7 Fitur Rahasia WA yang Belum Banyak Orang Tahu. Emang Apa Aja?

rahasia wa

Setiap negara memiliki aplikasi pesan yang berbeda-beda. Masyarakat Jepang misalnya lebih menyukai LINE. Sementara orang Korea Selatan lebih suka Kakao Talk. Di Indonesia, orang-orang lebih senang menggunakan WhatsApp. Bicara soal aplikasi biru ini, apakah Sobat MEA tahu bahwa ada rahasia fitur WA yang belum banyak orang tahu?

Yup, WhatsApp memiliki beragam fitur menarik yang belum banyak orang lain ketahui. Seperti kita ketahui, WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan di bawah naungan perusahaan META yang juga mengurus Instagram dan Facebook. Wajar jika aplikasi satu ini punya fitur yang selalu update.

7 Fitur Rahasia WhatsApp

Kamu bisa jualan laris modal WhatsApp

Yuk pelajari caranya di Kelas WA Marketing MEA!

Bicara soal fitur, kali ini kita akan membahas 8 fitur rahasia WhatsApp yang belum banyak orang tahu dan akan sangat bermanfaat jika Sobat MEA gunakan. Nah buat Sobat MEA yang belum tahu, yuk langsung aja simak 8 fitur rahasia WA mulai dari penjelasan sampai cara menggunakannya. Check this out~

Disappearing Messages

rahasia wa

Pertama adalah fitur Disappearing Messages alias menghilangkan atau menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Ada 3 opsi untuk menghapus pesan. Mulai dari 24 jam, 7 hari dan juga 90 hari. 

Untuk mengaktifkannya juga cukup sederhana. Sobat MEA hanya perlu membuka kontak yang ingin Sobat MEA hilangkan lalu klik nama kontaknya. Selanjutnya pilih jangka waktu. Jika mengaktifkan, setiap pesan dan konten foto atau video dari kontak tersebut akan menghilang sesuai jangka waktu yang sudah Sobat MEA tentukan.

Custom Notification

Selanjutnya ada fitur custom notification. Sebenarnya Sobat MEA bisa mengatur nada notifikasi setiap kontak dengan berbeda-beda. Menariknya, Sobat MEA yang menggunakan android maupun iOS bisa menikmati fitur satu ini. Nah begini caranya mengubah nada notifikasi.

Untuk pengguna Android, Sobat MEA tinggal masuk ke Menu dan lanjutkan dengan View Contact lalu atur Custom Notification. Buat pengguna iPhone, Sobat MEA bisa masuk ke nama kontak dan pilih menu Custom Tone.

Export Chat

Mau scale up omzet toko kamu?

Kamu bisa mulai sekarang juga bareng tim manajeman marketplace MEA!

Selanjutnya ada fitur Export Chat. Fitur satu ini memudahkan Sobat MEA sebagai pengguna WhatsApp yang ingin menyimpan pesan dari seseorang. Cara mengaktifkan fitur ini pada perangkat Android adalah dengan cara menekan tombol menu dan klik Export Chat.

Jika Sobat MEA menggunakan iPhone, tekan nama kontak lalu geser ke bawah dan temukan menu Contact Info lalu klik Export Chat.

Detail Pesan

Sobat MEA pernah bertanya, apakah pesan yang kita kirim sudah terkirim atau dibaca oleh penerima? Nah fitur satu ini bisa mengungkapkan hal tersebut. Cara menggunakannya juga mudah. Jika Sobat MEA sudah mengirim pesan, tinggal menekan pesan tersebut m dan klik ikon menu (i) di bagian atas.

Starred Messages

Selanjutnya ada fitur Starred Messages. Fitur ini bisa memudahkan Sobat MEA mencari pesan secara spesifik dari ratusan bahkan ribuan pesan yang ada. Menggunakannya juga sangat mudah. Sobat MEA hanya perlu menekan pesan yang Sobat MEA anggap penting dan klik ikon bintang.

Leave Group Tanpa Notifikasi

Fitur baru yang paling menarik dari WhatsApp adalah keluar grup tanpa notifikasi. Yup, jika sebelumnya keluar dari grup bisa terlihat, kini Sobat MEA nggak perlu takut dan khawatir lagi. Fitur ini membuat pengguna bebas keluar dari sebuah grup tanpa harus merasa nggak enak pada pengguna lain yang ada di grup tersebut.

Menghemat Kuota dan Memori HP

Sobat MEA pasti ingin membuka internet secara bebas tanpa takut kehilangan kuota. Beruntungnya, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan Sobat MEA menghemat kuota dan juga memori Hp.

Kuota dan memori yang terkuras dari WhatsApp biasanya karena foto dan video otomatis terdownload tanpa persetujuan Sobat MEA. Nah untuk menghemat kuota, Sobat MEA bisa mengikuti cara ini dan selesaika pengaturannya.

  1. Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp Sobat MEA
  2. Klik menu Settings
  3. Selanjutnya pilih opsi Data & Storages
  4. Pada pilihan Media Auto Download, atur masing-masing izin pengunduhan.
  5. Klik masing-masing dokumen lalu aktifkan dengan tombol Never atau Wi-Fi Only

Nah itulah beberapa fitur rahasia WA yang masih belum banyak orang tahu. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA sudah tahu dengan fitur-fitur di atas? Oiya, Sobat MEA juga bisa loh belajar WhatsApp Marketing di MEA Digital Marketing. Kami tunggu di kelas ya!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.