5 Manfaat Menggunakan WhatsApp Blaster Untuk UMKM

by Fanny
manfaat menggunakan whatsapp blaster

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang difokuskan untuk kepentingan komunikasi dua arah. Namun seiring berkembangnya waktu, WA meluncurkan aplikasi baru dengan konsep yang serupa, namun untuk kepentingan bisnis online, yaitu WhatsApp Business.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan, salah satunya adalah fitur blast.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan apa saja manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis UMKM. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu WhatsApp Blast?

Mau bisnis di WA makin laris?
Yuk belajar bisnis online dengan Coach ahli dengan gabung ke komunitasnya sekarang. Gratis!

Sebelum membahas manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis, kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu WA blast terlebih dahulu. 

Jadi, WhastApp blast adalah salah satu fitur dari WhatsApp Business yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mengirimkan pesan ke sebanyak mungkin orang dalam waktu yang bersamaan. Tentunya hal ini akan mempersingkat waktu mengingat Sobat MEA tidak perlu mengirimkan pesan satu per satu secara manual.

Salah satu keunggulan dari fitur ini adalah Sobat MEA bahkan tidak perlu menyimpan kontak pengguna yang akan dikirimkan pesan. Namun, hanya pengguna yang menyimpan nomor Sobat MEA saja yang akan menerima pesan blast tadi.

Cara Mengirimkan WhatsApp Blast

Mau punya WhatsApp Blaster yang murah dan anti banned?
Pakai Sebari aja!

Agar bisa mendapatkan manfaat menggunakan WhatsApp blaster, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara mengirimkan WA blast terlebih dahulu. Berikut adalah langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business,lalu klik ikon titik tiga di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu New Broadcast atau Siaran Baru.
  • Lanjutkan dengan klik Label Kontak yang ingin dikirimkan pesan broadcast.
  • Lalu klik ikon centang.
  • Selanjutnya, Sobat MEA akan dibawa ke halaman chat room untuk menuliskan pesan broadcast yang ingin dikirimkan.
  • Tuliskan pesannya. Sobat MEA juga bisa mencantumkan foto, video, lokasi, atau tautan yang berhubungan dengan bisnis.
  • Klik tombol Send jika sudah selesai menuliskan pesan.
  • Pesan ajan terkirimkan secara massal dengan otomatis.
Artikel Terkait  Mau yang Anti Mainstream? Ini 10 Cara Membuat Foto Blur Aesthetic. Mudah Lho!

5 Manfaat Menggunakan WhatsApp Blaster untuk UMKM

Setelah mengetahui pengertian dan cara menggunakannya, sekarang saatnya kami membagikan manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis UMKM. Berikut diantaranya:

1. Mempersingkat Waktu

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Sobat MEA bisa mengirimkan pesan ke sebanyak mungkin kontak dalam sekali waktu. Jadi Sobat MEA tidak perlu mengirimkan pesan ke kontak satu per satu. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mengelompokkan kontak ke kategori yang berbeda sesuai dengan pesan yang ingin dikirimkan. Sehingga pesan broadcast akan diterima oleh audiens yang tepat dan spesifik.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis UMKM berikutnya adalah Sobat MEA bisa memperluas jangkauan audiens. Untuk itu agar para audiens baru ini semakin tertarik untuk membeli produk Sobat MEA, maka pastikan gaya penulisan pesannya dibuat sejelas dan semenarik mungkin, ya. Salah satu caranya adalah dengan personalisasi pesan, yaitu dengan menyebutkan nama pemilik kontak agar terasa lebih dekat dan akrab. Sobat MEA juga bisa menambahkan emoticon agar memberikan kesan yang ramah dan nggak jualan doang1

3. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Kesulitan mengelola bisnis sendiri?
Tenang aja, ada tim MEA yang bisa membantu kelola bisnis dan kamu tinggal duduk santai aja. Dapatkan jasanya dengan klik di sini!

Manfaat menggunakan WhatsApp blaster berikutnya adalah Sobat MEA bisa mendapatkan respon secara langsung dari penerima pesan. Komunikasi yang terjadi pun tidak hanya satu arah, namun akan terjalin komunikasi dua arah mengingat penerima pesan bisa membalas atau mengajukan pertanyaan langsung kepada Sobat MEA. Untuk itu, pastikan pesan yang dibuat mampu menarik penerima untuk membuka, membaca, dan melakukan tindakan lanjutan seperti membalas atau memesan produk yang Sobat MEA tawarkan, ya!

Artikel Terkait  5 Tips Merubah Hobi Jadi Ladang Bisnis

4. Promosi Jadi Lebih Mudah

Sebagai pebisnis online, salah satu cara pemasaran yang efektif adalah dengan memasang iklan. Sedangkan tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membuat iklan dan sayang untuk mengalokasikan modal pada iklan online. Sebagai alternatifnya, Sobat MEA bisa menyebarkan promosi melalui fitur WhatsApp Blast ini karena lebih mudah, cepat, dan pastinya gratis!

5. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis UMKM berikutnya adalah Sobat MEA sebagai penjual bisa menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Konsumen pun akan mulai terbiasa dengan pesan blast yang Sobat MEA kirimkan dan akan lebih leluasa untuk menanyakan informasi produk kepada penjualnya langsung. Sehingga terjalin hubungan yang dekat antara penjual dan pembeli.

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian, cara pemakaian, dan manfaat menggunakan WhatsApp blaster untuk bisnis UMKM. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment