3 Contoh Iklan Baris yang Wajib Pebisnis Tahu. Simak!

by Bimboi
contoh iklan baris

Apakah Sobat MEA tahu iklan baris? Iklan baris sangat populer ditahun 2000-an. Namun seiring berkembangnya teknologi, banyak yang sudah beralih dari iklan baris. Tapi, Iklan baris sangat efektif untuk mempromosikan suatu produk dengan cepat dan singkat. Lalu, seperti apa contoh iklan baris itu? 

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai apa itu iklan baris, ciri-cirinya, singkatan, dan contoh-contoh iklan baris yang bisa Sobat MEA pelajari. Nah buat Sobat MEA yang penasaran sama media cetak pemasaran ini, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Check this out!~

Table of Contents

Apa itu Iklan Baris?

Mau belajar ngiklan produk sendiri lewat platform iklan digital?
Yuk gabung aja ke komunitas bisnis online MEA sekarang juga. GRATIS!

Bagi Sobat MEA yang belum tahu, iklan baris merupakan iklan cetak yang ditulis singkat. Dengan penulisan yang singkat, mampu memperpendek jumlah baris yang akan digunakan. Biasanya, iklan baris ini dicetak untuk mengiklankan jasa, barang hingga lowongan pekerjaan. Tidak seperti iklan Facebook yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mengiklankan berbagai macam barang dan jasa.

Jika Sobat MEA bisa melihat iklan Facebook di sosial media, maka iklan baris akan sering dilihat ketika Sobat MEA senang atau sering membaca koran. Karena, umumnya iklan baris digunkan pada media cetak seperti koran. Letak iklan baris ini ditempatkan di halaman tengah koran dan hadir dalam jumlah yang banyak. 

5 Ciri-Ciri Iklan Baris

Saatnya toko online kamu naik omzet dengan digital ads!
Hindari boncos dengan serahkan masalah iklan ke advertiser profesional dari MEA

Setelah mengetahui apa itu iklan baris, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja sih ciri-ciri iklan baris itu sendiri. Sama seperti iklan penawaran, ada beberapa ciri unik sebuah iklan baris. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

  1. Ditulis dalam format kolom dan baris. Karena biaya iklan ini dihitung berdasarkan jumlah baris agar menghemat biaya. 
  2. Iklan baris ditulis menggunakan kata-kata yang disingkat atau akronim. seperti: cepat=cpt, rumah=rmh, dijual=djl. 
  3. Ukuran iklan baris sama dengan iklan yang lain. Jumlah baris maksimal 6 baris, dan minimal 3 baris. 
  4. Informasi yang ditulis harus padat dan sesingkat mungkin. 
  5. Iklan baris disusun berdasarkan kategori yang sama, penggolongan tersebut akan ditentukan oleh staf redaksi kabar/majalah. 

Jika dicerminkan pada era digital ini, iklan baris memilki kesamaan dengan iklan Facebook, yaitu memiliki batasan karakter dalam membuat sebuah iklan. 

Contoh Iklan Baris

Dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan, Sobat MEA pasti masih cukup bingung dengan contoh iklan baris. Nah setelah mengetahui ciri-ciri pada iklan baris, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui contoh-contoh iklan baris. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Djl rmh LB40/LT50 Hrg 700JT Nego. 08112233445566
  •  Djl Mtr Skutik 125cc thn 2021 mulus plat pjg. Hub 08123123456
  •  Dibthkn Akuntan Min.2 thn pgnlmn krja. Lok.Bdg. Hub 081987876765

Sobat MEA baru saja melihat contoh iklan baris dengan berbagai kategori. Lalu, apa maksud dari iklan tersebut? penulis akan menjelaskan arti dari contoh iklan baris di atas. 

  •  Djl Mtr Skutik 125cc thn 2021 mulus plat pjg. Hub 08123123456

Dijual Motor Skutik 125 cc tahun 2021 mulus Plat panjang. Hubungi 08123123456.

  •  Dibthkn Akuntan Min.2 thn pgnlmn krja. Lok.Bdg. Hub 081987876765

Dibutuhkan Akuntan Minimal 2 Tahun pengalaman kerja. Lokasi Bandung. Hubungi 081987876765

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk Sobat MEA mengetahui berbagai macam jenis iklan dan dapat diterapkan untuk meningkatkan performa bisnis. Akhir kata, jadilah jawara dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment