5 Contoh TikTok Marketing yang Bisa Kembangkan Bisnis Online

by Bagus Alhadi
Contoh TikTok Marketing

Ada beberapa contoh TikTok marketing yang sering ditemukan ketika Sobat MEA sedang menggunakan platform TikTok, salah satunya adalah video konten berbasis ads. Di mana fitur ini memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas melalui iklan berbayar.

Dengan pesatnya pertumbuhan popularitas TikTok, platform ini terus melakukan inovasi. Salah satu inovasinya adalah mendukung aktivitas bisnis melalui TikTok Ads. Fitur ini menjadi andalan bagi bisnis dalam menjalankan kampanye pemasaran yang sangat diminati.

TikTok Ads bekerja secara analog dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, di mana iklan hanya ditayangkan kepada audiens yang memiliki minat relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus untuk memilih penargetan berdasarkan minat dan perilaku.

Lantas, contoh TikTok marketing apa saja atau strategi apa saja yang bisa bantu kembangkan bisnis online selain memasang ads/beriklan? Pada artikel kali ini, mari kita bahas sama-sama dan telusuri lebih lanjut dalam uraian di bawah ini.

Table of Contents

Istilah TikTok Marketing

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Sebelum membahas tentang contoh TikTok marketing, alangkah baiknya kita mengetahui istilah TikTok marketing terlebih dahulu.

TikTok marketing merupakan strategi mempromosikan merek, produk, atau layanan bisnis melalui platform TikTok. Pendekatan ini mencakup berbagai teknik, seperti kerja sama dengan influencer, penggunaan TikTok Ads, menciptakan konten yang viral, dan berbagai strategi lainnya.

Berikut beberapa manfaat dari menggunakan TikTok untuk keperluan pemasaran bisnis yang Sobat MEA punya:

  • Memperluas cakupan brand
  • Membangun komunitas yang aktif
  • Meningkatkan volume penjualan produk atau layanan
  • Mendapat respons langsung dari pelanggan dan audiens
  • Meningkatkan interaksi dengan layanan pelanggan
  • Menggunakan platform untuk iklan yang terarah kepada audiens yang tepat

10 Contoh TikTok Marketing

cara bermitra dengan mcn tiktok

TikTok telah menjadi platform yang sangat populer untuk pemasaran digital, terutama di kalangan generasi muda. Berikut adalah 10 contoh TikTok marketing yang bisa Sobat MEA ikuti untuk mengembangkan bisnis online. Yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. Challenge Campaigns

Membuat tantangan atau challenges yang melibatkan pengguna untuk membuat konten kreatif yang berkaitan dengan merek yang dimiliki. Contohnya adalah #ShareaCoke challenge yang dilakukan oleh perusahaan Coca Cola.

2. Influencer Partnerships

Beberapa merek bekerja sama dengan influencer TikTok untuk memperluas jangkauan dan mempromosikan produk atau layanan mereka melalui konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

3. Tutorial Videos

Membuat video tutorial yang menunjukkan cara menggunakan produk Sobat MEA atau memberikan tips dan trik yang relevan dengan audiens yang tertarget.

4. Behind-the-Scenes Content

Memberikan pandangan di balik layar tentang bagaimana produk yang dibuat atau menghadirkan kisah-kisah unik tentang merek yang Sobat MEA miliki.

5. User-Generated Content Campaigns

contoh tiktok marketing

Mendorong pengguna untuk membuat konten yang berhubungan dengan merek yang dijual dengan memberikan insentif atau mengadakan kontes.

6. Hashtag Challenges

Menciptakan hashtag khusus untuk merek yang dimiliki dan meminta pengguna untuk membuat konten yang menggunakan hashtag tersebut.

7. In-Feed Ads

Membuat iklan yang dimasukkan di antara konten-konten TikTok yang sedang populer.

8. Branded Effects and Filters

9. Live Streaming Events

Mengadakan acara live streaming di TikTok untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens yang telah ditarget dan mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki.

10. Product Demonstrations

Membuat video yang menampilkan demonstrasi produk secara langsung, menunjukkan kegunaan atau fitur produk Sobat MEA dengan cara yang menarik.

Nah itu dia penjelasan mengenai 10 contoh TikTok marketing untuk membantu mengembangkan bisnis online yang Sobat MEA miliki. Menarik bukan? TikTok marketing kemungkinan cocok untuk bisnis yang Sobat MEA miliki, terlebih jika Sobat MEA ingin mampu mengubah audiens menjadi pelanggan sehingga menghasilkan penjualan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya, salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment