Creative Advertising Adalah: Ini Pengertian dan 5 Manfaatnya Untuk Bisnis!

creative advertising adalah

Sebagai pebisnis online, ada banyak istilah di dunia digital yang perlu Sobat MEA ketahui. Sobat MEA juga harus mengetahui tujuan dan manfaat dari setiap istilah. Creative advertising adalah salah satunya. Agar pebisnis online dapat bersaing di dunia digital, Sobat MEA harus mengetahui apa itu creative advertising dan apa manfaatnya untuk perkembangan bisnis.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai creative advertising dan mengapa creative advertising adalah sesuatu yang perlu dilakukan oleh Sobat MEA dan pebisnis online secara umum. Baik daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak semua penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Creative Advertising?

Mau tau update info terbaru soal bisnis?

Gabung di komunitas bisnis online MEA GRATIS biar nggak ketinggalan informasinya!

Di era digital ini, proses jual beli turut mengalami perkembangan. Nggak hanya transaksinya saja yang bisa dilakukan secara digital, namun pemasarannya juga dilakukan secara online. Menerapkan creative advertising adalah salah satu bentuk promosi yang harus Sobat MEA ketahui dan kuasai. Pasalnya, hari ini creative advertising menjadi poin terpenting dalam dunia digital

Sesuai namanya, creative advertising adalah proses pemasaran secara kreatif di dunia digital yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau brand. Cara ini pemasaran ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dan menjangkau konsumen seluas mungkin.

Iklan jenis ini terbilang lebih efektif karena bisa meningkatkan interaksi dan hubungan antara penjual dengan pembeli. Creative advertising adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan semua jenis bisnis. 

5 Manfaat Utama Creative Advertising

Bebas pusing mikirin konten Instagram dan cukup terima jadi

Dengan menggunakan Jasa Kelola Instagram di tangan tim profesional kami!

Setelah mengetahui semua hal mengenai creative advertising, Sobat MEA sekarang sudah mengerti bahwa ada banyak keuntungan saat menerapkan creative advertising. Nah selain yang sudah kita bahas beberapa, berikut ini adalah 5 manfaat utama yang bisa Sobat MEA dapatkan saat menerapkan creative advertising. Yuk langsung simak aja!

1. Brand Awareness

Kalaubaru merilis produk atau brand baru, Sobat MEA akan membutuhkan waktu agar produk tersebut dikenali oleh konsumen. Apalagi jika produk yang Sobat MEA jual memiliki banyak kompetitor. Nah untuk itu, creative advertising adalah salah satu cara yang bisa mempercepat peningkatan brand awareness ini.

Coba posisikan diri Sobat MEA sebagai konsumen, ada berapa banyak iklan yang masih Sobat MEA ingat dan apakah produknya masih bisa Sobat MEA sebutkan? Ada banyak sekali iklan yang gagal dan hanya buang-buang uang karena nggak berhasil menarik perhatian konsumen. Nah kesalahan seperti ini  bisa diatasi dengan creative advertising.

Dengan creative advertising, Sobat MEA bisa membuat iklan yang kreatif, menarik, dan menjelaskan produk dengan unik agar lebih mudah diingat oleh konsumen. Jenis iklan yang bisa menarik perhatian konsumen adalah tipe iklan yang out of the box, relatable dengan kehidupan dan masalah yang dihadapi oleh konsumen, atau iklan dengan tema komedi.

Sobat MEA juga bisa membuat formula iklan dengan mengkombinasikan berbagai tema karena creative advertising adalah sarana Sobat MEA mengasah kreativitas dalam membuat iklan agar produk lebih mudah dikenali.

2. Membangun Interaksi dengan Konsumen

Mau iklan FB dan Instagram hasilkan cuan maksimal?

Yuk gabung di Kelas FB/IG Ads MEA dan belajar dari 0 sampai mahir sekarang juga!

Kita nggak akan pernah tahu apakah produk kita diterima dengan baik oleh konsumen jika nggak ada interaksi antara penjual dan pembeli sama sekali. Karena itu, opini publik adalah sesuatu yang penting untuk memperbaiki suatu produk yang bermanfaat bagi konsumen.

Menerapkan creative advertising adalah salah satu cara untuk menerima pendapat dari konsumen ini. Apakah kualitas barangnya sudah bagus, bagaimana dengan harga yang ditawarkan, apakah butuh variasi lain yang lebih menarik, apakah proses pengirimannya terlalu lama, dan hal-hal lain yang dirasakan oleh konsumen ketika memesan dan memakai produk yang kita tawarkan.

Dengan creative advertising, Sobat MEA membuka kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Banyaknya ide iklan yang interaktif membuat konsumen merasa dilibatkan dan nggak hanya menjadi target pasar saja. Dengan begitu, konsumen juga akan semakin semangat setiap melihat produk Sobat MEA karena mereka pernah dilibatkan dalam sesuatu.

Selain itu, menjalin interaksi dengan konsumen juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen ke pada suatu produk, brand atau jasa karena audiens menjadi tahu lebih banyak mengenai produk maupun brand Sobat MEA.

3. Iklan Lebih Efektif

creative advertising adalah

Tujuan dari iklan selain untuk memasarkan produk adalah untuk mendapatkan pelanggan baru. Penerapan creative advertising adalah cara yang efektif untuk mencapai hal ini.

Satu iklan yang dibuat secara kreatif, unik, dan menarik bisa menarik perhatian pelanggan dan calon konsumen baru. Oleh karena itu, Sobat MEA harus menghindari membuat iklan yang biasa-biasa saja agar bisa bersaing dengan kompetitor dan mendapatkan konsumen baru yang bisa meningkatkan penjualan.

4. Memangkas Biaya

Creative advertising adalah jenis iklan yang dibagikan secara digital. Hal ini membuat Sobat MEA bisa lebih hemat biaya karena iklannya sendiri akan tersebar secara organik. Penyebaran iklan melalui like dan share membuat Sobat MEA nggak perlu melakukan promosi berbayar.

Agar bisa mendapatkan jumlah view, like, dan share yang banyak, Sobat MEA perlu menjaga dan meningkatkan interaksi dengan konsumen agar unggahan atau iklan menjadi semakin hidup.

5. Meningkatkan Penjualan

Manfaat terakhir dari creative advertising tentu saja meningkatkan penjualan. Jika iklan yang dibuat sudah berhasil menjangkau lebih banyak pasar, maka hal selanjutnya yang perlu dilihat apakah creative advertising yang Sobat MEA buat sudah berhasil adalah melihat jumlah penjualan. Karena jika iklannya menarik saja tapi jumlah penjualan nggak meningkat, itu artinya ada sesuatu yang salah.

Bisa dilihat dari segi iklan yang terlalu melebih-lebihkan produk, atau dari harga yang terlampau mahal, atau produk asli yang nggak sesuai dengan yang ada di iklan, atau kesulitan saat transaksi, dan lain sebagainya.

Untuk itu sebelum membuat creative advertising, pastikan juga kualitas dari produk, website, marketplace, dan lain sebagainya sudah memadai agar pembuatan iklan yang kreatif nggak sia-sia dan bisa menghasilkan penjualan yang tinggi.

Sekian pembahasan mengenai creative advertising dan manfaatnya untuk bisnis Sobat MEA. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai creative advertising. Kami juga membagikan banyak tips dan informasi mengenai bisnis online lainnya, loh.

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.