topik tersebut yang kemudian akan membuat akun atau bisnismu dapat dipercaya. 

Apalagi jika konten yang dibuat itu relevan dengan target audiens, mereka akan menganggapmu sebagai inspirasi dan mengingat bisnismu. Sehingga Sobat MEA akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan hingga  membangun peluang kerjasama dengan brand lain atau sesama kreator yang menguntungkan. 

5. Menciptakan Brand yang Konsisten

Ketika bisnismu dianggap kredibel, Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam membangun personal branding yang konsisten. Mereka akan lebih mengenalmu.

Hal ini terlihat ketika audiens melihat kontenmu, mereka akan tertarik dengan konten yang dibahas. Tapi pastikan Sobat MEA tetap konsisten untuk membangun hubungan yang lebih kuat lagi dengan target audiensmu, ya.  

Cara Menentukan Niche TikTok

cara meningkatkan konversi di TikTok Shop

Setelah mengetahui apa itu niche dan pentingnya satu niche untuk TikTok, sekarang saatnya kami membagikan bagaimana cara menentukan niche TikTok yang tepat untuk akun Sobat MEA. Berikut beberapa caranya:

1. Cari Tahu Minat

Cara pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah dengan mencari tahu minat atau hal yang Sobat MEA sukai terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Sobat MEA untuk membuat konten karena Sobat MEA akan membicarakan mengenai sesuatu yang Sobat MEA sukai dan ketahui dengan baik.

Artikel Terkait  Bisnis Makin Dikenal? Gini 6 Cara Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif!

Seperti misalnya saja Sobat MEA suka masak, namun Sobat MEA malas mencuci banyak peralatan masak. Maka Sobat MEA bisa membuat konten mengenai “cara masak enak dengan satu alat” misalnya. Atau jenis konten serupa di mana Sobat MEA tidak membutuhkan banyak peralatan memasak. Jenis konten seperti ini akan menarik pengguna dari berbagai kalangan seperti orang yang baru belajar masak, anak kos, ibu rumah tangga, dan pengguna lainnya.

2. Cari Tahu Kebutuhan Pengguna

Sobat MEA juga bisa menentukan niche TikTok dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan dan dicari oleh para pengguna TikTok. Seperti contohnya saja Sobat MEA sudah memilih untuk membuat konten tentang masak-masak. 

Lalu salah satu masalah yang dihadapi adalah cara menghilangkan sisa minyak pada alat masak, misalnya. Maka Sobat MEA juga bisa membuat konten berupa tips cuci alat masak atau tips yang berkaitan dengan masak-masak untuk membantu audiens menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

3. Cek Kompetitor

pentingnya satu niche untuk tiktok

Jangan lupa untuk melihat konten kompetitor untuk mengetahui jenis konten seperti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh audiens. Sobat MEA bisa melakukan riset dengan melihat akun dan konten yang sudah mereka lihat sebelumnya. 

Perhatikan juga engagement dan interaksi pada konten seperti jumlah views, likes, komen, dan share dari setiap konten agar Sobat MEA mengetahui jenis konten seperti apa yang paling disukai dan dibutuhkan oleh pengguna.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu niche TikTok, pentingnya satu niche untuk TikTok, serta bagaimana cara menentukannya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment