Apa itu Chatbot Tokopedia? Ini Manfaat dan Cara Pakainya!

chatbot tokopedia

Sebagai penjual di Tokopedia, tentu Sobat MEA sering mendapatkan pesan dari calon konsumen terkait produk. Pertanyaan yang diberikan biasanya seputar ketersediaan stok, ukuran, varian warna, atau pertanyaan lainnya.

Sayangnya, tidak semua penjual selalu membuka aplikasi Tokopedia setiap saat dan terkadang melewatkan pesan ini. Untungnya, sekarang ada chatbot Tokopedia yang bisa Sobat MEA gunakan untuk membalas pesan secara otomatis.

Lalu, apa itu chatbot Tokopedia? Semua akan kami bahas di sini mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara menggunakannya. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu Chatbot Tokopedia?

Mau tahu cara meningkatkan omzet di Tokopedia?
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu oleh pebisnis berpengalaman dengan klik di sini. Gratis!

Chatbot Tokopedia atau yang disebut juga dengan TANYA adalah fitur pesan yang bisa Sobat MEA gunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Chatbot Tokopedia ini didukung oleh teknologi AI (Artificial-Intelligence) yang diprogram secara khusus untuk menjawab semua pertanyaan konsumen secara otomatis. Sistem ini mampu menjawab berbagai pertanyaan mulai dari yang mudah hingga rumit.

Tentunya fitur ini akan menguntungkan bagi para penjual mengingat Sobat MEA tidak perlu lagi menjawab berbagai pesan dan pertanyaan dari konsumen secara manual. Singkatnya, chatbot ini dapat mengirim chat otomatis pada pelanggan. Dengan begitu, Sobat MEA juga bisa bisa fokus pada promosi dan mengatur pesanan yang masuk di Tokopedia.

Perlu diingat bahwa menggunakan fitur TANYA ini penting untuk dilakukan oleh Sobat MEA sebagai penjual. Seperti misalnya saja calon konsumen memiliki pertanyaan dan kendala terkait produk yang ingin mereka beli, kemudian mereka mengajukan pertanyaan kepada toko Sobat MEA. 

Namun Sobat MEA tidak membalas dengan cepat, sedangkan konsumen tadi sudah beralih ke toko lain yang lebih fast response dan memberikan jawaban yang mereka butuhkan. Tentunya hal ini akan merugikan Sobat MEA karena gagal mendapatkan calon konsumen.

Tidak hanya itu, chatbot Tokopedia juga akan membantu konsumen yang mengalami kendala atau masalah pada pesanan karena kemampuannya yang sudah terintegrasi dengan sangat baik.

3 Manfaat Menggunakan Chatbot Tokopedia

Butuh bantuan optimasi di Tokopedia?
Yuk konsultasikan terlebih dahulu masalah dan tujuan bisnis ke tim profesional MEA

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, fitur ini membantu banyak urusan Sobat MEA dan pelanggan sekaligus. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang akan Sobat MEA dapatkan dengan memanfaatkan TANYA:

  • Meningkatkan Pelayanan

Chatbot Tokped dapat beroperasi selama 24 jam nonstop. Dengan begitu, setiap pertanyaan atau chat yang masuk akan direspon saat itu juga. Jadi tidak akan ada pesan yang terabaikan.

  • Lebih Dekat dengan Pelanggan

Sobat MEA juga bisa memasukkan greeting atau ucapan kepada pelanggan di template pesan yang dibuat yang akan membuat Sobat MEA jadi lebih dekat dengan pelanggan.

  • Lebih Profesional

Tidak hanya itu, toko Sobat MEA juga akan terlihat lebih profesional karena membalas pesan dengan cepat dan akurat.

Cara Menggunakan Chatbot Tokopedia

chatbot tokopedia

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, sekarang kami akan membagikan bagaimana cara menggunakan chatbot yang bisa Sobat MEA lakukan dengan langkah mudah di bawah ini:

  • Buka browser Sobat MEA dan masuk ke Tokopedia Seller.
  • Pilih menu Pengaturan, kemudian klik Balasan Otomatis.
  • Di sini akan muncul pilihan Pesan Selamat DatangDi Luar Jam Operasional, atau Toko Libur. Sobat MEA bisa pilih salah satu sesuai kebutuhan dengan mengklik toggle-nya.
  • Isi pesan yang ingin diinformasikan kepada pelanggan mengenai informasi produk atau toko.
  • Klik Simpan jika sudah selesai.

Panduan dan Ketentuan Menggunakan Chatbot Tokopedia

Itu dia cara membuat pesan otomatis di TANYA, mudah sekali, bukan? Eits, tidak selesai di situ, Sobat MEA harus mengikuti beberapa panduan berikut ini agar pesan yang dibuat memenuhi ketentuan yang ada:

  • Isi pesan maksimal hanya 300 karakter, jadi buat sesingkat dan sejelas mungkin mengenai informasi toko.
  • Pesan tidak boleh berisi nomor telepon, alamat email, atau link apapun.
  • Pesan tidak boleh menggunakan kata “ready“, “selalu ready“, “tersedia”, atau penggunaan kata lain yang akan menimbulkan kesalahpahaman bagi konsumen yang akan membeli produk Sobat MEA.
  • Jika Sobat MEA membuat pesan pembuka alias Pesan Selamat Datang, kami sarankan untuk menyertakan informasi mengenai jam operasional dan waktu pengiriman.
  • Jika Sobat MEA membuat pesan Di Luar Jam Operasional, maka Sobat MEA bisa mencantumkan waktu operasional toko agar konsumen bisa menghubungi Sobat MEA lagi di jam tersebut.
  • Jika Sobat MEA membuat pesan Toko Libur, informasikan kapan toko akan bukan kembali dan cantumkan jam operasionalnya.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai chatbot Tokopedia yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memudahkan bisnis di Tokopedia. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.