Panduan Live Streaming Shopee Untuk Pemula

Live Streaming Shopee – Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis online yang berjualan di Shopee. Dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh Shopee, sobat MEA bisa menaikkan penjualan di Shopee. Salah satu fitur yang harus sobat MEA coba adalah fitur Live Streaming Shopee.

Live Streaming Shopee adalah salah satu fitur yang bisa membantu meningkatkan penjualan sobat MEA dengan kencang. Mau tau caranya? Artikel ini disusun berdasarkan materi dari Shopee dan dari pengalaman live yang dilakukan oleh tim kami, jadi ini nggak hanya sekedar teori saja, ya. Yuk simak artikelnya sampai akhir agar sobat MEA semakin mengerti tentang Live Streaming Shopee!

Apa itu Live Streaming Shopee?

live streaming shopee

Live Streaming Shopee adalah salah satu cara untuk membantu sobat MEA memasarkan produk secara langsung. Jika biasanya pembeli melihat produk secara mandiri dengan membuka akun toko, maka dengan menggunakan live streaming Shopee pembeli dan penjual bisa saling berinteraksi secara langsung.

Mungkin sobat MEA masih bertanya-tanya kenapa harus berjualan melalui live streaming Shopee. Berjualan dengan memanfaatkan fitur live streaming seperti ini tidak hanya ada di Shopee saja loh sobat MEA. Sudah banyak juga penjual yang memanfaatkan live streaming sebagai lapak jualan seperti di Facebook. Emang live streaming tuh efektif, ya?

Ada banyak alasan orang-orang membuka Shopee. Ada yang memang sudah tau ingin membeli produk apa dan langsung menuju toko yang diinginkan. Tapi ada juga yang membuka Shopee hanya untuk refreshing dan mengisi waktu luang. Nah tipe yang kedua ini yang lebih banyak. Karena tidak memiliki keinginan untuk membeli apapun, maka biasanya mereka iseng-iseng buka-buka, salah satunya adalah dengan membuka live streaming Shopee.

Live streaming Shopee juga cocok banget buat sobat MEA yang ingin mengenalkan produk baru. Atau jika brand sobat MEA masih baru banget, juga bisa gunakan fitur ini untuk mengenalkan brand sobat MEA. EMang bisa berhasil ya?

Bisa banget, dong! Contohnya saja salah satu klien kami yang memiliki brand baru hanya mengandalkan dari live Shopee untuk mengenalkan produknya, bisa mendapatkan banyak followers dan penjualan. Kami memfokuskan untuk melakukan live selama 2 minggu yang setiap harinya bisa live 3 hingga 4 jam. Hasilnya? Dalam 2 minggu, followers toko bertambah 10 ribu dan penjualan juga semakin meningkat!

Jasa Optimasi Shopee
Optimalkan Toko Kamu di Shopee Agar Jualan Kamu Laris Manis

Keuntungan Live Streaming Shopee

Live streaming Shopee

Ini dia beberapa keunggulan dari menggunakan Shopee Live untuk memasarkan toko dan produk sobat MEA:

  • Dapat berinteraksi dengan calon pembeli

Sobat MEA dapat berinteraksi secara langsung dengan para calon pembeli melalui tab komentar. Selain itu, sobat MEA bisa menjelaskan produk secara langsung kepada calon konsumen, karena tidak semua pembeli mau membaca deskripsi produk. Selain itu, sobat MEA juga bisa mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk yang sobat MEA tawarkan.

  • Exposure meningkat

Shopee Live ini bisa diakses oleh semua calon pembeli yang membuka Shopee, jadi ini bisa membantu menaikkan exposure toko sobat MEA.

  • Meningkatkan penjualan

Jika exposure toko naik, jumlah followers juga bertambah, dan banyak pengguna Shopee yang semakin familiar dengan brand dan produk sobat MEA, maka penjualan juga secara otomatis akan meningkat.

  • Mengoptimalkan branding toko

Kami pernah mencoba-coba satu akun jualan untuk Shopee Live saja, dan hasilnya reputasi toko dan brand semakin dikenal oleh pembeli. Jika sobat MEA sudah sering melakukan Shopee Live, sekali mulai live bisa langsung mendapatkan 200 penonton!

Penempatan Live Streaming

Sobat MEA pasti bertanya-tanya, dimana calon konsumen bisa menemukan live streaming Shopee yang dilakukan oleh toko sobat MEA. Jadi, saat sobat MEA sedang melakukan live, akan masuk di tab “Semua”. Jadi, calon konsumen bisa memilih live streaming mana yang ingin mereka lihat.

Cara Melakukan Streaming

Sudah nggak sabar pengen streaming? Ini dia tahapan cara melakukan streaming di Shopee yang bisa sobat MEA coba melalui aplikasi Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee, kemudian pilih “Saya” di bagian kanan bawah
  • Klik “Shopee Live” 
  • Klik “Buat Live Streaming”
  • Masukkan judul, deskripsi, dan foto yang menjelaskan streaming sobat MEA. buat judul dan deskripsi yang menarik agar bisa memikat calon pembeli. Tentukan juga tema streaming-nya agar jelas, misalnya saja beri judul “Nonton Live Sambil Bagi-Bagi Iphone”. Tapi sobat MEA juga harus bisa mempersuasi calon pembeli untuk membeli produk sobat MEA juga ya.
  • Selanjutnya tambahkan produk apa saja yang akan ditampilkan selama streaming. Pastikan foto yang ditampilkan juga menarik ya.
  • Jika sudah, sobat MEA bisa mulai live streaming dengan klik “Mulai Live Streaming” 
  • Untuk menambah penonton secara otomatis, sobat MEA bisa memanfaatkan Fitur Beritahu Pengikut dimana followers toko sobat MEA akan mendapatkan notifikasi saat sobat MEA melakukan live streaming. 
  • Klik tanda keranjang di sebelah kiri bawah untuk memilih produk yang ingin ditampilkan. Sedangkan untuk menampilkan voucher, sobat MEA bisa mengklik tanda kotak empat.
  • Untuk mengakhiri streaming, sobat MEA cukup mengklik tombol X di sebelah kanan atas.

Gampang banget, kan caranya?

Kapan mulai live streaming Shopee?

Setelah kami jelaskan mengenai apa itu Shopee Live, keuntungannya, penempatan live streaming Shopee, hingga cara melakukan streaming, kapan nih sobat MEA cobain langsung? Atau masih punya banyak pertanyaan lain seputar Shopee live? Kepoin terus ya artikel dari kami!

Ingin dapat lebih banyak pengetahuan mengenai cara jualan di Shopee? Yuk gabung ke kelas Shopee dari Komunitas MEA! Atau nggak ada waktu buat mantengin webinar dan baca materi? Pakai Jasa Shopee dari Komunitas MEA aja! Kami tunggu ya!!

Cara Menampilkan Siaran Ulang Video Streaming Di Shopee Live

Siaran ulang streaming – Kemajuan teknologi membuat semuanya semakin mudah dan bisa dilakukan hanya dengan smartphone dan koneksi internet saja. Begitu juga dengan proses jual beli. Ada banyak sekali marketplace yang tersedia untuk membantu sobat MEA berjualan. Salah satunya adalah Shopee.

Shopee sendiri memiliki banyak sekali pengguna karena penjualnya juga tersebar di berbagai macam daerah, sehingga lebih mudah konsumen dalam membeli produk dan diantarkan dalam waktu relatif singkat. Hal ini tentunya menguntungkan bagi penjual karena tidak perlu repot-repot mencari konsumen. 

Banyaknya fitur di Shopee yang akan memudahkan sobat MEA untuk mempromosikan produk dan toko sobat MEA. Fitur-fitur ini tersedia mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Dan pasti semuanya bisa membantu kenaikan penjualan.

Shopee Live merupakan salah satu fitur gratis Shopee yang bisa membantu sobat MEA untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Selain itu, Shopee Live juga bisa membantu sobat MEA untuk menaikkan exposure dan engagement toko sobat MEA, loh. Jadi sobat MEA wajib banget pakai fitur ini.

Seperti halnya fitur live di aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram, Shopee Live juga memiliki fitur siaran ulang streaming, loh. Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyematkan siaran ulang di halaman Shopee Live dan halaman toko sobat MEA. Jadi pengguna Shopee yang lain yang belum sempat melihat live streaming sobat MEA bisa melihatnya meskipun sudah selesai.

Mau tau caranya menampilkan siaran ulang video streaming di Shopee Live? Simak artikel kami sampai habis, ya!!

Jasa Management Shopee

Buat toko kamu layak nya toko profesional dengan menggunakan jasa management shopee dari komunitasmea

Cara Menampilkan Siaran Ulang Streaming Shopee Live

Untuk mengaktifkan siaran ulang streaming Shopee Live, ada dua cara yang bisa sobat MEA lakukan nih. Yang pertama, atur siaran ulang setelah live streaming selesai. Jadi nanti akan ada tulisan apakah sobat MEA ingin menampilkan siaran ulang di halaman toko. Jika iya, sobat MEA bisa mengklik checkbox yang disediakan. Selanjutnya, sobat MEA bisa menunggu waktu beberapa menit untuk menunggu sistem Shopee menyiapkan videonya.

live streaming shopee

Cara yang kedua adalah mengatur sendiri setelah live streaming selesai. Berikut tahapannya:

  • Buka aplikasi dan buka menu Saya
  • Pilih Shopee Live
  • Klik Atur Siaran Ulang
  • Kemudian klik Tambah Siaran Ulang
  • Setelah itu akan muncul daftar video-video live yang pernah sobat MEA lakukan. Semua video streaming yang dilakukan sobat MEA dalam 90 hari terakhir akan tersimpan di tab ini. Sobat MEA bebas memilih live streaming yang manapun sebanyak-banyaknya untuk ditampilkan di halaman toko dan tab Shopee Live Putar Ulang. Sobat MEA bisa memilih live streaming terbaru atau yang paling banyak penontonnya
  • Kemudian pilih Siaran dengan mengklik checkbox yang ada
  • Klik Selesai dan siaran ulang sobat MEA akan ditampilkan di halaman toko dan Tab Putar Ulang

Berapa lama siaran ulang streaming di Shopee Liva akan tersimpan?

Live streaming yang sudah dilakukan oleh sobat MEA akan tersimpan di akun sobat MEA selama kurang lebih 2 bulan, atau 60 hari setelah live streaming dilakukan. Jadi jika sudah melewati masa itu, video akan secara otomatis terhapus. Jadi, video siaran ulang streaming juga akan hilang secara otomatis di halaman toko dan tab Shopee Live Putar Ulang.

live streaming shopee

Belajar Cara Jualan Online yang Pasti Bakal Buat Jualan Kamu Makin Banjir Orderan

Yuk klik tombol di bawah ini buat kamu langsung daftar kelas Shopee premium nya

Itu dia caranya menampilkan siaran ulang streaming

Dengan melakukan semakin banyak streaming, produk dan toko sobat MEA juga akan semakin mudah dikenal dan familiar. Sobat MEA juga jadi punya banyak stok untuk melakukan review jenis live streaming mana saja yang paling banyak penontonnya. Jadi, sobat MEA bisa melakukan live streaming dengan tema yang paling disukai oleh penonton.

Selain itu, sobat MEA juga memiliki banyak stok live streaming yang bisa disiarkan ulang dan ditampilkan di halaman toko. 

Mau tau lebih banyak mengenai Shopee Live? Ikuti terus update artikel dari kami, ya. Atau sobat MEA bisa langsung bergabung ke Kelas Shopee biar makin tahu berbagai macam cara untuk melakukan penjualan di Shopee.

Nggak ada waktu untuk baca ebook dan ikut webinar? Yuk daftarkan diri sobat MEA ke Jasa Shopee dari Komunitas MEA yang akan dibantu oleh tim profesional kami yang sudah memegang banyak sekali akun Shopee dengan jenis produk yang berbeda-beda. Sobat MEA hanya perlu duduk dan menikmati hasilnya saja!

Bisa daftar di sini, ya!

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *