Omnichannel Adalah: Pengertian Cara Kerja dan 3 Jenisnya!

omnichannel adalah

Mampu menjangkau banyak konsumen di berbagai platform adalah salah satu keinginan setiap pelaku bisnis. Semakin banyak jumlah pelanggan, semakin tinggi pula omsetnya. Omnichannel adalah salah satu cara yang bisa Sobat MEA terapkan untuk mewujudkan hal tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai definisi omnichannel, jenis, dan cara kerjanya. Yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Pengertian dari Omnichannel Adalah

Mau belajar bisnis di sosial media dan marketplace?

Yuk gabung langsung di Komunitas Bisnis MEA

Omnichannel adalah salah satu strategi marketing untuk membangun koneksi antara perusahaan dan konsumen agar terbentuk interaksi yang berkesinambungan. Omnichannel adalah kolaborasi berbagai jenis media komunikasi dalam satu platform.

Pada intinya, omnichannel adalah sebuah pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk terhubung dengan konsumen melalui berbagai channel, seperti email, SMS, sosial media, WhatsApp Business, Chat via Web, dan lain sebagainya. Tujuan dari omnichannel adalah untuk menghubungkan semua media tersebut agar dapat bekerja secara bersamaan dan memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen.

Keunggulan yang akan didapatkan jika sudah menghubungkan omnichannel adalah memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi dari produk yang Sobat MEA jual. Selain itu, konsumen juga akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan penjual dan meningkatkan rasa percaya konsumen kepada penjual.

3 Jenis Omnichannel

Mau scale up toko Shopee kamu?

Pakai aja jasa iklan Shopee MEA

Setelah mengetahui pengertian omnichannel, Sobat MEA juga perlu mengetahui bahwa omnichannel memiliki 3 jenis. Jenis-jenis omnichannel adalah:

1. Omnichannel Sosial Media

Jenis onmichannel yang pertama adalah omnichannel sosial media yang mengacu pada saluran sosial media untuk meningkatkan bisnis. Omnichannel ini melibatkan integrasi media sosial mulai dari layanan konsumen, saluran penjualan, dan fitur lainnya untuk kemudahan konsumen.

Perusahaan dapat memastikan konsumen dilayani dengan cepat dan tepat di berbagai sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan sosial media lainnya menggunakan konten yang relevan dan interaktif. Hal ini membuat konsumen bisa berinteraksi dengan perusahaan Sobat MEA di pilihan sosial media yang paling nyaman untuk mereka.

Sobat MEA juga semakin mudah dalam proses pembuatan konten yang bisa digunakan pada berbagai macam platform sekaligus, namun tetap bisa meraih interaksi dengan bersama konsumen.

2. Ominichannel e-commerce

Jenis omnichannel ini mengintegrasikan berbagai layanan e-commerce untuk kenyamanan konsumen. Sehingga sistem omnichannel ini menyediakan layanan dari berbagai platform e-commerce. Sobat MEA bisa mengintegrasikan e-commerce seperti TikTok Shop, Shopee, dan Tokopedia.

3. Omnichannel Call Center

Jenis yang terakhir adalah omnichannel call center yang merupakan pusat layanan telepon. Dengan layanan omnichannel call center ini, Sobat MEA bisa mereka percakapan dengan konsumen. Jadi Sobat MEA memiliki bahan untuk evaluasi agar mampu meningkatkan pelayanan untuk konsumen di masa depan.

4 Fungsi Omnichannel

Jualan di Shopee tanpa pusing!

Dengan kuasai ilmunya di Kelas Shopee!

Strategi omnichannel adalah salah satu cara yang diterapkan oleh banyak perusahaan saat ini. Selain untuk meningkatkan penjualan, tujuan omnichannel adalah untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Ini dia beberapa fungsi omnichannel lainnya:

1. Data Tersedia Dalam Satu Dashboard

Sebagai pebisnis online, tentunya Sobat MEA ingin selalu memantau data perkembangan bisnis. Akan sedikit merepotkan jika Sobat MEA mengecek satu per satu dashboard untuk melihat tingkat penjualan. Dengan omnichannel, Sobat MEA tidak perlu repot lagi karena semua data tersedia dalam satu dashboard yang sama. Dengan begitu, Sobat MEA semakin efisien dalam menjalankan bisnis.

2. Pemutusan Keputusan Lebih Cepat

Karena kumpulan data yang dibutuhkan dalam omnichannel adalah dalam satu tempat yang sama, maka Sobat MEA bisa punya lebih banyak waktu untuk menyusun strategi bisnis lainnya. Sobat MEA tidak perlu repot-repot mengecek stok barang, jumlah penjualan, minat konsumen, dan tren penjualan satu per satu lagi. Sehingga pemutusan keputusan lebih cepat dan tepat.

3. Integrasi Toko Online dan Offline

Jika Sobat MEA aktif di toko online dan offline, opsi omnichannel adalah pilihan yang tepat. Selain bisa berinteraksi dengan konsumen secara online, Sobat MEA juga bisa berinteraksi secara langsung. Dengan begitu, toko offline Sobat MEA juga semakin dikenal dan toko online semakin dipercaya karena jelas toko fisiknya.

Selain itu, konsumen juga semakin bebas untuk memilih metode jual-beli yang akan digunakan. Konsumen bebas menentukan untuk melakukan pembayaran secara kontan atau menggunakan aplikasi pembayaran.

Tidak perlu khawatir soal data karena semuanya bisa tetap terintegrasi di dashboard yang sama.

4. Menekan Biaya

Dari semua data yang tersedia di dashboard, akan memudahkan Sobat MEA untuk membuat strategi pemasaran agar bisa mencapai target audiens yang tepat dan efektif. Hal ini tentunya akan menekan waktu dan biaya yang diperlukan untuk menentukan langkah strategi marketing berikutnya.

Cara Kerja Omnichannel

Pembahasan terakhir mengenai omnichannel adalah cara kerjanya. Sobat MEA sudah tahu nih pengertian, jenis, dan manfaatnya. Tapi apakah masih bingung dan ragu dengan cara kerjanya?

Bayangkan saja Sobat MEA menjual produk fashion wanita di Instagram. Kemudian Sobat MEA menghubungkan akun Instagram dengan marketplace atau website. Suatu hari ada konsumen yang ingin membeli gamis dari Instagram Sobat MEA tetapi mereka menginginkan desain lain. Karena mereka penasaran, mereka kemudian pergi ke website atau marketplace Sobat MEA. Kemudian mereka membeli produk sesuai keinginan mereka di sana. Semua ini dapat terjadi karena adanya strategi omnichannel.

Tidak hanya urusan jual-beli, hal lain yang membuat omnichannel lebih unggul adalah tampilan dashboard-nya. Bayangkan Sobat MEA adalah konsumen yang mengirimkan pesan kepada penjual karena tertarik akan produknya. Tapi respon dari penjual tersebut memakan waktu yang lama. Kira-kira Sobat MEA bakal kabur, gak?

Untuk menghindari konsumen yang kabur sebelum beli, Sobat MEA bisa menggunakan omnichannel ini. Semua pesan masuk dari berbagai macam platform akan muncul dalam satu halaman yang sama, sehingga Sobat MEA bisa membalas semua pesan secara langsung tanpa harus mengecek satu-satu. Lebih simpel dan cepat, bukan?

Baca juga artikel kami lainnya seputra tips bisnis online biar penjualanmu semakin meningkat!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.